Home » News » Straigh News »   PELATIHAN BANTUAN HUKUM PARALEGAL DI KECAMATAN RANOYAPO
Rental Mobil Murah di Manado

  PELATIHAN BANTUAN HUKUM PARALEGAL DI KECAMATAN RANOYAPO

Minsel, seputarsulut. com-Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan melalui Dinas PMD (Pemberdayan Masyarakat Desa) bersama Kajari dan Polres Minsel menggelar pelatihan pengembangan bantuan hukum paralegal desa tahun 2019, yang diikuti 12 Desa di Kecamatan Ranoyapo (22/11/2019).

Kegiatan Bantuan Hukum dan Paralegal yang jadwal pelaksanaannya di Kecamatan Ranoyapo, Dinas PMD membonceng Kajari dan Polres Minsel, Sebagai nara sumber untuk memberikan materi seiring program Pemerintah Pusat yaitu penggunaan Dana desa serta pencegahannya.

Kadis PMD Hendrie S C Lumapow SH MSi, yang di wakili Sekretaris Dinas Altin Sualang SSTP MAP, mengatakan, ” Intinya agar para Hukum tua menjalankan tugas kerja penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan mampu melibatkan masyarakat terutama dalam pengelolaan Dana desa, bersinergitas dengan BPD.

Sualang menambahkan, Besar manfaatnya pengelolaan Dandes bagi kelangsungan pembangunan Desa secara bertahap, namun perlu di pahami mekanisme aturan hukum agar pengelolaannya benar dan transparan, ” tambah Sekretaris Dinas.

Kajari Minsel I Wayan Eka Miartha SH MH, omembawakan materi pencegahan penyalahgunaan Dandes.
” Diharapkan penyusunan administrasi maupun pekerjaan kegiatan harus dikawal oleh masyarakat, jangan nikmat membawa sengsara, dan mencoreng Desa sehingga pada akhinya mendapat sanksi pidana,” jelas Kajari.
Pengelolaan Dandes untuk setiap Desa, lebih khusus Hukum tua sebagai KPA penggunaan tepat sasaran sehingga masyarakat akan menggenang apabila dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Hal ini disampaikan pula Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo SIK, Hukum tua perlu berkoordinasi dan konsultasi dengan Bhabinkamtibmas, sebagai pendampingan, untuk memberikan jaminan keamanan termasuk isu atau tuduhan pengelolaan Dandes.
” Pihak kepolisian tetap melaksanakan tugas pendampingan demi tercapainya keamanan dan ketertiban dalam rangka kelanjutan program Dandes sesuai aturan yang berlaku, “tutur Kapolres Minsel.
Hadir dalam kegiatan ini, Camat Ranoyapo Joiske Wakas SPd, seluruh Hukum tua se Kecamatan Ranoyapo, BPD Tokoh masyarakat, dan Tokoh Agama. (Herman)

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

BSG Work From Home, Dirut Dendeng: Ini Upaya Pencegahan Covid-19

SULUT – Guna mencegah akan dampak penyebaran Wabah Virus Corona atau Covid-19 yang saat ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: