Home » News » Press Release » Wagub Sulut Pimpim Pertemuan Komda Lansia
Rental Mobil Murah di Manado

Wagub Sulut Pimpim Pertemuan Komda Lansia

Wagub Sulut Pimpim Pertemuan Komda LansiaWakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd, selaku Ketua Komda Lansia Provinsi Sulut melakukan pertemuan dengan jajaran pengurus dan SKPD terkait, di rupat Wagub, Rabu (20/3). Pertemuan yang diikuti Kakanwil Kemenkum HAM Sulut, Iwayan Sukerta, Anggota Deprov Ibu Zus Sualang Pangemanan yang juga selaku Ketua Komisi Lansia Sinode GMIM, Kadis Sosial Anwar Panawar, Kadis Diknas Star Wowor, Kepala BPMPD Ricky Toemanduk, Kepala BP3A Mieke Pangkong, Karo Kesra Abeng Elong, Sekretaris Dishub Kominfo J. Purukan serta dr. Deybi Kakalo dari Dinkes Sulut, telah pula membahas beberapa agenda dalam rencana aksi yang akan dilakukan Komda Lansia.

Kansil mengatakan, dalam wanktu dekat  Komda Lansia Sulut akan mengelar peringatan hari lansia sekaligus dengan jambore lansia di kabupaten Minut. Diperkirakan ada sekitar 10 ribu opa dan oma kita akan menghadiri hajatan tersebut, jelasnya. “Oleh karena itu mendesak bagi kita untuk segera membentuk pengurus Komda Lansia di kabupaten dan kota, hal itu dimaksudkan agar para lansia sudah memiliki wadah guna membantu mereka untuk mendapatkan akses pelayanan yang lebih mudah dan cepat, sembari memberi contoh pelayanan  kesehatan di puskesmas dan rumah sakit kiranya mereka yang didahulukan termasuk di sektor transportasi baik darat, laut maupun udara”, ujar Kansil.

Sus Sualang menambahkan pentingnya pertemuan para lansia, karena bagi mereka merupakan  kebanggaan untuk bisa bernostalgia dan kangen-kangenan  dengan sesama teman dan sahabat yang sudah lama tidak bertemu. Dalam pertemuan itu telah disepakati banyak hal antara lain, Komda Lansia Sulut dapat membuat membuat kartu anngota lansia, dengan maksud untuk kemudahan  berbelanja, untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan termasuk sektor transportasi para lansia ini yang lebih diutamakan mendapatkan tempat duduk yang lebih nyaman. Khusus untuk Dinkes Sulut, dalam penanganan masalah lansia telah membentuk Puskesmas Santun Lansia dan Posyandu Lansia, semua pelayanan itu dilakukan di setiap puskesmas yang ada.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dr.Maxi Rondonuwu DHM melalui Kepala Seksi Kesehatan Ibu dan Lansia dr. Deybi Kalalo, mengajak para Lansia di Sulut untuk memanfaatkan fasilitas Puskesmas Santun Lansia. Fasilitas yang disiapkan oleh pemerintah tersebut, untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada para lansia. Walaupun diakuinya puskesmas santun lansia ini baru berada di empat kabupaten/kota yakin kota Bitung semua puskesmas, Minut di Likupang, Batu, Talawaan, Wori, Kema, Kauditan, dan Kolongan. Manado di Ranomuut, Tuminting, Kombos,Wonasa, Wenang dan Teling serta di kota Kotamobagu Desa Upay. “Namun ini merupkan kepedulian Pemprov lewat Dinkes Sulut. Mudah-mudahan kedepan seluruh Kabupaten/Kota sudah bisa memilikinya, sehingga bisa membantu program Komda lansia sulut”, jelas Kalalo usai pertemuan  Komda Lansia dengan Wagub Sulut, Rabu (20/3) lalu dikantor Gubernur.

Kalalo mengatakan, puskesmas santun lansia memiliki loket pendaftaran lansia yang terpisah dengan loket pasien bukan lansia. Pelayanan kepada mereka diberikan terpisah dengan pasien biasa agar para lansi dapat dilayani secara cepat, katanya sembari menyebutkan, fasilitas yang disiapkan seperti pegangan pada toilet, pegangan pada tangga masuk, penyuluhan kesehatan, ibadah, kesenian dan perlombaan lainnya. Kalalo menambahkan, saat ini puskeskams di 15 kabupaten dan kota sudah memiliki Posyandu lansia. posyandu ini akan melayani pemeriksaan kesehatan sebulan sekali di tiap desa dan kelurahan. Pemeriksaan dimaksud meliputi, penimbangan berat badan dan konsultasi kesehatan. (Kabag Humas Jackson Ruaw)

banner-natal-pemprov1024

Lihat juga

Tim Pemkot Manado Pukau Warga Palu

PALU –  Ramaikan dan Pukau Warga Kota Palu,  Rombongan Pemkot Manado Semarakan Palu Nomoni II.  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: