Manado-Kesuksesan penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) tidak saja ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) saja, tetapi juga oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).Dua lembaga tersebut berperan sangat strategis untuk meningkatkan kualitas Demokrasi yang hakiki, Pengawasan menjadi elemen penting untuk menjamin bahwa proses dan tahapan pemilu berlangsung jujur, adil, dan demokratis.

 Karena itu, kualitas sumber daya pengawas dan juga proses pengawasan sangat penting untuk menjaga kepercayaan publik. Seorang pengawas pemilu hendaknya mengerti bahwa dirinya sebagai seorang pengawas pemilu yang melakukan tugas-tugas pokok dan fungsi pengawasan.
“Seharusnya mereka harus sadar dan tahu, bahwa posisinya adalah seorang pengawas pemilu yang merupakan bagian penting dari penyelenggaraan pemilu”. Ungkap Suak.

Lebih lanjut JAS “Sosok pengawas pemilu merupakan element yang kuat tertata dalam undang-undang sehingga motivasi, etos kerja yang kuat, prinsip berani karena benar, dan penguasaan aturan main, Sosok pengawas pemilu adalah jiwa yang tegas, tanggap, dan  mereka juga harus personal yang petarung, bukan orang yang angin-anginan apalagi ”suka masuk angin” karena mudah tergoda untuk dicederai integritasnya”.Ditambahkannya pula “Karena itu, pengawas pemilu haruslah personal yang tidak pandang bulu ketika menangani perkara, orang yang menyampingkan risiko-risiko yang sesungguhnya kadang dibangun pihak lain, dalam arti ditakut-takuti pihak lain,” ucapnya.