Home » Direktori » Fasilitas Pendidikan » Universitas » Universitas Negeri Manado (Unima)
Rental Mobil Murah di Manado

Universitas Negeri Manado (Unima)

Logo Unima - Logo Universitas Negeri Manado Universitas Negeri Manado atau yang biasa disingkat dengan UNIMA merupakan salah satu universitas negeri yang ada di Provinsi Sulawesi Utara selain Universitas Sam Ratulangi Manado (Unsrat). Universitas Negeri Manado berada di daerah pegunungan Kabupaten Minahasa, 800 meter dari permukaan laut dan berjarak kurang lebih 40 km dari Kota Manado. Universitas seluas 270ha, berada pada daerah dengan suhu yang agak dingin sekitar 24-27 derajat celcius (pada siang hari) dan dapat mencapai 18 derajat celcius (pada malam hari) sehingga membuat suasana belajar mengajar menjadi lebih kondusif. Berikut profil universitas Negeri Manado (Unima) seperti yang kami kutip dari laman unima.ac.id

Universitas Negeri Manado (Unima) berasal dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) – satu dari empat PTPG yang didirikan pertama di Indonesia yaitu PTPG Batusangkar, PTPG Malang, PTPG Bandung, PTPG Tondano, berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 2450/KB/1955 tanggal 22 September 1955. PTPG Tondano mengalami berbagai perubahan: mula-mula menjadi FKIP Universitas Hasanuddin Makassar, lalu berubah menjadi FKIP Unhas Tondano di Manado, FKIP Unsulutteng, IKIP Yogyakarta Cabang Manado, dan terakhir menjadi IKIP Manado yang berdiri sendiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 38 tanggal 8 Maret 1965 juncto Keppres Nomor 275 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965.

Pada 13 September 2000, IKIP Manado dikonversi menjadi Universitas Negeri Manado berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia Nomor 127 Tahun 2000 dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Bapak Yahya Muhaimin pada tanggal 14 Oktober 2000. Berdasarkan Keppres RI Nomor 127 Tahun 2000, Universitas Negeri Manado (Unima) yang pada saat ini dipimpin oleh Rektor Prof. Dr. Philoteus EA. Tuerah, M.Si, DEA, memiliki fungsi ganda, yaitu selain menciptakan tenaga ahli dan tenaga profesional di bidang kependidikan, juga menciptakan tenaga ahli dan tenaga profesional di bidang non-kependidikan.

Sejak tahun 2008, Unima dipimpin Prof. Dr. Ph. E. A. Tuerah, M.Si, DEA sebagai Rektor periode 2008-2012. Disamping tugas utama tersebut, Unima juga dipercayakan untuk menyelenggarakan program sertifikasi guru, pendidikan profesi, dan program peningkatan kualifikasi akademik guru. Juga lebih digalakkan kerjasama kelembagaan dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri seperti New Castle Australia, dan beberapa universitas di Perancis, dan kerjasama dengan berbagai pemerintah daerah.

Dari catatan-catatan sejarah tersebut di muka, diperoleh petunjuk bahwa : (1) Banyak gagasan/upaya terobosan masa lampau layak ditindak lanjut secara berkelanjutan dan terencana, (2) dalam pengembangan UNIMA diperlukan terobosan kreatif dan inovatif berjangka waktu ke depan dan terencana guna memacu perkembangan UNIMA menuju UNIMA bertaraf nasional dan internasional, dan mandiri, dan (3) pengembangan UNIMA hendaknya selalu sejalan dengan kebutuhan local, regional INTIM, nasional dan internasional.

Visi dan Misi Universitas Negeri Manado (Unima)

Visi UNIMA:

Menjadi lembaga yang bermartabat, bermutu, unggul dan kompetitif dalam menyelenggarakan program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Misi UNIMA:

  1. Mewujudkan proses pendidikan yang mampu mengemban fungsi sebagai LPTK dalam menghasilkan guru dan tenaga kependidikan yang profesional.
  2. Mewujudkan pendidikan yang bermutu baik input, proses, maupun output, berdaya saing, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.
  3. Mewujudkan pengelolaan pendidikan yang efisien, efektif, akuntabel dan produktif melalui tata kelola yang sehat (good governance) dalam bingkai otonomi daerah dan desentralisasi di bidang pendidikan.
  4. Mewujudkan kapasitas penelitian yang inovatif dan bermutu dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama di bidang pendidikan dan pengajaran, dan pemecahan masalah pembangunan nasional dan daerah.
  5. Mewujudkann kapasitas dan mutu transfer teknologi dan seni dalam kerangka pengabdian pada masyarakat dan penguatan revenue generating.
  6. Mewujudkan social responsibility dalam kerangka pemerataan pendidikan tinggi di Indonesia.

Fasilitas di Universitas Negeri Manado (Unima)

    • Ruang kuliah: 288 ruangan.
    • Perpustakaan: luas ruangan 6.000 m2 (terdiri dari Perpustakaan Pusat, dan 6 ruang baca pada setiap Fakultas), koleksi 2.855 eksemplar (Buku Text 381 eksemplar, Penelitian/Makalah/Tesis/Skripsi 723, Disertasi 796 eksemplar, P2T 547, buku hadiah 161 eksemplar, penerbitan berkala –terbitan asing: 122 eksemplar, terbitan dalam negeri 123 eksmplar, suratkabar –2 penerbitan).
    • Laboratorium/Workshop: seluas 12.251 m2 (jumlah 11 unit lab).
    • Lembaga penelitian: Lembaga Penelitian, Lembaga Pengabdian pada Masyarakat – seluas 1.000 m2.
    • Kegiatan mahasiswa: didukung Gedung Dewan Mahasiswa dengan seluas 1.000 m2.
    • Fasilitas olahraga: stadion sepakbola (17.680 m2), 4 lapangan tenis (2.500 m2), 1 kolam renang (2.600 m2), lapangan (basket, voli).
    • Fasilitas lain: Pusat komputer, WIFI, Sistem Pendidikan Satelit, Sanggar dan Bengkel, Percetakan dan Penerbitan, Bimbingan Tutorial, Kantor Pos, Bank, Klinik Kesehatan, asrama mahasiswa (asrama di Tomohon 800 m2, asrama di Tondano 800 m2).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Universitas Negeri Manado (Unima), anda bisa datang ke Kampus Universitas Negeri Manado, Tondano 95618, Sulawesi Utara, Telepon: (0431) 321845, 321846, 321847 Faks: (0431) 321866, Email: info@mail.unima.ac.id

banner-natal-pemprov1024

Tentang Seputar Sulut

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter