Home » Tempat Wisata » Tumbak, Surga Wisata Tersembunyi di Minahasa Tenggara
Rental Mobil Murah di Manado

Tumbak, Surga Wisata Tersembunyi di Minahasa Tenggara

Pulau Baling-baling di Tumbak Minahasa Tenggara
Pemandangan dari atas pulau baling-baling (foto by Leonard Seran)

Tumbak, Surga Wisata Tersembunyi di Minahasa Tenggara. Bagi kebanyakan wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam apa terlebih menikmati wisata bahari di Sulawesi Utara, Taman Laut Bunaken yang terletak di Pulau Bunaken Kota Manado merupakan tempat yang paling banyak direkomendasikan. Memang harus diakui, saat ini nama besar Bunaken telah menjadi ikon pariwisata di Sulawesi Utara. Namun, apakah anda sudah tahu kalau ternyata di Sulawesi Utara ada sebuah destinasi wisata bahari yang tidak kalah indah dengan Bunaken?

Mendengar kata Tumbak, mungkin masih asing bagi anda yang berasal dari luar Sulawesi Utara. Jangankan yang dari luar Sulawesi Utara, masyarakat Sulawesi Utara sendiri masih kurang begitu kenal dengan desa yang menyimpan potensi wisata tersembunyi yang belum banyak diketahui.

Tumbak merupakan nama sebuah desa yang terletak di Kecamatan Posumaen Kabupaten Minahasa Tenggara. Untuk mencapai desa Tumbak, dari Kota Manado dibutuhkan perjalanan sekitar 3 jam sedangkan dari Kota Amurang perjalanan dapat ditempuh dengan jarak sekitar 2 jam (apabila anda naik kendaraan pribadi).

Desa ini dikaruniai keindahan alam yang sangat menakjubkan. Keindahan bawah laut di Tumbak tidak kalah mengagumkan dengan keindahan taman laut Bunaken yang sudah terkenal seantero dunia. Namun keindahan alam diatas laut berupa pulau-pulau kecil berpasir putih menjadi nilai lebih yang tidak dimiliki oleh Bunaken. Untuk lebih menikmati keindahan alam di Tumbak ada baiknya anda berada di desa ini minimal 2 hari.

Anda akan disuguhi wisata yang lain jika berkunjung ke tempat ini. Untuk lebih menikmati keindahan pantai di Tumbak, disarankan anda menginap di cottage yang berada di tengah laut yang berdekatan dengan hutan mangrove seluas setengah hektar. Jarak antara perkampungan dengan cottage yang berdiri kokoh ditengah laut tidaklah membutuhkan waktu yang lama. Untuk mencapai satu-satunya cottage yang ada di Tumbak, anda hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 10 menit  menggunakan perahu.

Mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang begitu indah saat menempuh perjalanan singkat dari desa Tumbak menuju Tumbak Cottage seperti pulau kecil yang berpasir putih yang oleh masyarakat lokal disebut Pulau Ponteng, pulau baling-baling yang begitu indah, pulau Tumbak dan beberapa kali anda bisa melihat dengan mata telanjang pemandangan bawah laut yang indah begitu indah dari atas perahu.

Dari cottage sendiri anda akan disuguhi pemandangan yang tidak kalah indah yakni pulau tumbak dan indahnya pantai diseberang dengan hamparan pasir putih. Saat sore hari, anda juga dapat melihat indahnya sang matahari memasuki peraduan (sunset). Dari Tumbak Cottage anda sudah bisa langsung snorkling karena tak jauh dari cottage sudah terdapat spot-spot diving dan snorkling.

Di Tumbak sendiri saat ini ada sekitar 20 titik snorkling dan diving. Beberapa diantaranya yaitu napo kipas, bohaga mangrove, bohaga kecil, MFT 1, MFT2, taman karang dan pintu samudra.

Surga Bawah Laut di Tumbak

Saat melihat keindahan bawah laut dengan snorkling maupun diving mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang begitu indah dengan ratusan spesies ikan dengan beragam jenis seperti common lionfish, banggai, nudibranch, cardinalfish, clownfish, napoleon, angelfish, surgeonfish, unicornfish, morish idol, damselfish, groupers, parrotfishes, zebra lionfish, lizardfishes dan masih banyak lagi. Selain itu anda juga bisa melihat beragam bintang laut yang begitu indah dengan berbagai macam warnanya.

Selain bisa melihat beragaram jenis ikan, mata anda juga akan dimanjakan dengan hamparan karang yang begitu luas baik hardcoral maupun softcoral seluas kurang lebih 100 hektar dengan berbagai bentuk coral yang cantik dan berwarna warni (brain coral salah satunya). Tidak hanya sampai disitu, jika anda sudah mahir diving/snorkling anda dapat melihat hutan kipas laut yang beragam jenis seluas 300 meter pada kedalaman 3-6 meter.

Di beberapa titik snorkling anda bisa melihat pulau-pulau kecil yang berdiri dengan indahnya yang dikelilingi pasir putih seperti pulau ponteng, pulau baling-baling, pulau kukusan, pulau belakang kuda (karena bentuk pulau menyerupai bagian belakang kuda), pulau putih dan pulau pakolor. Bagi anda yang tidak mahir snorkling/diving, jangan takut karena anda akan dipandu oleh orang yang berkompeten sehingga keselamatan anda akan terjamin, tentunya selama anda mengikuti instruksi yang mereka berikan. Salah satu pemandu wisata yang bisa menjadi pemandu anda selama berada di Tumbak sekaligus menemani anda yang belum mahir snorkling adalah tim www.manadofuntrip.com

Selain snorkling dan diving, anda juga bisa menikmati keindahan Tumbak dengan mengelilingi hutan mangrove menggunakan sampan, treking pulau-pulau cantik yang berpasir putih seperti tumbak/bentenan, pulau baling-baling dan pulau ponteng, atau pun hanya untuk sekedar memancing.

Coral di Bawah Laut Tumbak
Coral di yang terdapat di bawah laut tumbak (foto by Leonard Seran | manadofuntrip.com)

Rasakan juga sensasi berwisata yang berbeda di Tumbak dengan melakukan snorkling pada saat malam hari dan setelah itu anda bisa melanjutkan dengan kegiatan bakar ikan di pantai yang berpasir putih. Masih kurang percaya dengan keindahan alam di Tumbak Minahasa Tenggara? Silahkan lihat foto dan video keindahan alam Tumbak Minahasa Tenggara

Foto dan Video Keindahan Alam di Tumbak Minahasa Tenggara

Video-video diatas diambil oleh Yoan, yang menjaga dan melestarikan berbagai biota laut di Tumbak. 

Tumbak Under Water Cottage
Tumbak Water Cottage

Sunrise di Tumbak Minahasa Tenggara

Sunrise di Tumbak. Foto diambil dari atas pulau ponteng
Pulau Tumbak Minahasa Tenggara
Pulau Tumbak
Pulau Ponteng di Tumbak Minahasa Tenggara
Pulau Ponteng

Tumbak kini menjadi destinasi wisata baru di Sulawesi Utara. Jadi kalau bicara mengenai tempat wisata terbaik di Sulawesi Utara, Tumbak salah satunya.

banner-natal-pemprov1024

Tentang eser zone

Hanyalah seorang yang ingin berbagi cerita dan berbagi berita lewat sebuah catatan ringan. I'm not the best, but i will do the best. Anda juga bisa menemukan saya di facebookGoogle+ dan twitter

Lihat juga

Pulutan, Sentra Pengrajin Gerabah di Minahasa

Pulutan, Sentra Pengrajin Gerabah di Minahasa. Selain memiliki beragam destinasi wisata yang menarik, Kabupaten Minahasa juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: