Home » Tempat Wisata » Tempat Wisata di Manado Yang Wajib Anda Kunjungi
Rental Mobil Murah di Manado

Tempat Wisata di Manado Yang Wajib Anda Kunjungi

Berbicara mengenai tempat wisata di Manado, pasti anda langsung membayangkan keindahan Taman Laut Bunaken yang merupakan salah satu taman laut terindah di dunia. Namun, tahukah anda bahwa ternyata banyak tempat wisata di Manado dan sekitarnya yang keindahannya tak kalah dengan Taman Laut Bunaken.

Inilah beberapa Tempat Wisata di Manado Yang Wajib Anda Kunjungi jika anda berkunjung di Kota Manado. Beberapa tempat wisata di Manado yang akan saya sebutkan mungkin saja belum pernah anda kunjungi sebelumnya. Semoga dengan membaca artikel ini akan membantu anda menemukan destinasi wisata terbaik di Kota Manado.

Tempat Wisata di Manado Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Manado - Taman Laut Bunaken
Bawah Laut Bunaken | Foto: Manado Fun Trip

Taman Laut Bunaken. Tempat wisata di Manado yang wajib anda kunjungi tentu saja taman laut bunaken yang berada di Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken. Taman laut bunaken berjarak sekitar 7 mil dari pelabuhan Manado dan dapat ditempuh selama 30 menit dengan menggunakan kapal cepat. Keindahan taman laut bunaken sudah tidak bisa disangsikan lagi. Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Kota Manado tanpa mengunjungi lokasi wisata yang satu ini. Dengan kata lain taman laut bunaken merupakan destinasi wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Manado. Dipulau ini anda bisa melihat keindahan alam bawa laut yang bisa memanjakan mata anda, berbagai terumbu karang dengan berbagai bentuk, dan berbagai jenis biota laut seperti ikan kura-kura, mandarin fish, kuda laut, ikan pari, dan jika anda beruntung anda bisa melihat ikan purba raja laut (Coelacanth) dan masih banyak lagi biota laut lainya.

Pulau Siladen. Tempat wisata di Manado lainnya yang bisa anda kunjungi yaitu Pulau Siladen. Keindahan Pulau Siladen tidak kalah dengan keindahan Pulau Bunaken. Pulau Siladen terletak disebelah timur laut pulau bunaken dan bisa ditempuh selama kurang lebih 45 menit dengan menggunakan kapal motor. Pulau seluas 31.25 ha dikelilingi pantai berpasir putih dan tentu saja pemandangan bawah laut yang dihiasi terumbu karang dan berbagai jenis biota laut yang beraneka bentuk dan warna.

Manado Tua. Merupakan pulau terbesar dari kelompok pulau-pulau yang berada dalam batasan teluk Manado. Untuk mencapai pulau yang berjarak sekitar 10 mil dari pusat kota Manado, anda harus menempuh perjalanan sekitar 60 menit dengan menggunakan kapal motor. Dipulau ini terdapat gunung berapi yang menjulang tinggi dan ditumbuhi pepohonan hijau dan rindang. Tak berbeda jauh dengan taman laut bunaken dan pulau siladen, perairan di kawasan ini memiliki panorama bawah laut yang spektakuler. Tak salah jika pada tahun 2009 yang lalu, tempat ini menjadi salah satu lokasi pelaksanaan World Ocean Conference.

Pantai Malalayang. Pantai Malalayang berada di Kelurahan Malalayang Dua Kecamatan Malalayang dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 5 menit dari terminal Malalayang. Kondisi pantai Malalayang berbeda dengan pantai lainnya karena dipenuhi dengan bebatuan berwarna hitam. Pantai Malalayang mempunyai keunikan tersendiri, tak heran lokasi ini selalu ramai dikunjungi warga apa terlebih setiap hari Minggu atau hari-hari libur lainnya. Mandi dipantai kemudian menikmati pemandangan pulau Manado Tua dan Pulau Bunaken sambil menyaksikan sunset ditemani segelas kopi pisang goreng adalah aktifitas yang bisa anda lakukan ditempat ini. Barisan warung-warung yang berjejer rapi menjajakan berbagai makanan khas Manado menjadikan lokasi ini sebagai salah satu lokasi wisata kuliner di Kota Manado.

Air Terjun Kima Atas. Tempat wisata di Manado yang  satu ini juga bisa menjadi salah satu tujuan wisata anda. Lokasi ini berada di Kelurahan Kima Atas Kecamatan Mapanget dan bisa ditempuh sekitar 50 menit dari pusat kota dengan angkutan darat. Disekitar air terjun bersusun tiga ini tumbuh pepohonan yang menghijau sehingga menampakkan sebuah pemandangan dan panorama alam yang indah dengan suasana lingkungan yang sejuk dan tenang.

Gunung Tumpa. Mungkin banyak dari anda yang belum mengenal salah satu tempat wisata di Manado yang sayang kalau tidak didatangi, apalagi jika anda yang gemar dengan dunia fotografi. Gunung Tumpa terletak di Kelurahan Meras Kecamatan Bunaken dan bisa ditempuh sekitar 50 menit dari pusat kota Manado dengan angkutan darat. Ditempat ini anda bisa menyaksikan pepohonan yang menghijau dan perkebunan kelapa rakyat. Saat berada di puncak gunung, mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan kota Manado secara keseluruhan. Bagi para pecinta dunia fotografi, lokasi ini merupakan lokasi wajib untuk anda kunjungi karena ditempat ini anda bisa mengabadikan panorama matahari saat terbit di ufuk timur (sunrise) dan ketika tenggelam di ufuk barat (sunset).

Tempat Wisata di Manado Lainnya

Selain enam tempat wisata di Manado yang sudah saya sebutkan diatas, masih terdapat berbagai tempat wisata di Manado baik itu lokasi wisata kuliner, wisata sejarah dan wisata religius. Beberapa tempat wisata di Manado lainnya seperti Museum Negeri Manado, Goa-goa peninggalan Jepang, Veld Box Belanda, Gereja GMIM Sentrum yang bersebelahan dengan tugu peringatan perang dunia, Klenteng Ban Hin Kiong (klenteng tertua di Kota Manado), patung Tuhan Yesus Memberkati (patung Tuhan Yesus tertinggi ke 2 di Dunia), dan lokasi wisata kuliner seperti Jalan Roda (jarod) dan Wakeke (pusat kuliner khas Manado yaitu bubur Manado). Selain itu, di Sulawesi Utara terdapat juga berbagai tempat wisata menarik lainnya yang sayang jika anda lewati. Silahkan anda lihat ke 10 tempat wisata menarik di Sulawesi Utara

Destinasi Wisata Menarik di Sekitar Manado

Jika anda mempunyai waktu yang cukup lama untuk menikmati keindahan Sulawesi Utara, ada baiknya anda mengunjungi beberapa tempat wisata di sekitar Manado yang begitu mengagumkan. Beberapa destinas wisata tersebut seperti Tumbak (Surga Wisata Tersembunyi di Minahasa Tenggara), Pulau Lihaga (Pulau kecil tak berpenghuni yang berpasir putih yang sangat halus), Danau Linow (danau yang airnya dapat berubah warna), atau bagi anda yang gemar dengan petualangan bisa mencoba wisata Arung Jeram Sawangan dan arung jeram Timbukar atau mencoba memanjat batu dinding di Amurang (lokasi panjat tebing dengan tingkat kesulitan yang tinggi namun pemandangan yang indah), dan berbagai tempat wisata lainnya di Sulawesi Utara (Klik disini)

Itulah beberapa tempat wisata di Manado dan sekitarnya yang bisa anda kunjungi ketika berada di Kota Manado yang terkenal akan penduduknya yang ramah dan saling menghargai antara satu dengan yang lainnya.

banner-natal-pemprov1024

Tentang eser zone

Hanyalah seorang yang ingin berbagi cerita dan berbagi berita lewat sebuah catatan ringan. I'm not the best, but i will do the best. Anda juga bisa menemukan saya di facebookGoogle+ dan twitter

Lihat juga

Pulutan, Sentra Pengrajin Gerabah di Minahasa

Pulutan, Sentra Pengrajin Gerabah di Minahasa. Selain memiliki beragam destinasi wisata yang menarik, Kabupaten Minahasa juga …

28 Tanggapan

  1. kapan yaa bisa ke Manado? Pengen sih bro :)

  2. Ke Menado 1-4 Sep.
    Ada info tour lokal sekitar manado?

  3. Kalo supaya bisa leluasa menikmati Manado dan sekitarnya, perlu waktu berapa hari di sana ya? Ada paket wisata yang all-in nggak? Jadi kita taunya cuma beli tiket aja, kemudian sampe disana udah langsung diaturkan programnya sekalian akomodasinya? Thanks.

    • Kalau hanya untuk menikmati Manado, paling lama 3 hari sudah bisa… Namun kalau ingin menikmati berbagai daerah wisata disekitar Manado, paling cepat 1 minggu :-)

      Kalau paket wisata kami bisa bantu. Berapa pax? Maunya hotel bagaimana? Jadwal kedatangan kapan? Untuk info lanjut bisa hubungi kami lewat email ke info@seputarsulut.com

  4. asli waktu pertama kali dateng sambutan orang manado welcome bgt thd saya org jawa, mrk ramah ga ada gap meskipun saya seorang muslim…. saya kagum dgn toleransi org2nya mulai dibandara, dihotel, dept store dll. disini saya sangat butuh sekali info makanan didaerah wisata yg disebutin diatas, adakah makanan muslim ato halal yg bs saya temuin didaerah wisata tsb??? mhn maaf bila ada salah kata. mhn atensi… trimakasih

    • seputar sulut

      Kalau untuk makanan yang halal ada banyak tempat soalnya tidak sedikit yang berdagang di Manado dari Jawa.. Untuk Tinutuan (bubur Manado) bisa ke Wakeke disana dijamin HALAL soalnya itu udah termasuk lokasi wisata kuliner….

      Di sepanjang jalan Boulevard banyak sekali rumah makan Muslim… Kalo di tempat-tempat wisata apa terlebih di Bunaken hampir semua RM nya halal, soalnya mereka udah tau itu yang kesana ada wisatawan…

      Kalau ke Tomohon dari Manado dan ingin mampir di rumah makan, sebaiknya lihat dulu menu-menunya, soalnya kebanyakan menu makanan Minahasa

  5. cote indah jurupatah kantoli

    Ya tuhan, kangen banget sama kota kelahiran ku ini :(
    kapan ya bisa datang lg ke manado :(

  6. Saya berencana wisata Ke Manado bulan Juni 2014. Kalau pakai paket wisata dari Manado ada paketnya nggak ya?

    • seputar sulut

      Banyak,,, kalau ingin ke Manado silahkan lihat-lihat paket wisatanya di manadofuntrip.com
      Kalau butuh informasi tempat wisata disesuaikan dengan berapa lama waktu di Manado silahkan hubungi kami lewat email ke info@seputarsulut.com nanti kami bantu

    • Mohon dikirimkan rencana perjalanan 4 hari termasuk akomodasi utk suami istri. Hari ke 4 sudah termasuk kembali ke Jkt dengan pswt malam hari.

      TK

  7. Deyby Pongoh

    Selamat pagi..
    ada rekomendasi ke beberapa objek di manado dan sekitarnya yang bisa di arrange hanya 1 hari..?

  8. dunia wisata singosari

    infonya sangat membantu sekali buat yang lagi bingung memilih tempat wisata…

  9. My City Manadooo

  10. Bunaken udah kesohor banget, bukan cuma di Indonesia tetapi juga diluar negeri :)
    Salut sama pemerintah kotanya, semoga industri pariwisatanya semakin maju

  11. Tinggal di Manado?

    Saya mau ke manado dalam waktu dekat, boleh minta kontak yang bisa saya hubungi?

  12. larry tombokan

    so rindu mo pulang baku dapa deng tamang2

    • larry tombokan

      mau kasih masukan…GOA JEPANG bisa juga di masukkan jadi tujuan tempat wisata di sulawesi utara.letaknya berada di daerah kawangkoan yg juga merupakan tempat penghasil kacang tanah asli minahasa.

    • seputar sulut

      Ada dimana so ini bro??? Nda mo pulkam natal dang???

  13. selamat sore Sdr/i Manado

    saya ada rencana tanggal 30 juni – 2 Feb 2014 trip ke manado. mungkin bisa dibantu yang paling rekomendasi untuk traveling selama disana tentunya dengan harga murah *ala backpacker
    trimakasih

    oy saya buka manadofuntrip.com selalu tidak bisa ya?

    • seputar sulut

      Apa yang bisa kami bantu? Rencana mau kemana aja selama di Manado? Untuk website manadofuntrip.com sekarang sudah tidak aktif lagi

  14. keren-keren ya? semoga kelak bisa kesana :)

  15. Ada yhg bs kasih info penginapan rmh panggung isi 25 org? Sekitar tondano

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: