Home » News » Politik & Pemerintahan » Tindaklanjuti Aspirasi K-SBSI terkait RUU Cipta Lapangan Kerja (Omnisbus), Komisi IV DPRD Sulut Lakukan Pertemuan Dengan Komisi IX DPR RI
Rental Mobil Murah di Manado

Tindaklanjuti Aspirasi K-SBSI terkait RUU Cipta Lapangan Kerja (Omnisbus), Komisi IV DPRD Sulut Lakukan Pertemuan Dengan Komisi IX DPR RI

SULUT – Guna menindak lanjuti aspirasi dari K-SBSI terkait RUU Cipta Lapangan Kerja (Omnisbus) yang disuarakan di gedung wakil rakyat baru-baru ini, Komisi IV DPRD Sulut melakukan pertemuan dengan Komisi IX DPR RI, Jumat (17/1/2020) di Kantor DPR RI, Senayan Jakarta.

Pertemuan ini Dipimpin ketua komisi 4 Braien Waworuntu didampingi Wakil Ketua DPRD Sulut Billy Lombok, wakil ketua komisi 4 Careig Runtu Sekretaris komisi Fransiskus Silangen, I Nyoman Sarwa serta personil komis 2 Razky Mokodompit yang diterima oleh komisi 9 DPR RI yang diwakili tim ahli Denny Fitriadi SH, MH, Arianti SH, MH, dan dr. Abdul Wahab Samad.

Pada kesempatan tersebut Komisi 4 menyampaikan aspirasi para buruh Sulawesi Utara terkait aspirasi dari K-SBSI yang menjadi kewenangan dari Komisi 9.

Dari hasil pertemuan tersebut tim ahli komisi 9 DPR RI menjelaskan soal RUU Omnisbus dimana secara logika yang akan membahas RUU tersebut adalah komisi 9 akan tetapi sampai saat ini draf resmi dari pemerintah belum ada di komisi 9.

” Terkait RUU Omnisbus Law yang berisi 11 klaster salah satunya terkait dengan komisi 9 adalah ketenagakerjaan.” jelas ketiga tim ahli tersebut.

Ditambahkan, terkait dengan kewenan komisi 9 menyangkut ketenagakerjaan pada prinsipnya akan menjadi agenda komisi apakah akan disampaikan mealui pansus atau panja.

” Intinya apabila suratnya sudah disampaikan oleh pemerintah akan dibahas oleh Banmus untuk dilanjutkan apakah ke komisi 9 atau dibahas oleh pansus. Oleh karena itu komisi 9 masih menunggu draf resmi dari pemerintah karena ini inisiasi dari pemerintah yang pada akhirnya komisi 9 akan membentuk tim untuk menyusun kira-kira sejauh mana yang akan dilakukan.” ujar ketiga tim ahli ini.

Dengan demikian diharapkan dari serikat pekerja dapat memberikan masukan untuk dibahas oleh komisi 9 termasuk masukan yang sudah disampaiazn oleh K-SBSI Sulut ke DPRD Provinsi Sulut.

Sementara itu ketua komis 4 DPRD Sulut Braien Waworuntu mengungkapkan intinya Komisi 9 sudah menerima draf dari serikat pekerja akan tetapi komisi belum memastikan apakah draf ini resmi dari pihak pemerintah. Namun demikian draf dari serikat pekerja ini akan dikawal langsung oleh komisi 9 serta akan mencari informasi terkait Omnibus law ini. Karena hal terebut menurut Waworuntu juga terkait dengan draf RUU inisiatif dari komisi 9.

” Untuk membahas Omnisbus Law ini komisi 9 sudah sepakat dan kesimpulannya akan membuat tim kecil yang melibatkan buruh untuk membahas dan akan berkonsultasi dengan Baleg.” jelas Politisi NasDem ini.

Disisi lain anggota komisi 4 Melky Pangemanan menegaskan kembali apa yang menjadi tuntutan melalui aspirasi KSBSI dan perwakilan buruh Sulawesi Utara telah serahkan kepada Komisi 9 DPR RI.

” Ini merupakan bentuk komitmen kami Komisi 4 DPRD Sulut dalam merespon serta mengawal setiap aspirasi masyarakat. ” tandas politisi PSI ini.

Diketahui sejumlah tuntutan yang dilayangkan KSBSI dan perwakilan buruh kepada wakil rakyat Sulut saat menggelar demo baru-baru ini menyampaikan sejumlah poin penting untuk diperjuangkan kepada pemerintah pusat.

Berikut tuntutan KSBSI dan Perwakilan buruh yang disampaikan kepada DPRD Sulut :

Keluarkan Kluster Ketenagakerjaan dari RUU Cipta Lapangan Kerja (Omnibus Law).

Segera bentuk tim khusus Kluster Ketenagakerjaan

Tolak pengurangan jumlah pesangon

Segera naikkan prosentase iuran pensiunan BPJS Ketenagakerjaan sebesar 20%

Tolak kenaikan BPJS Kesehatan

Tolak upah murah

Tolak Outsourcing

Tolak pengusaha yang melakukan Union Busting

Tolak pemutusan hubungan kerja sepihak

Menindak tegas pengusaha yang tidak menerapkan hak-hak normatif dari buruh.

Menghilangkan pungutan liar kepada investor yang menyebabkan upah murah

Hilangkan birokrasi yang berbelit belit yang menghambat investasi

Tindak dan deportase tenaga kerja asing ilegal

(Ardybilly)

Promo Daihatsu Manado 2018

Tentang ardy

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Rencana Dibukanya Rumah Ibadah Dan Pusat Belanja di Manado, Kristo: Utamanya, Patuhi Protokol Covid-19

SULUT – Terkait rencana dibukanya rumah-rumah ibadah maupun aktivitas pusat perbelanjaan ritel di Manado, mendapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: