Home » News » Press Release » Sulawesi Utara Tuan Rumah Independence Day Amerika Serikat
Rental Mobil Murah di Manado

Sulawesi Utara Tuan Rumah Independence Day Amerika Serikat

Sinyo Harry Sarundajang saat beradai depan Gedung Putih Amerika Serikat.
Sinyo Harry Sarundajang saat berada di depan Gedung Putih Amerika Serikat

Sulawesi Utara dipilih dan ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan resepsi perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (Independence Day Amerika Serikat) 2013 oleh Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya. Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry  Sarundajang (SHS) menyambut baik agenda tersebut.  “Kami bangga dan berterima kasih jika Pemerintah Amerika melalui Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya akan melaksanakan hari berbahagia untuk masyarakat Amerika tersebut, pada tanggal 1 juli 2013 di Manado,” kata Sarundajang usai rapat Forkompimda Sulut.

Menurut Sarundajang dipilihnya Sulut sebagai lokasi pelaksanaan merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh perwakilan negera asing, mengingat Sulut merupakan bagian dari wilayah akreditasi Konsulat Amerika di Surabaya. “Sulut masuk dalam wilayah kerja Konsulat Amerika di Surabaya, wajarlah kalau dilakukan di Manado. Kegiatan ini bersamaan dengan 3 daerah lainnya di Indonesia yaitu Jakarta, Makasar dan Medan,” lanjutnya.

Dalam kaitan itu, Sarundajang mengungkapkan bahwa secara politis, pemprov tidak bisa meminta atau meloby untuk dilaksanakan di Manado sebagaimana berita sebelumnya di beberapa media massa. Tapi Sulut sangat bersedia, jika dipercayakan sebagai tempat pelaksanaan acara resepsi ini, apalagi event ini akan ditangani dan dibiayai langsung oleh Konsulat, sama seperti yang dilakukan di provinsi lain di Indonesia. “Dengan perayaan ini akan dapat lebih memperat hubungan Amerika dan Indonesia, khususnya Sulawesi Utara, dan merupakan momen daya tarik kepariwisataan” jelasnya.

Dalam kaitan itu, Asisten 2 Sekdaprov Sulut Ir. Roy O. Roring, MSi, setelah pertemuan dengan Ms. Erika Zielke, Konsulat Jendral AS di Surabaya menjelaskan bahwa Hari Kemerdekaan Amerika Serikat tanggal 4 Juli, tapi perayaan Hari Kemerdekaan ke -237 di Sulawesi Utara itu akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juli nanti.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Sulut Suprianda Hamonangan Ruru, SH. LLM, menambahkan pula bahwa kegiatan perayaan Resepsi Hari Kemerdekaan Amerika Serikat, dilakukan Pemerintah Amerika di berbagai negara. “Sulut mendapatkan kehormatan untuk acara Pemerintah Amerika ini, sebelumnya juga di Manado dilaksanakan Hari Kemerdekaan India, kali ini Sulut akan menyambut kedatangan tamu negara dengan berbagai atraksi seni dan budaya daerah yang lebih meriah, ” lanjutnya. (Kabag Humas JF. Ruaw)

banner-natal-pemprov1024

Lihat juga

Walikota Manado, “Revitalisasi Pasar Pinasungkulan Karombasan Dimulai”

MANADO –  Peletakan batu pertama revitalisasi Pasar Pinasungkulan Karombasan, Walikota GSVL Ingatkan kontraktor agar bekerja …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: