Home » News » Straigh News » Walikota Manado Hadiri Pencanangan Gerakan Nasional Percepatan Rehabilitasi Mangrove
Rental Mobil Murah di Manado

Walikota Manado Hadiri Pencanangan Gerakan Nasional Percepatan Rehabilitasi Mangrove

Gambar mungkin berisi: 6 orang, orang duduk

MANADO –    Walikota  Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA menghadiri kegiatan pencanangan Gerakan Nasional Percepatan Rehabilitasi Mangrove oleh Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, di Ruang Serbaguna Gedung Smart Library Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (20/09) pagi tadi.

Gambar mungkin berisi: 9 orang, termasuk Godsofvic Lumentut, orang berdiri

“Saya selaku Walikota Manado sangat mendukung dicanangkannya Gerakan Nasional Percepatan Rehabilitasi Mangrove oleh Bapak Menko Kemaritiman. Ini adalah langkah yang tepat untuk melestarikan hutan mangrove. Kami akan mendorong penanaman mangrove oleh seluruh stakeholder di Kota Manado, termasuk perusahaan daerah, lembaga swadaya masyarakat, perusahaan swasta sampai masyarakat luas,” tukas orang nomor satu di Manado itu.

Gambar mungkin berisi: 9 orang, termasuk Godsofvic Lumentut, orang berdiri
Pencanangan tersebut dihadiri para kepala daerah dari seluruh Indonesia. Sehingga, dengan dicanangkannya Gerakan Nasional Percepatan Rehabilitasi Mangrove bisa secepatnya dilaksanakan pemerintah daerah, dalam menyelamatkan laut dan pantai dari abrasi. Dalam sambutannya, Menko Kemaritiman mengatakan percepatan rehabilitasi mangrove telah memiliki payung hukum, sehingga segenap pemangku kepentingan tinggal mengimplementasikannya dalam pemerintahan masing-masing.

“Gerakan percepatan rehabilitasi Mangrove ini harus dilakukan. Ayo kita bulatkan tekad, ini demi kepentingan rakyat. Saya imbau kepada para kepala daerah, bapak-bapak ini punya peran penting. Saya yakin dalam lima sampai tujuh tahun ini bisa kita selesaikan. Kita bisa kalau kompak, demi generasi yang akan datang,” tandas Panjaitan.

Berdasarkan data dari Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Kemaritiman, Indonesia memiliki 23 persen mangrove dunia. Tetapi, dari jumlah tersebut, 52 persen dalam keadaan rusak dan kritis. “Isu mengenai mangrove, tidak hanya berskala nasional tapi juga internasional karena perannya yang besar dalam kehidupan. Misalnya, mangrove bisa jadi alat mitigasi bencana tsunami dan abrasi laut,” tandas Menko Kemaritiman.

Gambar mungkin berisi: 9 orang, orang berdiri dan dalam ruangan

Lanjut dikatakan, mangrove memiliki manfaat mendukung pembangunan ekonomi biru, mendukung terciptanya pelabuhan hijau ramah lingkungan serta mengurangi emisi gas rumah kaca demi tercapainya tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Merespon dicanangkannya Gerakan Nasional Percepatan Rehabilitasi Mangrove, Walikota Vicky Lumentut kepada sejumlah wartawan mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado mendukung penuh apa yang dilakukan Kementerian Koordinator Kemaritiman dalam upaya pelestarian mangrove, apalagi Kota Manado merupakan kota pantai yang terletak di bibir Pasific.

 

Gambar mungkin berisi: 6 orang, orang duduk

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Pemkot Manado Diganjar Penghargaan Dari Kemenkeu

MANADO –   Keberhasilan Pemkot Manado Memperoleh Opini WTP, Walikota Vicky Lumentut Terima Penghargaan Dari Kementerian Keuangan.  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: