Home » News » Politik & Pemerintahan » Sosialisasi Tugas Kewenangan Pengawas Pemilu AD HOC, Bawaslu Sulut Bertekad Wujudkan Penyelenggara Pilkada Berintegritas

Sosialisasi Tugas Kewenangan Pengawas Pemilu AD HOC, Bawaslu Sulut Bertekad Wujudkan Penyelenggara Pilkada Berintegritas

SULUT – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pemerintah Sulawesi Utara menggelar kegiatan sosialisasi tugas dan kewenangan pengawas Pemilu AD HOC, sabtu (29/2/2020) di Sutan Raja hotel Minut.

Maksud diadakan kegiatan ini, guna memberikan informasi ke publik khususnya Masyarakat Sulut tentang tugas kewenangan serta peningkatan kualitas para pengawas Pemilu AD HOC demi menghadapi Pilkada tahun 2020 ini.

Kegiatan ini pun di buka langsung oleh ketua Bawaslu Sulut Herwin Malonda SH.

Panitia pengawas (panwas) Ad hoc (sementara) untuk Pilkada Serentak 2020 diminta tingkatkan kualitas. Baik yang telah menjadi panwas Ad hoc pada Pemilu 2019 maupun yang baru pertama melaksanakan tugas. Karenanya, perlu peningkatan pemahaman lewat pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek). Demikian kesimpulan kegiatan sosialisasi tersebut.

Disisi lain, Ketua Bawaslu Sulut Herwin Malonda terlebih dulu memberikan apresiasi terhadap kinerja panwas Ad hoc pada Pemilu 2019. Menurutnya, rekrutmen Panwas Ad hoc menjadi langkah penting karena proses ini akan menentukan kualitas kerja Pilkada Serentak 2020.

“Jika yang terpilih sudah memiliki pemahaman dan integritas yang baik, hal itu akan sangat membantu pelaksanaan tugas-tugas pengawasan,” katanya.

Malonda pun mengingatkan, perlunya peningkatan pemahaman pengawas Ad hoc yang baru terpilih nantinya dengan memberikan bimtek yang setidaknya dilakukan dua kali.

“Bimtek pertama dilakukan saat pelantikan dan bimtek kedua dilaksanakan mendekati hari tenang. Hal itu penting untuk memastikan pengawas Ad hoc benar-benar memahami tugas, wewenang, dan kewajibannya sebagai bekal saat melaksanakan tugas,” tegasnya.

Ditambahkanya Pula, Bawaslu hingga tingkat kabupaten/kota bisa meningkatkan kompetensi pegawas Ad hoc. Karena itu, Malonda berkeyakinan, perlu memberikan pemahaman yang cukup dengan menggunakan media yang tepat.

“Bawaslu juga harus menggunakan teknologi dalam menjalankan tugasnya,” tutupnya.

Begitu pula pimpinan komisioner Supriyadi Pangellu sebagai divisi hukum, humas dan datin menyampaikan pihak Bawaslu akan melakukan kerjasama dengan media dalam penyampaian informasi ke Masyarakat seluas-luasnya, baik program dan sistem pengawasan berkelanjutan

“Pastinya Bawaslu Sulut akan terus bersinergi dengan Pers. Peran pers sangat penting disegi informasi publik”. Kata Dia.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi ini para wartawan liputan Provinsi dan beberapa Panwas kabupaten/kota.

(Ardybilly)

Promo Daihatsu Manado 2018

Tentang ardy

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

JG-KWL, Bupati Minut Pilihan Wong Cilik

MINUT – Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara Joune Ganda – Kevin Wiliam Lotulung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: