Home » Sulawesi Utara » Kota Manado » Kota Manado, Kota Dengan Sejuta Pesona
Rental Mobil Murah di Manado

Kota Manado, Kota Dengan Sejuta Pesona

Inilah Profil Kota Manado, sebuah kota seluas 15.726 ha yang terletak di bagian utara Pulau Sulawesi. Kota yang dikenal akan keramah-tamahan penduduknya merupakan salah satu tujuan wisata dibagian timur Indonesia, apa terlebih wisata bahari. Berikut ini profil Kota Manado yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Kota Manado berada di ujung utara Pulau Sulawesi dan merupakan kota terbesar di Sulawesi Utara sekaligus juga sebagai ibukota Provinsi. Secara geografis terletak di antara 10 25′ 88″ – 10 39′ 50″ LU dan 1240 47′ 00″ – 1240 56′ 00″ BT., dan secara administratif berbatasan dengan:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Minahasa Utara
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Minahasa
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Laut Sulawesi

Kota Manado didiami oleh beberapa etnis besar dari Sulawesi Utara diantaranya Minahasa, Bolaang Mongondow dan Sangihe-Talaud dan berbagai golongan agama dengan mayoritas penduduk Kota Manado beragama Kristen. Meskipun Kota Manado didiami oleh berbagai etnis dan berbagai golongan agama namun masyarakat Kota Manado selalu hidup rukun dan damai. Slogan Torang Samua Basudara seolah semakin memperkuat kerukunan hidup masyarakat di Kota Manado. Tak heran jika beberapa tokoh bangsa mengatakan bahwa Manado merupakan miniatur Indonesia.

Logo Kota Manado

Sejarah Kota Manado

Dikutip dari situs resmi pemerintah Kota Manado yang beralamat di manadokota.go.id nama Kota Manado menurut tutur legenda yang diceritakan berasal dari bahasa Etnik Toutemboan Minahasa yaitu “Manarow” yang artinya “Pergi ke Negeri Jauh”. Jikalau seseorang Suku Minahasa asli hendak bepergian ke Manado, maka tetangganya akan menyapanya dalam bahasa daerahnya, “Mange-an isako..??” (Mau kemana engkau..??), maka dia akan menjawab, “Mange-an Manarow atau mau pergi ke tempat negeri yang Jauh”. Dalam versi Bahasa Sangir Tua disebut Mararau; Marau yang artinya Jauh.

Nama lain yang lebih tua untuk Kota Manado adalah “Wenang/Benang”.. Wenang atau Benangitu sendiri adalah Pohon yang banyak tumbuh di pesisir Manado atau biasa disebut Pohon Bahu yang bisa kita jumpai disepanjang Pantai di Bahu Malalayang sampai di Kalasey.

Wenang atau Benang itu sendiri dalam versi Bahasa Sangir Tua adalah “Gahenang/Mahenang”, artinya api yang menyala/ bercahaya/ bersinar(suluh, obor, api unggun).

Dan Kata “Manarow” itu sendiri merujuk pada sebuah Pulau yaitu Pulau Manado Tua.. dimana penghuni Pulau Manado Tua ini adalah Orang-orang dari Etnis Sangir Tua yaitu Etnis Wowontehu/ Bowontehu/ Bobentehu. Wowontehu/ Bowontehu/ Bobentehu itu berasal dari bahasa Sangir Tua yaitu “Bowong artinya Atas dan Kehu artinya Hutan.. jadi Wowontehu/ Bowontehu/ Bobentehu adalah sebuah Kerajaan yang terletak diatas Hutan yang Rajanya disebut Kulano. Untuk sejarah lengkap kota Manado dapat anda baca disini sedangkan sejarah Sulawesi Utara bisa anda baca disini

Tempat Wisata di Kota Manado

Seperti yang disebutkan pada paragraf awal, Kota Manado merupakan salah satu tujuan wisata di bagian timur Indonesia. Ada berbagai tempat wisata di Manado yang wajib anda kunjungi jika sedang berada di kota yang terkenal akan kecantikan wanitanya. Tempat Wisata di Manado yang paling terkenal apalagi kalau bukan Taman Laut Bunaken.

Bunaken berjarak sekitar 7 mil dari pelabuhan Manado dan dapat ditempuh sekitar 50 menit menggunakan perahu motor bermesin ganda atau hanya sekitar 35 menit jika anda menggunakan speed boat merupakan objek wisata di Manado yang wajib anda kunjungi. Tak lengkap rasanya berkunjung ke Manado jika tidak mengunjungi taman laut bunaken yang terkenal akan keindahan bawah lautnya.

Terumbu karang yang keras dan lembut, dinding karang yang terjal dengan beraneka bentuk dan warna biota laut diantaranya terdapat ikan hiu, marlin, tuna, kakap, kerapu, barakuda, napoleon, angel fish, kura-kura, mandarin fish, kuda laut, ikan pari, gurita dan berbagai jenis ikan lainnya dan tentu saja yang paling terkenal adalah ikan purba raja laut (Coelacanth) merupakan pemandangan bawah laut yang akan memanjakan mata anda.

Taman Laut Bunaken di Manado
fotoby: manadofuntrip.com

Selain bunaken, masih ada berbagai tempat wisata lainnya di Kota Manado yang tak kalah indahnya dengan taman laut bunaken, diantaranya Pulau Siladen, Pulau Manado Tua, Air Terjun Kima Atas, Gunung Tumpa, patung Tuhan Yesus Memberkati yang merupakan patung Tuhan Yesusu tertinggi kedua di dunia. Jika anda ingin menikmati pengalaman berwisata kuliner anda bisa mengunjungi jalan Wakeke yang merupakan pusat makanan khas Manado seperti Tinutuan (lebih dikenal dengan sebutan Bubur Manado) dan mie cakalang. Jika anda ingin mencoba menikmati berbagai jajanan khas Manado maka tempat yang wajib anda kunjungi adalah Pantai Malalayang. Di tempat ini anda bisa menikmati pemandangan pantai dengan latar belakang pulau Manado Tua dan pulau Bunaken sambil menikmati menikmati pisang goreng dan berbagai penganan khas manado. Untuk melihat berbagai objek wisata di Manado lainnya, silahkan KLIK DISINI

Hotel di Manado

Bagi anda yang hendak berwisata di Kota Manado tak usah khwatir dengan tempat untuk beristirahat. Layaknya daerah tujuan wisata lain di Indonesia, di Kota Manado juga tersedia berbagai macam Hotel mulai dari hotel berbintang hingga berbagai hotel murah ada di Manado. Bukan hanya hotel, penginapan (homestay) murah meriah namun bersih dan nyaman sebagai tempat beristirahat juga akan dengan mudah anda temukan di Manado.

Beberapa hotel berbintang di Manado diantaranya Hotel Quality ManadoSwiss Belhotel Maleosan ManadoHotel Aryaduta ManadoSintesa Peninsula Hotel Manado, dan Hotel Formosa. Sedangkan untuk hotel murah di Manado diantaranya Hotel DivinaQuint HotelManado Bersehati Hotel dan Hotel Celebes Manado. Untuk informasi hotel di Manado lainnya bisa anda lihat disini

Pusat Perbelanjaan dan Hiburan di Kota Manado

Sebuah kota wisata serasa tak lengkap jika tidak dilengkap dengan pusat perbelanjaan. Jalan Boulevard sepanjang 3,85 Km yang terletak di sepanjang pesisir pantai Kota Manado merupakan pusat perbelanjaan terbesar yang ada di Kota Manado. Kawasan seluas 70 Ha  merupakan surga belanja dan hiburan di Kota Manado. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya berbagai pusat bisnis dan hiburan diantaranya Bahu Mall, Boulevard Mall, Manado Town Square, Kawasan Megamas (Megamall Manado), Marina Shopping Walk (MWalk), IT Center Manado dan Jumbo Swalayan. Selain itu disepanjang jalan Boulevard terdapat beberapa hotel berbintang, restoran dan cafe.

Itulah profil Kota Manado, sebuah kota yang dikenal dengan kerukunan antar umat beragama dan merupakan ibukota Provinsi Sulawesi Utara.

banner-natal-pemprov1024

Tentang Seputar Sulut

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

WARANEY WUAYA

MASYARAKAT ADAT MINAHASA KAMPANYE PELESTARIAN SITUS ADAT MINAHASA

MANADO- Kemarin, Minggu 6 November 2016, perkumpulan masyarakat adat minahasa, Berkampanye di depan salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: