Home » News » Press Release » Wagub Resmikan Patung Pujangga JE Tatengkeng
Rental Mobil Murah di Manado

Wagub Resmikan Patung Pujangga JE Tatengkeng

Wagub Resmikan Patung Pujangga JE TatengkengWakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd, dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kamis 6 Februari 2014 kemarin, telah meresmikan patung sejarawan dan pujangga Jan Engelbert (JE) Tatengkeng yang terletak di segi tiga Bungalawan Kec, Tahuna.

Persemian patung dari salah satu pujangga terkenal asal Sulawesi Utara khususnya dari Kepulauan Sangihe ini ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan secara bersama oleh Wagub dan isteri tercinta Mieke Kansil Tatengkeng yang merupakan cucu dari JE Tatengkeng, Bupati Drs. HR Makagansa MSi dan isteri Wisye Makagansa Rompis, Ketua DPRD Tanao Jangkobos, serta Wakil Ketua Seunal Tungari.

Wagub mengatakan, kehadiran patung ini, disamping menjadi kebanggaan bagi warga Sulut juga akan menjadi sumber inspirasi dan media pembelajaran sejarah di bidang sastra dan seni bagi kalangan generasi muda, karena di negeri ini pernah ada tokoh penting yang dikenal dengan karya-karya sastra cukup spektakuler di kalangan penggiat seni budaya seperti JE tatengkeng yang juga pernah menjabat Wakil Menteri Pendidikan, sehingga dimasa yang akan datang diharapkan, akan lahir Tatengkeng-Tatengkeng masa kini menjadi sosok pujangga-pujangga terkenal, jelas Kansil sembari menyebutkan dari lubuk hati yang paling dalam kami sebagai cucu dari mendiang JE Tatengkeng memberi apresiasi dan ucapan terima kasih serta pengharggaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe yang telah memberi perhatian khusus atas karya dan prestasi yang pernah di ukir oleh kakek kami.

Kansil menambahkan, tempat ini juga nantinya akan menjadi salah satu objek wisata budaya sangihe , karena nantinya akan dilengkapi buku-buku sejarah terkait dengan sastra, dan seni budaya.

Senada dengan Wagub, Bupati Makagansa menyebutkan telah menjadi kewajiban pemda membangun patung tersebut untuk mengingatkan kepada masyarakat sekaligus generasi muda untuk melestarikan karya-karyanya yang cukup terkenal itu, terutama bagi generasi muda nusa utara.

Selain patung JE Tatengkeng, Pemda Sangihe juga sedang membangun patung salah satu tokoh terkenal asal nusa utara DR. Makaminan Makagiansar MA Ph.D yang pernah dipercayakan memimpin salah satu lembaga dunia UNESCO. Kedepan JE Tatengkeng akan kami akang usulkan untuk menjadi pahlawan nasional di Kementrian Sosialtambah mantan Penjabat Bupati Bolmut. Sebelumnya dua siswa sekolah dasar telah membacakan karya pujanga JE Tatengkeng berjudul Nelayan Sangihe dan pujangga berjudul JE Tatengkeng (Humas Prov Sulut)

banner-natal-pemprov1024

Lihat juga

Tim Pemkot Manado Pukau Warga Palu

PALU –  Ramaikan dan Pukau Warga Kota Palu,  Rombongan Pemkot Manado Semarakan Palu Nomoni II.  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: