Home » News » Politik & Pemerintahan » Walikota GSVL Pimpin Rapat Pematangan Penggunaan Insenerator

Walikota GSVL Pimpin Rapat Pematangan Penggunaan Insenerator

Manado.- Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, sebelumnya secara marathon terus memantau persiapan penggunaan alat pembakar sampah insenerator di beberapa titik, di kecamatan di Kota Manado dan siap untuk dioperasikan.

Langsung menindaklanjuti dengan menggelar rapat bersama dengan para Camat, Kepala Dinas, Kepala Badan, Inspektur Kota Manado dan Kasat Satpol PP sehubungan dengan akan digunakan insenerator di kecamatan yang sudah terpasang alatnya. Bertempat di Pendopo Kantor Walikota, Sabtu (08/02).

Upaya Walikota dalam menyelesaikan masalah sampah, sehubungan dengan kondisi TPA sampah Sumompo yang kondisinya saat ini, sudah tidak mungkin lagi menampung sampah di Kota Manado, maka alat pembakar sampah atau insenerator jadi solusi mengatasi selesaikan sampah, seperti yang dipakai di beberapa kota besar di Indonesia termasuk DKI Jakarta dan negara-negara maju diantaranya, Singapura, Jepang dan Korea Selatan. Sambil kita menunggu TPA Regional di Ilo-Ilo beroperasi.

Sehingga disosialisasikan kepada masyarakat dimana mesin insenerator Pemkot Manado, untuk mengelolah sampah dengan cara membakar adalah ramah lingkungan, dan pembakaran tidak mencemari lingkungan udara.

Pasalnya, insenerator yang dipakai oleh Pemerintah Kota Manado, adalah ramah lingkungan dan sesuai dengan standar dan rekomendasi dari Kementerian Lingkungan Hidup, dimana suhu diatas 1000 derajad celcius dan sistem pembakaran menggunakan dual chamber dimana chamber pertama untuk membakar langsung sampah, kemudian chamber kedua untuk membakar karbon yang memiliki ikutan polutan seperti dioxin, so2 CO serta NO.

Terus pada chamber kedua ini terurai menjadi CO2 dan air, adapun polutan yang lewat pada chamber kedua ini akan ditangkap oleh uap air pada cerobong yang dilengkapi dengan sprinkle air. Dan emisinya dipantau melalui monitor AQMS yang ada di DLH. Data hasil pemantauan yang dilakukan pada saat uji coba pembakaran masih berada di bawah ambang batas.

” Terimakasih, semua hal telah dibicarakan terkait dengan manajemen pengelolaan sampah di kota Manado, Mari kita jadikan Manado bersih, ” ujar Walikota, dalam rapat tersebut didampingi, Asisten I Setda Kota Manado, Drs Heri Saptono, Asisten II Setda Kota Manado, Recky Philips Sondakh.

Diketahui sebelumnya, Perangkat Daerah terkait bersama, para pejabat di jajaran pemerintah Kota Manado dan penyedia alat pembakar sampah DODIKA telah melakukan sosialisasi pada pagi harinya di RRI Kota Manado dalam acara Walikota Ron Manado.

Promo Daihatsu Manado 2018

Tentang Reby

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

JG-KWL, Bupati Minut Pilihan Wong Cilik

MINUT – Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara Joune Ganda – Kevin Wiliam Lotulung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: