Home » News » Press Release » Umur Harapan Hidup Masyarakat Sulut Ranking 3 di Indonesia
Rental Mobil Murah di Manado

Umur Harapan Hidup Masyarakat Sulut Ranking 3 di Indonesia

Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Djaouhari Kansil Saat Memberikan Sambutan di HKN ke 50Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Dr. Djaouhari Kansil, MPd memberikan apresiasi kepada jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara yang dipimpin oleh dr Grace L Punuh M.Kes, dimana dari data indikator kesehatan Provinsi Sulawesi Utara tahun 2013 menunjukan bahwa cakupan penderita gizi buruk sudah dapat ditekan sampai 0,035 persen di bawah target nasional 13 persen. Hal tersebut disampaikan Kansil saat memberikan sambutan pada acara puncak HKN (Hari Kesehatan Nasional) ke-50 yang diselenggarakan hari Kamis, 20 November 2014 di Auditorium Bukit Inspirasi Tomohon.

 

Oleh karena itu Kansil berharap keberhasilan yang dicapai jajaran Dinas Kesehatan dalam menekan kasus gizi buruk dan angka kematian balita bisa terus dijaga bahkan bisa lebih meningkatkan kinerja. Selain itu, masyarakat Sulut juga patut berbangga dimana umur harapan hidup (UHH) masyarakat Sulawesi Utara menempati urutan ke 3 yaitu 74,4 tahun, sedangkan target nasional adalah 65 tahun. Sedangkan berdasarkan data yang dirilis WHO, untuk tahun 2014 menempatkan Indonesia pada peringkat kelompok kedua terbaik dalam tingkat harapan hidup sedunia bersama Amerika Serikat, Arab saudi dan Brasil. Human Development Index (HDI) sulut berada di tiga besar se- Indonesia bersama DKI dan Jogyakarta, ujar mantan Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara.

Adapun menurut Kepala Dinas Kesehatan dr. Grace Punuh, berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional telah selesai dilaksanakan antara lain pemilihan dokter teladan, lomba puskesmas layayan KIA terbaik, lomba puskesmas lansia terbaik serta lomba cuci tangan yang benar dan bhakti sosial. Lanjut Punuh, hasil pelaksanaan kegiatan deteksi dini obesitas yang dilakukan pada Upacara HKN di kantor Gubernur beberapa hari yang lalu, dari 1500 orang yang ditargetkan untuk diperiksa, hanya sebanyak 1.405 yang berhasil di deteksi dini obesitasnya, dengan menggunakan metode Indeks masa tubuh (IMT) dan lingkar perut. Adapun rinciannya yaitu underweight 138 orang (10 %), BB ideal 540 orang (38 %), Overweight 243 orang (17 %), Obesitas 484 orang (34 %).

Sementara interpretasi lingkar perut normal 842 orang (60 %), obesitas sentral 563 orang (40 %). Pada kesempatan yang sama, Kadis Kesehatan Provinsi menyerahkan piagam penghargaan dari MURI yang diterima Wakil Gubernur Dr. Djouhari Kansil. Turut hadir pada puncak HKN yang ke 50, Walikota Tomohon Jimmy Eman, SE AK, Dirut RS Ratumbuisang dr Jemmy Lampus, Direktur Utama RS. Prof Kandou dr. Maxi Rondonuwu, Kadis Kesehatan Kab/Kota se Sulut beserta jajarannya (Humas Prov Sulut)

banner-natal-pemprov1024

Tentang Seputar Sulut

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

GMNI Sulut- Go Sesalkan Sistem “DP”RS, Korbankan Debora

MANADO – Korda GMNI Sulut-Go: Sistem “Uang Muka” di Rumah Sakit Inprosuderal. Peristiwa kematian Tiara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: