Home » Tips & Trik » Tips Bagaimana Menjadi Pintar
Rental Mobil Murah di Manado

Tips Bagaimana Menjadi Pintar

Tips Bagaimana menjadi pintar – Kebanyakan orang berpikir bahwa kecerdasan adalah faktor keturunan, jikalau ayah ibu atau paman bibi, atau mungkin oma opanya pintar, maka anak-anaknya atau keturunannya akan pintar pula. Sebaliknya jika tidak ada satupun orang yang pintar dalam silsilah keluarga, maka keturunan mereka tidak akan ada orang pintar (bukan dukun).  Pemahaman seperti itu sangatlah keliru. Seperti halnya berenang, memasak, bawa mobil,  bermain bola kaki, dan berbagai hal lainnya, menjadi pintar adalah keterampilan yang perlu diasah dan dilatih. Berikut 3 jalan atau 3 cara untuk mulai mengasah kepintaran menurut Maya Ackerman PhD, seorang penulis buku pengembangan diri :

Tiga Tips Menjadi Pintar

1. Latihlah diri Berpikir Kritis.

Kita semua akrab dengan pemikiran kritis, tindakan mempertanyakan asumsi argumen yang diletakkan di depan kita. Berpikir kritis merupakan keterampilan yang sangat berharga – tanpa itu, kita semua menjadi mudah ditipu dan mudah dimanipulasi. Masalahnya adalah, biasanya kita hanya menerapkan pemikiran kritis terhadap ide-ide orang lain. Ketika kita menerapkan pemikiran kritis terhadap ide-ide kita sendiri, kekuatannya mencapai tingkat yang baru. Saya menyebutnya self-critical thinking atau berpikir kritis bagi diri sendiri. Setelah Anda menemukan adanya cacat atau kekurangan pada argumen Anda, lihat apakah kemudian Anda bisa memunculkan ide baru yang lebih baik lagi. Jika Anda terus melatih diri dan terus berpikir kritis, maka Anda akan menemukan kekurangan dalam argumen Anda sebelum orang lain. Dengan melatih diri berpikir kritis, Anda akan menemukan bahwa kecerdasan Anda ternyata lebih dari apa yang anda bayangkan.

2. Jadilah seorang yang gigih.

Cerdas, orang sukses tidak akan atau tidak kenal dengan kata ‘menyerah.’ Mereka percaya bahwa mereka bisa melakukannya, sehingga mereka terus mencoba sampai akhirnya mereka berhasil. Kata “Gigih” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia: tetap teguh pada pendirian atau pikiran; keras hati; mengotot. Anda mungkin tahu bahwa Thomas Edison gagal ribuan kali sebelum ia berhasil. Apa yang Anda mungkin tidak tahu adalah bahwa hampir semua pengalaman kegagalan dari para ilmuwan adalah kegagalan ‘secara teratur.’ Mereka menghabiskan hari, bulan, dan bahkan sampai bertahun-tahun, untuk terus mencoba mencari jawaban, sampai akhirnya sesuatu hasil bisa didapat. Jadi jika Anda ingin menjadi pintar, jadilah orang yang memiliki mental gigih, mental pejuang yang tidak kenal kata menyerah.

3. Belajar untuk berani mengutarakan pemikiran Anda.

Dua orang dapat memiliki ide yang sama, serta pandangan pemikiran yang sama, namun hanya satu dari mereka yang mungkin dianggap cerdas. Kita sering lupa kalau setiap orang punya kesibukan dengan kehidupan mereka masing-masing, mereka tidak punya waktu untuk memikirkan dan menganalisa semua yang Anda katakan. Jika Anda tidak ‘menjual’ ide-ide Anda, maka hampir tidak ada orang yang akan mengenali prestasi Anda. Jadi, jika Anda ingin orang lain tahu bahwa Anda cerdas, belajarlah bagaimana Anda bisa menyajikan ide-ide Anda.

Tips Bagaimana Menjadi Pintar Tips Bagaimana Menjadi PintarBerbicaralah dengan jelas, mengartikulasikan kata-kata Anda dengan jelas, dan yang paling penting, biarkan antusiasme anda tentang ide-ide anda bersinar. Antusiasme sangat menular. Beberapa ilmuwan paling cemerlang menghabiskan setengah waktu mereka untuk presentasi. Jika mereka merasanya begitu bermanfaat, seharusnya Anda juga demikian. Akhirnya, belajar untuk ‘menjual’ ide-ide Anda tidak hanya baik untuk reputasi Anda, tetapi juga dapat membantu orang lain. Jika Anda memiliki sesuatu untuk dikatakan, katakanlah dengan baik, sehingga orang lain mendapat manfaat dari pesan Anda.

Jadi, untuk menjadi pintar, kita juga harus percaya pada diri sendiri. Kita semua banyak memiliki kesamaan dari yang muncul di permukaan. Mereka yang muncul lebih pintar dari kita hanya memiliki alat yang tepat dan alat-alat ini digunakan untuk latihan pikiran mereka. Kecerdasan yang luar biasa ada dalam jangkauan Anda. Kita sebenarnya lebih pintar dari yang kita pikirkan. Photo Credit: gasmaradulu.wordpress.com

About Garadus Franklin

Menjadi Narablog atau Blogger sejak 2004 memberikan ruang untuk saya berkarya melalui tulisan di media internet. Saya Tidak jago menulis, tapi saya terus belajar untuk menjadi seorang penulis yang lebih baik lagi.

One comment

  1. maria kosakoy

    saya sdh menciptakan lagu – lagu pujian dan penyembahan untuk kemuliaan elohim Y’shua Hamashiakh (Yeshua Hamashiakh atau Yesus Kristus). bagi yg berminat untuk mempopulerkannya, silahkan hubungi saya di no 085343538196. saya tunggu….!GOD BLESS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar:

Jasa Pembuatan Web Berkualitas di Manado
Seputar Sulut di Facebookschliessen
oeffnen