Home » Tempat Wisata » Taman Nasional Bogani Nani Wartabone
Rental Mobil Murah di Manado

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Peta Taman Nasional Bogani Nani Wartabone
Peta Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (image by indonesiatraveling.com)

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone atau yang biasa disingkat TNBNW, merupakan salah satu kawasan konservasi seluas 297,11 ha yang sebagian wilayahnya terletak di Provinsi Sulawesi Utara dan sebagian lagi terletak di Provinsi Gorontalo. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone saat ini dikelolah oleh balai TNBNW yang terletak di Kota Kotamobagu Provinsi Sulawesi Utara. Untuk mencapai tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 4 jam dari Kota Manado.

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang sebelumnya bernama Dumoga Bone, memiliki berbagai keunikan ekologi sebagai kawasan peralihan geografi daerah Indomalayan di sebelah Barat dan Papua-Australia di sebelah Timur (Wallaceae Area).

Keanekaragaman Flora dan Fauna di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Kawasan  Taman Nasional Bogani Nani Wartabone memiliki potensi flora yang beraneka raga yang didominasi oleh kelompok (genus) ficus. Beberapa jenis flora yang dapat anda temui di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi antara lain: nantu (Palaqium obtusifolium), kayu hitam (Diospyros spp), kayu besi (Metrosiderus vera), kayu inggris (Eucalyptus deglupta), cempaka (Elmerrillia ovalis) dan metayangan (Pholydacarpus ihur). Selain ini di TNBW anda masih dapat menemukan berbagai flora lain seperti paku-pakuan, palem, rotan, hanjuang hijau dan bunga bangkai.

Seperti dikutip dari website dephut.go.id Taman Nasional Bogani Nani Wartabone selain memiliki beraneka ragam potensi flora juga memiliki berbagai potensi fauna yang terdiri dari 24 jenis mamalia, 125 jenis aves, 11 jenis reptilia, 2 jenis amfibia, 38 jenis kupu-kupu, 200 jenis kumbang, dan 19 jenis ikan.

Sebagian besar satwa yang ada di taman nasional merupakan satwa khas/endemik pulau Sulawesi seperti monyet hitam/yaki (Macaca nigra nigra), monyet dumoga bone (M. nigrescens), tangkasi (Tarsius spectrum spectrum), musang Sulawesi (Macrogalidia musschenbroekii musschenbroekii), anoa besar (Bubalus depressicornis), anoa kecil (B. quarlesi), babirusa (Babyrousa babirussa celebensis), dan berbagai jenis burung. Satwa burung yang menjadi maskot taman nasional adalah maleo (Macrocephalon maleo), dan kelelewar bone (Bonea bidens) merupakan satwa endemik taman nasional.

Tempat Wisata Dalam Kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

1. Air Terjun Mengkang

Air Terjun Mengkang terletak di desa Mengkang Kecamatan Laloyan. Untuk mencapai Air Terjun Mengkang dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan kendaraan roda empat dari Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Sedangkan lokasi air terjun dapat dicapai dengan berjalan kaki dari desa Mengkang selama kurang lebih 3 jam.

2. Habitat Maleo Tambun

Habitat burung Maleodiwilayah desa Tambun kecamatan Dumoga Timur. Aktifitas yang dapat anda lakukan ditempat ini antara lain mengamati perilaku burung maleo pada saat akan bertelur, mencari telur burung maleo dan berbagai aktifitas lainnya. Disamping itu pengunjung dapat melepas lelah di sumber air panas yang ada didekat lokasi peneluran burung maleo tersebut.

3. Air Terjun Tumpah

Air terjun tumpah berada kurang lebih 2,5 km kearah barat dari kompleks Bina Cinta Alam Toraut yang terletak di wilayah desa Toraut kecamatan Dumoga Barat. Air terjun tumpah dapat anda tempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat dari kantor balai TNBNW selama 2 jam perjalanan dan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 1,5 jam

4. Gua Batu Berkamar

Gua batu berkamar terletak kurang lebih 7 km arah barat daya dari kompleks Bina Cinta Alam Toraut di wilayah desa Toraut kecamatan Dumoga Barat. Sedangkan untuk mencapai tempat ini anda dapat menggunakan kendaraan roda empat dari kantor balai TNBNW selama kurang lebih 2 jam dan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 4 jam. Disini anda pat mengamati kehidupan tarsius dan burung hantu.

5. Air Terjun Lombonga 

Air terjun lombonga terletak didesa Lombonga Kecamatan Suwawa. Air terjun Lombonga terdiri dari dua air terjun yaitu Lombonga I dengan ketinggian kurang lebih 20 meter dan Lombonga II dengan ketinggian kurang lebih 30 meter. Untuk mencapai desa Lombonga diharuskan menempuh perjalanan selama kurang lebih 8 jam dari kantor balai TNBNW. Sedangkan dari pusat kota Gorontalo, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Lokasi air terjun sendiri dapat dicapai dengan berjalan kaki selama kurang lebih setengah jam dari pintu masuk desa Lombonga.

Fasilitas penunjang di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Wisma Bina Cinta Alam (BCA) Toraut berada di desa Toraut kecamatan Dumoga Barat dan dapat dicapai dengan kendaraan roda empat dari kantor balai TNBNW selama kurang lebih 2 jam perjalanan. Selain berfungsi sebagai pusat informasi, Wisma Bina Cinta Alammenyediakan fasilitas berupa penginapan, ruang rapat dan lokasi perkemahan. Jasa pemandu dan porter juga dapat dimanfaatkan bagi anda yang berkunjung ketempat ini setiap waktu bila anda membutuhkan.

Bagi anda yang sedang mencari tempat wisata di Sulawesi Utara sekaligus menikmati keindahan alam di Sulawesi Utara sambil melihat berbagai satwa langka seperti Tarsius dan burung Maleo, maka Taman Nasional Bogani Nani Wartabone merupakan tempat yang tepat untuk anda kunjungi

banner-natal-pemprov1024

Tentang eser zone

Hanyalah seorang yang ingin berbagi cerita dan berbagi berita lewat sebuah catatan ringan. I'm not the best, but i will do the best. Anda juga bisa menemukan saya di facebookGoogle+ dan twitter

Lihat juga

Pemandangan Pulau Gangga Dari Pulau Lihaga

Pulau Gangga, Surga Tersembunyi di Likupang Minahasa Utara

Pulau Gangga merupakan salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Provinsi Sulawesi Utara yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: