Home » News » Ekonomi & Bisnis » Wajib Baca, Syarat Pinjaman Online OJK Yang Wajib Diketahui

Wajib Baca, Syarat Pinjaman Online OJK Yang Wajib Diketahui

Pinjaman Online OJK
Image source: Budgetandinvest.com

Saat ini banyak bermunculan aplikasi pinjaman online yang menawarkan berbagai kemudahan untuk mendapatkan pinjaman dana. Bahkan ada banyak di antaranya yang menawarkan syarat yang sangat mudah. Akan tetapi, calon peminjam diminta untuk berhati-hati dan tidak mudah tergiur dengan hal tersebut.

Meskipun Anda membutuhkan pinjaman dana cepat disarankan untuk tetap memilih pinjaman online OJK. Hal ini dikarenakan pinjaman online yang telah terdaftar di OJK lebih terpercaya dan terjamin keamanannya. Inilah beberapa syarat yang harus dipenuhi jika akan meminjam dana melalui pinjaman online OJK.

  1. Memiliki KTP
ktp
Image source: Koinworks.com

Syarat utama yang harus dipenuhi jika Anda akan mengajukan pinjaman online adalah memiliki KTP. Kepemilikan KTP ini merupakan suatu bukti jika Anda terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Jika Anda merupakan WNI maka diperbolehkan mengajukan pinjaman online asalkan memiliki KTP. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan online yang enggan memberikan pinjaman kepada Warga Negara Asing (WNA).

  1. Berusia Minimal 21 Tahun dan Maksimal 60 Tahun

Seperti yang diketahui jika pengajuan pinjaman online memiliki peraturan yang lebih longgar dibandingkan dengan bank konvensional. Meski begitu, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peminjam. Salah satu syarat tersebut yaitu berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun.

Namun, ada beberapa perusahaan pinjaman online yang memberikan batasan maksimal 55 tahun. Batasan minimal 21 tahun bukan tanpa alasan karena usia tersebut dianggap sudah matang dan produktif sehingga peminjam atau debitur sudah bisa melunasi hutangnya.

  1. Memiliki Penghasilan Setara dengan UMR

Uang seratus ribu

Image source: Thejakartapost.comPerlu diketahui jika banyak perusahaan pinjaman online yang tidak mau memberikan pinjaman kepada nasabah yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar orang tersebut tidak bisa mengembalikan uang yang telah dipinjamnya. Maka dari itu, calon peminjam diharuskan untuk bekerja minimal tiga bulan di salah satu perusahaan.

Tidak hanya itu saja, calon peminjam juga diharuskan untuk memiliki penghasilan per bulan setidaknya setara dengan UMR kota masing-masing. Jika penghasilan yang dimiliki dibawah UMR biasanya perusahaan pinjaman online akan menolak pengajuan pinjaman yang dilakukan.

  1. Melampirkan Slip Gaji Terakhir

Syarat satu ini tidak berlaku di semua perusahaan online OJK, akan tetapi ada juga yang meminta untuk melampirkan slip gaji terakhir. Slip gaji terakhir yang dilampirkan akan digunakan untuk menentukan jumlah atau besaran kredit yang bisa diberikan kepada calon peminjam. Selain itu, juga untuk menghitung kemampuan calon peminjam dalam melunasi hutangnya.

  1. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

npwpSyarat pinjaman online selanjutnya yaitu calon peminjam harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). NPWP ini nantinya akan digunakan oleh perusahaan pinjaman online untuk dijadikan sumber utama dalam mengetahui berapa penghasilan calon peminjam setiap bulannya. Setelah mengetahui besaran nominalnya maka perusahaan pinjaman online bisa dengan mudah dalam menentukan apakah calon peminjam layak mendapatkan kredit ataupun tidak.

  1. Memiliki Rekening Bank

Syarat pengajuan pinjaman online yang terakhir adalah memiliki rekening bank. Dimana rekening bank yang dimiliki harus sesuai dengan KTP. Perusahaan pinjaman online tidak akan menerima pengajuan pinjaman jika nama rekening bank berbeda dengan KTP yang diajukan.

Kegunaan rekening bank dalam pengajuan pinjaman online adalah jika pengajuan diterima nantinya dana yang dipinjam akan langsung dikirim atau ditransfer melalui rekening bank tersebut.

Itulah beberapa syarat pinjaman online yang harus dipenuhi. Jika Anda sedang mencari aplikasi pinjaman online terbaik dan terpercaya maka direkomendasikan aplikasi Tunaiku. Aplikasi satu ini sudah terdaftar di OJK sehingga keamanannya sangat terjamin.

Anda tidak perlu takut menjadi korban penipuan jika menggunakannya karena kredibilitas dari Tunaiku juga sangat tinggi. Proses pengajuan dan pencairan dana dari Tunaiku sangat mudah dan cepat. Bahkan syarat-syarat yang diminta juga mudah dipenuhi. Jadi, bagi Anda yang memang membutuhkan dana dalam waktu yang mendesak bisa menggunakan aplikasi Tunaiku ini.

Promo Daihatsu Manado 2018

Tentang eser zone

Hanyalah seorang yang ingin berbagi cerita dan berbagi berita lewat sebuah catatan ringan. I'm not the best, but i will do the best. Anda juga bisa menemukan saya di facebookGoogle+ dan twitter

Lihat juga

Walikota Tomohon Tantang Gerakan Koperasi Untuk Semakin Kompetitif

TOMOHON– Pemerintah kota Tomohon sangat memperhatikan koperasi dan usaha kecil menengah. Ini terlihat ketika Walikota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: