Home » News » Straigh News » Walikota Manado, “Syukurlah TN Bunaken Kita Kelola”
Rental Mobil Murah di Manado

Walikota Manado, “Syukurlah TN Bunaken Kita Kelola”

 

Foto Steven Runtuwene.

MANADO – Akhirnya Bunaken dikelola daerah.    Perjuangan agar pengelolaan kawasan Taman Laut Bunaken khususnya objek wisata Bunaken, Manado Tua dan Siladen, untuk diserahkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda), akhirnya mendapat titik terang. Hal itu terlihat saat berlangsung Rapat Koordinasi (Rakor) antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dengan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan.

IMG-20170612-WA0030

Pertemuan khusus membahas Taman Laut Bunaken itu, berlangsung di lantai II Kantor Menko Kemaritiman, Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) I, Jalan MH Thamrin Nomor 8 Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Pihak Pemprov Sulut dihadiri langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Pemkot Manado oleh Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, juga Rektor Unsrat Prof. Ellen Kumaat serta Dekan FPIK Unsrat Prof. Grevo Gerung.

Foto Steven Runtuwene.

Dikatakan Walikota GSVL  pengelolaan Taman Laut Bunaken yang meliputi Bunaken, Manado Tua dan Siladen telah diserahkan kepada Pemda, akan membuka peluang dan tantangan dalam upaya peningkatan sektor pariwisata Sulut khususnya di Kota Manado. Apalagi, kawasan yang berada di Teluk Manado tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan pecinta wisata bahari. “Ketika diserahkan ke daerah, maka ini menjadikan peluang dan tantangan, untuk menjadikan Teluk Manado dan kawasan penyelamannya sebagai tempat yang makin menyenangkan bagi penikmat wisata bahari,” tandas Walikota terbaik se-Indonesia itu.

Foto Steven Runtuwene.

Seperti diketahui, pertemuan yang berlangsung di Jakarta tersebut, merupakan tindak lanjut pernyataan Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan saat berkunjung ke Sulut, April lalu. Dalam kesempatan itu, Menko menyatakan agar pengeloaan Taman Nasional Bunaken mendapat perhatian serius, maka sebaiknya di kelola oleh Pemda Sulut.

“Di Pulang Rempang Galang ada otoritas sendiri seperti halnya Kawasan Ekonomi Khusus yang mengelola itu Gubernurnya langsung, dan itu yang diharapkan juga untuk kelangsungan objek wisata andalan di daerah Nyiur Melambai Sulut tersebut,” terang Menko Luhut Panjaitan.

Foto Steven Runtuwene.

Dalam rapat tersebut, Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan menerima usulan Gubernur OD terkait penyerahan pengelolaan Taman Laut Bunaken di kawasan tiga pulau tersebut kepada Pemda. Bahkan, Menko berjanji untuk memproses lebih lanjut usulan itu.

“Usulan pak Gubernur untuk Bunaken, Manado Tua dan Siladen untuk diserahkan pengelolaannya ke daerah, agar memudahkan pengelolaannya untuk tunjang pariwisata, diterima Pak Menko dan akan diproses lanjut pengelolaannya ke daerah. Akhirnya, yang lama diperjuangkan akan jadi realita,” jelas Walikota GSVL, usai pertemuan.

Foto Steven Runtuwene.
banner-natal-pemprov1024

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

IWO Sulut Gelar Aksi Amal Di Bulan Lebaran

MANADO – Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulut sejak terbentuk pada dua pekan lalu, dan dinahkodai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: