Home » News » Politik & Pemerintahan » Membuahkan Hasil! Kini PPN Turun Menjadi 1%, Saron: Petani Adalah Garda Terdepan Bagi Ketahanan Pangan Negara Kita

Membuahkan Hasil! Kini PPN Turun Menjadi 1%, Saron: Petani Adalah Garda Terdepan Bagi Ketahanan Pangan Negara Kita

SULUT – Terkait dengan Kebijakan pemerintah pusat, pengenaan PPN 10 persen atas hasil perkebunan dan pertanian masyarakat yang dianggap sangat memberatkan para petani.

Desakan pemerintah provinsi Sulut maupun Anggota DPRD Sulut terkait hal inipun di dengar oleh pemerintah pusat. Dimana PPN yang sebelumnya sebesar 10 Persen, kini turun menjadi 1 persen.

Mengenai hal ini, Anggota DPRD Sulut Sandra Rondonuwu mengatakan bahwa
Kita tentu bersyukur karena PPN 10 persen bisa turun hanya menjadi 1 persen.

“Memang keinginan kami ( DPRD Sulut) adalah 0 persen, tapi sekalipun tidak turun jadi 0 persen ini sudah sangat luar biasa bagi dunia pertanian dan perkebunan,” ucap Ketua Badan Kehormatan DPRD Sulut ini, rabu (5/8) saat dihubungi melalui telepon seluler.

Lanjut Legislator PDI-P ini, bahwa ada beberapa alasan sederhana kenapa penting PPN Pertanian dan perkebunan itu harus dihapuskan yakni:

1. Produk pertanian umumnya terkait dengan ketahanan pangan yang selama ini kita perjuangkan dan jaga.

2. Produk pertanian dan perkebunan umumnya adalah produk bahan mentah (raw material) yang dalam produksinya tidak melibatkan intervensi negara seperti (lahan gratis dan saprodi gratis dari pemerintah).

3. Hasil pertanian yang memadai dapat meningkatkan daya beli (tricle down effect bagi perekonomian) sehingga roda ekonomi dapat bergerak semakin pesat demi kesejahteraan seluruh rakyat. Dan saya bersama Wenny lumentut diminta oleh ketua DPRD Sulut untuk mewakili menyampaikan aspirasi tentang penolakan tersebut pada beberapa waktu lalu, dan sekaligus juga diminta oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey untuk menyuarakan tentang penolakan tersebut kepada pemerintah pusat.

“Dengan diberkakukannya PMK nomor 89 tahun 2020 ini mendorong para petani kita untuk lebih giat dan bersemangat dalam menghasilkan produk-produk pertanian dan perkebunan, sebab petanilah sebagai tiang penyangga pada perekonomian bangsa ini. Petani adalah garda terdepan bagi ketahanan pangan negara kita,” Pungkas Saron (Sapaan Akrabnya).

(Ardybilly)

Promo Daihatsu Manado 2018

Tentang ardy

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Pesan Ketua DPRD Sulut ANDREI ANGOUW di HUT Ke-56 Sulut

SULUT – DPRD Sulut menggelar rapat paripurna dalam rangka HUT ke-56 Provinsi Sulut, rabu (23/9) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: