Home » News » Politik & Pemerintahan » TePI Sulut Gelar Ngopi Pemilu
Rental Mobil Murah di Manado

TePI Sulut Gelar Ngopi Pemilu

MANADO – Bertempat di sebuah cafe samping kampus Unsrat Manado, Komite Pemilih Indonesia (TePI) Sulawesi Utara mengelar kegiatan Ngobrol Pemilu (Ngopi).

Hizkia Sembel Korprov TePI Sulut bertindak sebagai moderator, menurut mantan ketua GMKI Manado yang berprofesi dokter gigi ini diskusi ini merupakan proses sosialisasi dan literasi kepada masyarakat untuk peduli kepada Pemilu, khususnya mewujudkan caleg yang berkualitas.

Ngopi yang digelar pada Minggu sore, 19 Agustus 2018 ini mengambil tema “Kenali, pahami, ketahui latar belakang Daftar Calon Sementara (DCS) Pemilu 2019”.

Menjadi Narasumber adalah KPU Sulut Meydi Tinangon, Heard Runtuwene (Bawaslu Manado), Johnny Suak Kesbang Sulut dan Jeirry Sumampow kordinator nasional TePI.

Meydi meningatkan bahwa tanggapan masyarakat dibutuhkan sampai 21 Agustus, sehingga DCS bisa dikoreksi. Karena menurut mantan ketua KPU Minahasa sampai saat ini belum ada tanggapan masyarakat terhadap DCS yang diumumkan.

Bawaslu Manado menurut Heard menjadi lembaga penyelenggara yang memiliki kewenangan untuk memeriksa DCS. Jadi menurut mantan ketua Panwaslu Manado Pileg 2014 partisipasi masyarakat sangatlah penting.

Lain halnya menurut Johnny Suak, sebagai pemerintah sangat mengharapkan DPRD yang terpilih nanti benar-benar berkualitas. Karena menurut dosen Fekon Unsrat, hak legislasi dan budgeting harus diimbangi kemampuan mumpuni seperti kapasitas, kapabilitas dan integritas dari para caleg saat ini.

Kornas TePI Jeirry Sumampow mengharapkan pencermatan DCS sangat penting diseriusi agar tidak terjadi ‘politisi busuk’ yang terjaring menjadi caleg dalam DCT.

Shahrul dari KPU Manado mengungkapkan apresiasi atas diskusi postif yang dilaksanakan ini, menurut mantan pemantau pemilu JPPR ini kegiatan ini sangat membantu bagi peningkatan kualitas pemilu.

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Sekot Manado Lantik Pejabat Baru Kabinet Cerdas

  MANADO  –   Serahkan Empat SK Pergeseran Jabatan,  Sekda Micler : Rolling Jabatan Bentuk Pengisian dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: