Home » Citizen Journalism » WaWali Harley Mangindaan Gagal Hadiri Event Internasional Scott Kelby Worldwide Photo Walk
Rental Mobil Murah di Manado

WaWali Harley Mangindaan Gagal Hadiri Event Internasional Scott Kelby Worldwide Photo Walk

World Wide Photo Walk Manado - Para fotografer di Manado yang ikut serta. Foto: CG-seputarsulut.com
World Wide Photo Walk Manado – Para fotografer di Manado yang ikut serta. Foto: CG/seputarsulut.com

Sulawesi Utara ikut serta dalam event fotografi tingkat dunia, Scott Kelby Worldwide Photo Walk pada Sabtu (5/10/2013) pekan lalu. Event Photo Walk terbesar yang dilakukan serentak di 126 negara, 1.238 kota, dan diikuti oleh 28.536 fotografer, termasuk para fotografer yang ada di Manado. Di Indonesia dilaksanakan di tujuh kota, empat di pulau jawa (Tanggerang, Jakarta Utara, Bogor, Bandung) dan tiga di Sulawesi Utara (Manado, Tomohon, Airmadidi).

Siapa dan apa itu Scott Kelby Worldwide Photo Walk? Scott Kelby merupakan pria berkebangsaan Amerika yang lahir di kota Lakeland, Florida pada 51 tahun silam, merupakan seorang profesional yang mulititalent. Betapa tidak, dia merupakan seorang penulis,  editor, training director, dan juga sebagai CEO dari Kelby Media Group, juga tentu sebagai penggagas Worldwide Photo Walk ini.

Photo Walk adalah sebuah kegiatan fotografi dimana para fotografer berkumpul bersama (biasanya di perkotaan) untuk jalan-jalan bersama, sambil mengabadikan moment-moment atau kejadian yang mereka temui selama proses jalan-jalan tersebut. Bagian penting dalam Photo Walk adalah proses pertemanan, berkenalan, serta sharing pengetahuan tentang dunia fotografi dari sesama fotografer. Dan karena lokasinya di kota, maka hal ini juga bisa menjadi ajang promosi wisata kota tersebut ke dunia.

Scott Kelby Worldwide Photo Walk merupakan event tahunan, dan seperti informasi di atas, tahun ini dilaksanakan pada 5 Oktober. Hal yang menarik dari Scott Kelby Worldwide Photo Walk adalah setiap kota dibatasi maksimal 50 walkers atau 50 fotografer dan dipimpin oleh seorang walk leader atau pemimpin grup.

Untuk Sulawesi Utara ada tiga walk leader karena dilaksanakan di tiga kota. Untuk Manado walk leader-nya adalah Lusy Altje, Tomohon walk leader-nya Greenhill Weol, dan Airmadidi walk leader-nya Andi Karundeng. Untuk kota Manado rute Photo Walk yang dilewati adalah dari Tugu Zero Point menyusuri Jalan Sudirman – lorong Gelael – Calaca – Depan Plaza – Perempatan Belakang Klenteng BHK – Perlimaan belakang ‘President’ – Pelabuhan Manado – Marina – Boulevard – dan berakhir Kawasan Megamas.

Untuk kota Tomohon rute Photo Walk mulai dari Tugu Opa Worang – Jalan Raya Tomohon dan berakhir di Tugu Tololiu Tua. Sedangkan rute Photo Walk di Airmadidi mulai dari simpang tiga terminal Airmadidi – pasar Airmadidi – dan berakhir di simpang tiga SPBU Airmadidi.

Menurut Lusy Altje yang merupakan penggagas pelaksanaan Scott Kelby Worldwide Photo Walk di Sulawesi Utara ini, latar belakang dilaksanakan kegiatan ini adalah “sebagai salah satu ajang fotografi global terbesar yang diselenggarakan serentak di seluruh dunia, alangkah bagusnya kalau Manado juga bisa ambil bagian.”

Lusy yang sudah beberapa kali ikut Photo Walk di berbagai kota di asia seperti Malaysia, Singapura dan Filipina tersebut berharap “semoga bisa menjadi ajang yang bermanfaat bagi peminat fotografi di Manado untuk berkreasi dan bersaing di dunia internasional dengan jujur dan bertanggung jawab.  Setelah join photo walk di beberapa negara di Asia Tenggara, ada hal yang sebaiknya di pupuk dan dipertahankan yaitu ciri khas Manado yang penuh kekeluargaan.”

Yang menarik dari Scott Kelby Worldwide Photo Walk ini adalah, ‘fun with prizes,‘ senang-senang dan mendapat hadiah. Betapa tidak, hadiah yang disiapkan mencapai angka ratusan juta rupiah, *hadiah utamanya adalah sebuah DSLR senilai Rp. 130.000.000,- dan event bertaraf internasional ini “tidak ada biaya sama sekali untuk penyelanggaraannya,” karena semua hadiah ditanggung penyelenggara utama yaitu Scott Kelby. Demikian disampaikan Denny Taroreh sebagai salah satu penanggungjawab kegiatan tersebut.

Namun disayangkan, Wakil Walikota Manado  Harley Mangindaan yang kabarnya akan turut serta dalam event bertaraf internasional tersebut tidak jadi datang, informasinya karena ada agenda menghadiri HUT TNI ke-68 yang juga bertepatan dengan pelaksanaan Photo Walk di Manado.  (CG)

*Ralat yang di highlight : Betapa tidak, hadiah yang disiapkan mencapai angka ratusan juta rupiah, totalnya sekitar Rp. 130.000.000,-

banner-natal-pemprov1024

Lihat juga

BNN Evaluasi Progres Asesor Narkoba Se-Sulut

SEPUTAR SULUT. Manado – Selamatkan anak cucu kita dari bahaya NARKOBA Badan Nasional Narkotika Provinsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: