Home » Tips & Trik » Tips Mengatasi Kepikunan
Rental Mobil Murah di Manado

Tips Mengatasi Kepikunan

Adoch…  Sorry so lupa qt. Itu kalimat yang sering muncul dari mulut saya belakangan ini, dan mungkin Anda juga memiliki pengalaman yang sama dengan saya. Kepikunan (sering lupa) merupakan suatu hal yang lumrah bagi mereka yang sudah berusia lanjut, tapi bagaimana dengan torang yang masih muda-muda kong so sering ba lupa.

Berikut  tips mengatasi kepikunan: 

Yang pertama adalah, dengan cara mengingat dengan metode menghubung-hubungkan serta metode NLP  (neuro linguistic programming). Akan lebih mudah bagi kita untuk mengingat sesuatu, jika kita mengait-ngaitkan suatu memori dengan suatu benda, suasana atau keadaan. Semisal sebuah gambar, foto, suara, bau parfum, sentuhan, atau rasa makanan merupakan cara mudah untuk membantu kita mengingat sesuatu.  Ketika Anda mendengarkan satu lagu tertentu dari sebuah stasiun radio, saya yakin hal itu akan membuat Anda terpikir atau teringat akan seseorang. Ketika Anda  mencium bau parfum tertentu, saya yakin hal itu juga akan membuat Anda teringat seseorang. Demikianlah cara otak kita bekerja, otak kita menghubungkan antara situasa/suasana/perasaan dengan informasi.

NLP atau Neuro-Linguistic Programming adalah salah satu bentuk hipnosis yang bisa digunakan untuk menjadi ‘jangkar’ bagi ide/emosi/informasi untuk menjadi sebuah tindakan atau sesuatu hal. Kata ‘jangkar’ di sini menggambarkan tentang bagaimana ide/emosi/informasi tadi bisa permanen, terukir pada memori kita.  (Seperti halnya jangkar pada sebuah kapal, fungsinya untuk membuat kapal itu bisa bertahan di satu area dan tidak hanyut terbawa arus). Ketika banyak ‘jangkar’ yang tercipta secara alamiah, (seperti contoh lagu yang kita dengar di radio dan bau parfum seperti yang sudah disebutkan di atas), dengan pemahaman baik tentang NPL, Anda bisa dengan sadar membuat jangkar terhadap apapun juga sesuai keinginan Anda.

Tips kedua adalah The Strings Method atau metode ‘benang imajiner.’ Saya belajar tentang metode ini dari seorang teman beberapa tahun yang lalu. Hal ini sangat mudah dipelajari dan itu benar-benar dapat membantu Anda mengingat sesuatu dengan sangat cepat dan untuk waktu yang sangat lama. Saya sebutkan sebelumnya bahwa kita mengingat sesuatu dengan mudah jika kita kaitkan mereka dengan sesuatu. Ini akan membuat Anda memahami mengapa metode berikut sangat efektif.

Mari kita mengambil contoh bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya sambil minum kopi. Anda tidak tahu apa-apa tentang orang tersebut, tetapi Anda ingin mengenal orang itu dan ingin melakukan percakapan menyenangkan. Saya tidak tahu dengan Anda, tapi saya sering, saya bahkan tidak ingat nama seseorang ketika pertama berkenalan dan pertama kali saya mendengar namanya.

Berikut adalah cara untuk memastikan Anda ingat banyak tentang seseorang atau sesuatu dari saat mereka mulai memberikan informasi:

  • Meletakkan ‘benang imajiner: Sementara orang lain berbicara kepada Anda, Anda akan mulai menempelkan ‘benang imajiner’ pada objek yang berbeda untuk potongan informasi yang berbeda. Di mana Anda memilih untuk meletakkan benang imajinaer Anda terserah pada Anda sendiri, tapi kalau saya biasanya ingin menatap mereka di depan mata, dan pada bagian atas bahu lawan bicara saya tersebut.
  • Meletakkan objek yang relevan: Untuk setiap benang, Anda akan meletakkan sebuah objek imajiner yang berhubungan dengan informasi yang ingin Anda ingat tentang seseorang atau sesuatu. Semisal orang itu menyebutkan bahwa dia suka sekali bepergian ke luar daerah – maka ikatkanlah atau letakkan sebuah pesawat imajiner ke benang imajiner kita, mulai dari bahu mereka. Atau orang itu mengatakan kalau dia seorang pemain gitar yang baik, maka letakkan lagi benang imajiner gitar ke bahunya.
  • Letakkan benang imajiner yang baru untuk setiap memori: Ketika Anda mempelajari lebih banyak tentang orang lain dan memiliki lebih banyak hal/informasi yang ingin Anda ingat tentang mereka, maka Anda terus menambahkan benang imajiner ke bahu mereka dengan benda-benda (imajiner) yang berkaitan dengan informasi yang ingin Anda ingat.
  • Ingat akan objek-objek imajiner yang kita buat: Sejak Anda meletakkan objek-objek imajiner pada bahu seseorang, itu akan lebih memudahkan Anda untuk mengingat mereka. Coba pikir, akan lebih mudah mengingat ‘pesawat, gitar, sushi, bmw, laptop, menara Eiffel’ ketimbang merekam semua apa yang pernah mereka tuturkan.
‘Dia bekerja di sebuah dealer BMW selama 5 tahun. Dia bepergian (dengan pesawat)ke luar negeri dua kali setahun dan tempat favoritnya untuk pergi adalah Menara Eiffel. Dia telah menaikinya hampir 20 kali bersama istrinya. Dia biasanya pergi untuk pertemuan bisnis dengan para pengusaha (orang bisnis lazim-nya menggunakan laptop) dan selalu diakhiri dengan makan sushi, dia tidak keberatan dengan itu, tapi dia tidak terlalu menyukainya. Ketika dia masih muda dia bermain gitar di sebuah band dan pernah tampil pada sebuah konser kecil beberapa kali. ‘

Mengingat, seperti mengelola data di komputer. Jika Anda bisa menguasai data-data Anda di komputer, metode ‘benang imajiner’ hampir seperti cara Anda mengatur/mengorganisir data Anda dalam folder. Daripada memiliki satu folder di mana semua informasi tersebut disatukan, bercampur dan sulit untuk menemukannya, maka tentu Anda membuat folder-folder untuk setiap jenis informasi/data. Yang harus Anda lakukan adalah mengingat folder. Setelah Anda mengakses folder tertentu otak Anda akan ingat apa yang ada di folder itu. Dengan cara ini, Anda bisa mengingat lebih banyak dan mengingatnya banyak lebih cepat dari yang Anda dapat dengan cara menghafal dalam format gaya daftar atau kalimat.

Kesimpulan: Dua teknik sudah  saya bagikan untuk memperbai cara kita mengelola memori kita sehingga kita bisa dengan mudah mengingat sesuatu. Yang pertama adalah Neuro Linguistic Programming (NLP) dan metode ‘benang imajiner’ atau metode String‘.

  • NLP menggunakan proses ‘menjangkar’ informasi atau memori untuk tindakan tertentu / gambar / bau / suara dll ‘jangkar’ NLP dapat bertahan selama bertahun-tahun dan juga bisa sampai seumur hidup. Dan metode ini membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempelajarinya.
  • Metode ‘string‘ memungkinkan setiap orang untuk mengingat banyak hal yang berbeda dengan sangat cepat, dengan cara meletakkan benang imajiner dengan benda-benda yang berhubungan dengan orang tersebut atau hal-hal yang Anda rasa cocok untuk menjadi pengingat terhadap orang tersebut. Setelah membaca artikel ini harusnya anda sudah bisa menerapkan metode ‘string’ ini.

Anda dapat menerapkan metode string untuk apa pun yang Anda inginkan. Jika Anda ingin menggunakannya untuk mengikuti ujian sekolah, di kampus atau ada wawancara, maka Anda tinggal memasang benang imajiner ke ujung pensil Anda atau jam tangan Anda atau apapun yang ada di depan mata Anda pada saat itu.

Cobalah terapkan metode di atas dan perhatikan apa yang akan berubah.

*Sumber: upgradereality.com

*Gambar pendukung: upgradereality.com

banner-natal-pemprov1024

Tentang Garadus Franklin

Menjadi Narablog atau Blogger sejak 2004 memberikan ruang untuk saya berkarya melalui tulisan di media internet. Saya Tidak jago menulis, tapi saya terus belajar untuk menjadi seorang penulis yang lebih baik lagi.

Lihat juga

Tips Belanja Online Secara Aman

7 Tips Belanja Online Secara Aman

Tips belanja online secara aman yang perlu anda ketahui sehingga anda bisa lebih aman saat berbelanja secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: