Home » News » Press Release » Peneliti Fapet Unsrat Bantu Peternak Itik Tompaso
Rental Mobil Murah di Manado

Peneliti Fapet Unsrat Bantu Peternak Itik Tompaso

MINAHASA – Itik merupakan ternak yang menjadi hal menarik bagi peternak di Sulawesi Utara.  Akan tetapi pengelolaannya belum sesuai dengan yang diharapkan.

Untuk itu para peneliti dari Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi Manado mengadakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) khususnya bagi peternakan Itik.

PKM ini adalah kepada kelompok tani ternak itik organik di desa Tempok Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi

Pelaksana Prof. Dr. IrArtise H.S. Salendu, MS dan Prof. Dr. Ir. Femi H. Elly, MP mengungkapkan syukur atas pelaksanaan PKM yang sukses berlangsung karena kerjasama dengan peternak itik serta pemerintah yang sudah berlangsung sangat baik.

Desa Tempok Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa memiliki kelompok tani ternak itik yaitu “Batik” yang telah lama mengembangkan ternak itik. Permasalahannya pemeliharaan ternak itik oleh anggota kelompok adalah untuk telur sekaligus untuk daging. Produksi telur yang dihasilkan oleh anggota kelompok hanya sekitar 60-70 persen dari jumlah ternak itik, hal ini disebabkan karena pakan tidak sesuai dengan kebutuhan itik.

Manajemen perkandangan masih tradisional, artinya anggota kelompok belum memperhatikan manajemen pemeliharaan ternak itik. Kandang milik kelompok belum sesuai dengan tujuan pemeliharaan itik.

Harga bibit (DOD) cenderung meningkat sehingga sulit dijangkau oleh anggota kelompok yaitu berkisar Rp 12.500/ekor. Disisi lain, usaha ternak itik yang dikelola tidak kontinyu disebabkan karena kendala harga pakan yang semakin mahal.

Berdasarkan permasalahan tersebut maka telah diintroduksi bibit itik dan mesin tetas. Kegiatan ini direspon dengan baik oleh anggota kelompok yang ketuai oleh Ibu Sesilia Piay.

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Yubileum 150 tahun Gereja Katolik Kevikepan Manado ditutup

Manado – Yubelium 150 tahun Gereja Katolik Bertumbuh Kembali di Keuskupan Manado. Pada tanggal 14 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: