Home » News » Feature » Tim Unsrat Bantu Petani Peternak Pinabetengan
Rental Mobil Murah di Manado

Tim Unsrat Bantu Petani Peternak Pinabetengan

MINAHASA – Kembali Universitas Sam Ratulangi melalui tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) membantu petani jagung dan peternak sapi di desa Pinabetengan Kecamatan Tompaso Minahasa.

Adapun tim dari Universitas Sam Ratulangi adalah Dr. Dra. Jeane C. Loing, MS  dan Dr. Ir. Jolanda K.J. Kalangi, MS.

Desa Pinabetengan merupakan salah satu desa di Kecamatan Tompaso terdapat kelompok tani ternak sapi-jagung, program utama kelompok adalah pengembangan ternak sapi dan tanaman jagung.

Anggota memiliki ternak sapi sebanyak 2-4 ekor. Jenis ternak sapi yang dipelihara adalah sapi PO yang digembalakan di lahan-lahan pertanian. Permasalahannya anggota kelompok belum mempunyai pemahaman dan pengetahuan pengembangan ternak sapi secara terpadu dengan sistem integrasi antara usaha ternak sapi dan jagung.

p

Pengetahuan kelompok tentang hijauan pakan ternak yang berkualitas masih rendah. Kotoran ternak belum dimanfaatkan sebagai pupuk kompos.

Berdasarkan permasalahan tersebut maka telah dilakukan pemberdayaan anggota kelompok dengan kegiatan introduksi kandang sapi, penanaman hijauan, pengawetan limbah jagung dan pembuatan pupuk organik. Kegiatan ini telah direspon baik oleh anggota kelompok yang diketuai oleh Bapak Alvi Mewengkang.

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Pnt. GSV Lumentut, “Tubuh Kita Adalah Media Terbaik Pembawa Pesan Firman”

MANADO – Jadi Khadim Ibadah HUT ke-119 GMIM Eben Haezer Ranomerut, Penatua Vicky Lumentut : Gunakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: