Home » News » Politik & Pemerintahan » Komisi III DPRD Sulut Tinjau Progress Pembangunan Tol Manado-Bitung, Ini Hasilnya
Rental Mobil Murah di Manado

Komisi III DPRD Sulut Tinjau Progress Pembangunan Tol Manado-Bitung, Ini Hasilnya

SULUT – Guna melihat kembali progress pembangunan Jalan Nasional, Tol Manado Bitung, Komisi III DPRD Sulut turun lapangan untuk meninjau langsung perkembangan jalan tol tersebut, senin (4/1/19) siang.

kepala BPJN Wilayah XV Sulut dan Gorontalo DR. Triono Junoasmono ST.MT, mengatakan untuk total panjang tol manado bitung adalah 40 Km, dan dari panjang 40 Km itu terdiri dari beberapa segmen, karena memang pembebasan lahan dilakukan secara bertahap.

“Untuk progress yang akan dan sudah dilaksanakan akan diberitahukan ke Sekretaris Provinsi Sulut Edwin Silangen dan tentunya kepada Gubernur Olly Dondokambey kamis depan,” ucapnya senin (4/1/19) kepada beberapa awak media.

Tak hanya itu, Junoasmono juga menjelaskan bahwa untuk segmen pertama adalah 0 sampai 7 Km, itu dibiayai dengan pinjaman luar negeri tepatnya dari negara cina.

“Segmen pertama ada beberapa struktur jembatan yang pengerjaannya sedikit mundur waktunya dikarenakan ada penguatan, kenapa? Karena memang disitu jembatannya cukup tinggi dan disini sudah ada KKJTJ yakni komisi untuk keselamatan jembatan, jadi untuk mengantisipasi adanya faktor keselamatan, kita sebagai kementerian PUPR memastikan desain yang sudah itu pasti kuat. Jadi memang penyelesaian jembatan ini, waktunya agak mundur dari sebelumnya, tapi untuk badan jalannya akan selesai bulan april nanti,” jelasnya.

Untuk segmen kedua, lanjut Kepala BPJN Wilayah XV Sulut, STA 7 lalu ke 14 targetnya selesai awal april.

“Untuk 0 Km sampai 14 Km itu adalah kontribusi dan domain dari pemerintah. Untuk sisanya, dari 14 Km sampai 40 Km itu dibangun oleh PT. Jasa Marga dan itu diselesaikan secara bertahap. Jadi secara umum, progressnya untuk 0 sampai 14 Km adalah sekitar 73%, Segmen kedua sudah 93%, rata-ratanya sekitar 83% progress fisiknya. Penyelesaiannya pun ada 2 tahap yakni bulan april dan bulan juli. Dan untuk pengoperasian jalan tol manado bitung nanti akan ada pembicaraan dulu dengan pemerintah provinsi sulut dan juga tentunya dengan pemerintah pusat,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi III DPRD Sulut Adriana Dondokambey mengatakan akan ada pembahasan lebih lanjut terkait progress tol ini.

“Tentunya untuk keputusan lebih lanjut, Komisi III akan berkoordinasi dengan kementerian PUPR dan juga pemerintah daerah terkait bagaimana kelanjutan akan pembangunan jalan tol manado bitung,” ucap Dondokambey.

Komisi III DPRD Sulut yang turun lapangan yakni Adriana Dondokambey, Amir liputo, Edyson Masengi, Bart Senduk, Yongki Limen, Billy Lombok serta Dik Makagansa, Judi Moniaga.

(Ardybilly)

Tentang ardy

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

FISIP Gelar SemNas Hadirkan Ketua KPU RI

MANADO – Bertempat di lantai 4 gedung Rektorat Universitas Sam Ratulangi Manado digelar seminar nasional. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: