Home » Tempat Wisata » Tempat Wisata di Tomohon Yang Wajib Anda Kunjungi
Rental Mobil Murah di Manado

Tempat Wisata di Tomohon Yang Wajib Anda Kunjungi

10 Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Utara10 tempat wisata di Tomohon yang wajib anda kunjungi. Selain Manado, Tomohon merupakan salah satu daerah tujuan wisata di provinsi Sulawesi Utara. Apabila Manado menawarkan wisata bahari, maka Tomohon menawarkan wisata pegunungan bagi para wisatawan. Meskipun tergolong kota kecil dan hanya memiliki luas 147, 21 km2  akan tetapi Tomohon menawarkan beragam destinasi wisata kepada mereka yang datang berkunjung ke kota yang dikenal dengan festival bunga .

10 tempat wisata di Tomohon yang wajib anda kunjungi antara lain:

  1. Pasar Beriman Tomohon. Pasar yang lebih dikenal dengan sebutan pasar Tomohon sebenarnya tak ada bedanya dengan pasar-pasar lain yang ada di Sulawesi Utara. Yang membedakan pasar Tomohon dengan pasar-pasar tradisional lainnya adalah hewan-hewan yang diperdagangkan. Anjing, Babi, Tikus Hutan, Ular, Babi Hutan, hingga binatang yang dilindungi seperti orang utan, sering menjadi dagangan para penjual di pasar Tomohon. Tak heran, dagangan-dagangan tak lazim yang terpajang di pasar Tomohon mendapat perhatian dari para wisatawan baik dalam dan luar negeri yang datang berkunjung ke Tomohon (terlepas dari pro kontra yang timbul). Apabila anda ingin melihat berbagai binatang-binatang yang dijual di pasar  yang berdekatan dengan terminal Tomohon, ada baiknya anda mengunjungi pasar Tomohon saat pagi hari.
  2. Bukit Doa Tomohon. Tak bisa dipungkiri lagi, tempat wisata yang terletak di Jalan Lingkar Timur Kelurahan Kakaskasen 2 Tomohon Utara, menyajikan pemandangan yang begitu menawan. Hijaunya alam, indahnya pemandangan yang tersaji, ditambah sejuknya udara yang ada ditempat yang sering disebut dengan Kelong Garden, menjadi nilai tambah dari lokasi yang sering dijadikan tempat pemotretan prewedding. Bahkan tak jarang ditempat ini sering diselenggarakan pemberkatan nikah (tersedia chapel wedding) hingga jamuan pernikahan dengan konsep outdoor wedding. Tidak hanya itu, Bukit Doa Tomohon juga sering menjadi lokasi pelaksanaan family gathering oleh perusahaan besar. Bagi yang beragama Kristen, anda bisa berwisata religi dengan menyusuri jalan salib sambil melihat berbagai patung Tuhan Yesus dengan berbagai posisi yang akan membuat anda mengingat perjuanganNya untuk menebus dosa umat manusia. Disaat paskah, biasanya jalan salib mahawu menjadi lokasi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan maupun mereka yang hendak beribadah sambil menyusuri lokasi mulai dari perhentian pertama hingga perhentian yang ke empat belas di makam Yesus yang kosong. Dengan segala kelebihannya, tak mengherankan jika Bukit Doa termasuk sebagai salah satu tempat wisata di Tomohon yang wajib anda kunjungi.
  3. Danau Linow. Danau yang bisa berubah menjadi 3 warna akibat kadar belerang yang terkandung dibawah danau, menjadi daya tarik wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Danau Linow yang merupakan salah satu tempat wisata di Tomohon yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, terletak di Kelurahan Lahendong Kecamatan Tomohon Selatan. Anda bisa mengunjungi Danau Linow dengan berkendara sekitar 15 menit. Ada baiknya jika berkunjung ke tempat ini, anda membawa kendaraan sendiri entah itu roda dua ataupun roda empat. Hal ini dikarenakan kendaraan umum tidak akan melintasi danau linow (hanya melintasi Kelurahan Lahendong). Bila anda sedang mencari tempat penyewaan mobil di Manado, silahkan menghubungi rentalmobilagape.com
  4. Gunung Mahawu. Tempat wisata di Tomohon yang juga dapat anda kunjungi adalah Gunung Mahawu. Meskipun termasuk gunung dengan kategori gunung berapi dan berdekatan dengan Gunung Lokon, akan tetapi Gunung Mahawu masih tergolong aman untuk dikunjungi, apa terlebih gunung ini menyajikan pemandangan alam yang begitu indah. Akses jalan menuju gunung yang hanya memiliki tinggi 1.311 meter telah dibuat oleh pemerintah Kota Tomohon sehingga memudahkan para wisatawan yang hendak berkunjung ke tempat ini. Wisata  trekking dan spot trekking yang melingkar puncak kawah, dengan shelter untuk view dan foto yang cukup menantang ditambah hawa sejuk pegunungan dan pemandangan yang indah semakin menambah daya pikat Gunung Mahawu.
  5. Pagoda Ekayana. Tempat wisata di Tomohon yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pagoda Vihara Ekayana yang dibangun dengan arsitektur khas bangsa Cina dan berdiri dengan begitu megah di Kelurahan Kaskasken Dua.  Pagoda berlantai 9 ini, telah menjadi salah satu icon pariwisata Kota Tomohon. Selain sebagai tempat beribadah bagi Umat Budha, Vihara Ekayana menunjukkan keselarasan antara alam dan lingkungan dengan begitu baik.
  6. Air Terjun Tumimperas Pinaras. Air terjun yang terletak di Kelurahan Pinaras Kecamatan Tomohon Selatan dapat dikatakan termasuk salah satu air terjun yang cukup unik dan menarik dibanding dengan air terjun lainnya di Sulawesi Utara. Hal ini dikarenakan para pengunjung bisa berdiri dan melewati titik dimana air terjun ini jatuh. Untuk menuju ke air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 70 meter tidaklah sulit, dikarenakan air terjun ini hanya berada di ujung desa Pinaras. Apalagi sarana dan prasarana disekitar lokasi air terjun telah dibangun oleh pemerintah Kota Tomohon. Suasana alami dengan pepohonan yang begitu rindang disekeliling air terjun, semakin menambah nilai tambah potensi wisata air terjun yang jarang ditemui di daerah lain. Tak heran para pengunjung baik masyarakat lokal, wisatawan dalam dan luar negeri merasa sangat betah dan nyaman ketika berada di Air Terjun Tumimperas.
  7. Hutan Wisata Lahendong. Setelah mengunjungi Danau Linow, anda bisa meneruskan perjalanan ke hutan wisata Lahendong yang ditumbuhi oleh pohon pinus. Ditempat ini juga terdapat sumber pemandian air panas alami. Apabila anda ingin mengusir kepenatan, cobalah berkunjung ke tempat ini.
  8. Ekowisata di RurukanRurukan sendiri merupakan sebuah nama desa dengan penduduk yang mayoritas berprofesi sebagai petani.  Letaknya yang berada disebelah timur Kota Tomohon dengan kontur berbukit, dianugerahi tanah yang sangat subur menjadikan desa Rurukan sebagai salah satu tempat wisata di Tomohon yang menarik untuk dikunjungi. Dari pasar Tomohon, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menuju ke desa ini. Bermacam sayur-sayuran yang ditanam warga di kaki bukit dan lembah menyuguhkan pemandangan yang begitu indah. Apabila anda berkunjung ke desa Rurukan, jangan lupa untuk mampir sejenak ke Bukit Temboan sambil menikmati pemandangan danau Tondano, perkebunan dikaki bukit dan gunung Klabat yang menjulang tinggi.
  9. Gereja Sion. Tempat wisata di Tomohon yang sayang untuk tidak dikunjungi adalah Gereja Sion. Gereja ini dibangun dengan arsitektur bergaya Eropa dan merupakan karya arsitektur dari negeri Belanda. Bangunan tua peninggalan zaman penjajahan Belanda ini, berdiri dengan kokoh di pusat Kota Tomohon tepatnya di belakang rumah sakit Bethesda Tomohon. Meskipun tergolong bangunan tua, namun sampai sekarang Gereja Sion masih di gunakan oleh jemaat sekitar untuk beribadah.
  10. Perkampungan Bunga. Bagi anda yang gemar memilihara bunga, jangan lupa untuk berkunjung ke perkampungan bunga yang terletak di Kelurahan Kakaskasen Kecamatan Tomohon Utara. Ditempat ini anda dapat menikmati beragam tanaman hias yang dibudidayakan oleh warga sekitar. Saat Tomohon Flower Festival berlangsung, umumnya bunga-bunga dilokasi ini turut serta meramaikan event bergengsi yang diselenggarakan oleh pemerintah Kota Tomohon.

Selain 10 tempat wisata di Tomohon yang telah saya sebutkan diatas, terdapat beberapa tempat wisata lainnya yang dapat anda kunjungi diantaranya Air Terjun Tapahan telu di Tinoor atau berkunjung  Amphi Thetaer di Desa Woloan sekaligus melihat proses pembuatan rumah kayu tradisional yang bisa dibongkar pasang.

banner-natal-pemprov1024

Tentang eser zone

Hanyalah seorang yang ingin berbagi cerita dan berbagi berita lewat sebuah catatan ringan. I'm not the best, but i will do the best. Anda juga bisa menemukan saya di facebookGoogle+ dan twitter

Lihat juga

Pemandangan Pulau Gangga Dari Pulau Lihaga

Pulau Gangga, Surga Tersembunyi di Likupang Minahasa Utara

Pulau Gangga merupakan salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Provinsi Sulawesi Utara yang …

2 Tanggapan

  1. Masih ada ley Puncak Temboan dengan puncak baru Rurukan (jalan ke kel. Kumelembuai)

  2. prajuritkecil99

    nice share..
    btw, dari Tomohon ke arung jeram Timbukar berapa jaraknya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: