Home » News » Politik & Pemerintahan » Studi komparatif, Pansus Tatib DPRD Sulut Kunker ke DPRD Banten
Rental Mobil Murah di Manado

Studi komparatif, Pansus Tatib DPRD Sulut Kunker ke DPRD Banten

SULUT — Panitia Khusus (Pansus) Tata Tertib DPRD Sulut melakukan Kunjungan kerja ke DPRD Banten dalam rangka studi komparatif terkait penyusunan tatib, Kamis (30/1/2020).

Adapun hasil pertemuan yang didapat dalam kunker tersebut. Seperti yang dikatakan Anggota Pansus Melky Jakhin Pangemanan bahwa mereka konsen terkait muatan lokal daerah dalam rangka penyusunan Tatib.

“Undang-undang/peraturan yang menjadi rujukan penyusunan Tatib antara lain : UU No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, PP 12 Tahun 2018 Tentang Tatib DPRD, PP Tentang Laporan Evaluasi Penyelenggaran Pemerintah daerah,” ujar Melky Jakhin Pangemanan.

Ditambahkannya, terkait muatan lokal yang dimasukan dalam Tatib DPRD Banten dan sudah disetujui pihak Kemendagri.

“Diantaranya pemasukan Item Hari Aspirasi, Sosialisasi Perda, Pemasukan klausul Pembahasan Anggaran dimintakan Konsultasi ke Komisi-komisi untuk mendapatkan rekomendasi sebelum ditetapkan di Banggar, hak Anggota DPRD untuk memanggil BAPPEDA dalam rangka memasukan pokok-pokok pikiran pimpinan dan Anggota DPRD, penyesuaian hak-hak keuangan berdasarkan PP 18 Tahun 2019, baik tunjangan perumahan dan transportasi serta penyusunan jadwal kerja/kunjungan kerja baik ke pusat dan ke daerah,” ujarnya seraya menambahkan, jika angka-angka ditetapkan misalnya, setiap anggota diberikan kesempatan 2 kali dalam 1 bulan untuk konsultasi ke pusat, ke daerah 10 kali.

Adapun kenapa DPRD Banten dipilih sebagai lokasi studi komparasi, legislator yang akrab disapa MJP ini mengakui jika Tatib milik DPRD Banten telah mendapat persetujuan Kemendagri.

“Tatib DPRD Provinsi Banten telah selesai pembahasan 22 November 2019 di Pansus dan sudah dievaluasi juga di Kemendagri akhir tahun 2019.

Jika tidak ada halangan akan dibahas kembali di Banmus bulan Februari untuk diparipurnakan Februari 2020 nanti,” tutupnya.

(Ardybilly)

Promo Daihatsu Manado 2018

Tentang ardy

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Dugaan Adanya Pemotongan Gaji THL DIKDA, TUUK: Usut Tuntas Persoalan ini

SULUT – Terkait dengan adanya dugaan pemotongan gaji THL di Dinas Pendidikan provinsi Sulut mendapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: