Home » News » Press Release » Sosialisasi Pasar Modal BEI-ASMOS Diapresiasi Mahasiswa Unima
Rental Mobil Murah di Manado

Sosialisasi Pasar Modal BEI-ASMOS Diapresiasi Mahasiswa Unima

Ketua ASMOS Sulut Febry saat memberi materi di acara sosialisasi pasar modal bersama BEI Manado di Unima. (foto:hms)
Ketua ASMOS Sulut Febry saat memberi materi di acara sosialisasi pasar modal bersama BEI Manado di Unima. (foto:hms)

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unima menyambut positif sosialisasi pasar modal atau online trading yang dipersembahkan PT Bursa Efek Indonesia (BEI)-Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Manado bersama Asosiasi Media Online Sulawesi Utara (ASMOS), Rabu (27/2). Kegiatan yang dimulai pukul 13.00 Wita sampai 17.00 Wita tersebut, diawali dengan pembukaan oleh Dekan Fekon Unima, Prof Dr Arie F Kawulur MS DEA.

“Mahasiswa Fekon menyambut positif kegiatan sosialisasi pasar modal ini. Semoga kedepan kerjasama seperti ini bisa terjalin lagi. Sekali lagi terima kasih,” ungkapnya. Tampil sebagai pembicara pada seminar tersebut, Fonny The SE, Kepala Kantor BEI-PIPM Manado, Cichi R Pamona SE, Senior Marketing di PT Indo Premier Securities (IPOT) Manado dan Vebry T Haryadi SH Pemimpin Redaksi (Pemred) Media Online Cybersulutnews.com (CSN) yang juga Ketua Umum ASMOS.

Kepala Kantor BEI-PIPM Manado, Fonny The SE memaparkan berbagai hal terkait informasi pasar modal. “Perlu pemahaman mengenai berbagai investasi yang ada. Terutama sejak dini bisa mempelajari investasi dengan benar sehingga menjadi investor yang handal, terutama bisa menjadi contoh bagi investor-investor yang baru nantinya,” kata Fonny di hadapan ratusan mahasiswa Fekon Unima. Selain itu, Fonny juga menjelaskan mengenai ruang lingkup pasar modal, antara lain mengenai PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai fasilitator dan regulator (SRO) dalam industri pasar modal di Indonesia, serta perusahaan sekuritas yang ada di Sulawesi Utara (Sulut) khususnya Kota Manado yang menjalankan bisnis investasi dalam lingkup pasar modal.

“Selain menumbuhkan daya tarik bagi mahasiswa, hal utama agar ada pemahaman mengenai pasar modal dan investasi dalam bentuk saham. Sehingga kedepannya generasi muda, khususnya mahasiswa bisa menjadi tenaga handal di bidang pasar modal,” jelasnya, sembari menyatakan tindak lanjut kegiatan ini, yakni akan dibentuknya Galeri Investasi di Unima, Tondano khususnya di Fekon Unima. “Kami juga mengundang bagi mahasiswa atau masyarakat lainnya untuk lebih dekat lagi dengan kami di Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Manado atau IDX dengan kantor di kawasan Mega Mas. Kami disana ada juga perpustakaan yang menyediakan berbagai literatur mengenai bisnis pasar modal dan berbagai halnya,” tambahnya.

Cichi R Pamona SE, Senior Marketing di PT Indo Premier Securities (IPOT) Manado, menjelaskan mengenai berbagai hal tentang ‘online trading’ khususnya investasi pasar modal. Cichi yang tampil meyakinkan itu menjelaskan, mengenai investasi saham, serta pemahaman dalam menganalisa turun naiknya saham di BEI yang setiap harinya dilaporkan dalam dua sesi perdagangan saham via online. “Untuk lebih jelasnya, bisa datang ke kantor kami IPOT Manado di bilangan Bahu, tepatnya kawasam yang dikenal dengan nama Bahu Mal. Karena kami menyediakan pelatihan gratis mengenai bisnis pasar modal,” ujar Cichi sembari menyambung pihaknya akan memberikan 22 rekening falas dengan nominal Rp100 Ribu kepada mahasiswa di Fekon Unima.

Sementara itu Ketua Umum ASMOS, Vebry T Haryadi dalam penyampaiannya lebih banyak menguraikan mengenai bisnis media, terutama media online sebagai media modern. Diantaranya mengenai ASMOS yang tergabung didalamnya media online di Sulut, yakni Cybersulutnews.com (CSN), IDManado.com, Manadotoday.com, Beritamanado.com, Totabuanews.com dan Bolmutpost.com. “Sebagai media modern yang ramah lingkungan, tentu media online saat ini memegang peranan penting di masyarakat. Banyak keunggulan media online dibanding media konvensional, salah satunya bisa diakses dimana saja dan gratis. Serta pemberitaannya lebih cepat diakses di masyarakat, baik lewat media sosial seprti jejaring sosial, facebook, twitter dan lainnya.

Untuk itu ASMOS digandeng oleh PIPM Manado atau BEI Manado untuk bersama mengedukasi masyarakat mengenai investasi yang benar,” jelas Vebry. Seperti diketahui ada tujuh universitas di Sulut yang akan dijangkau dalam sosialisasi online trading pasar modal dan media online, yakni Universitas Manado (Unima) di Tondano, Universitas Sariputra Indonesia Tomohon, Politeknik Negeri Manado dan STIE Petra Bitung, Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Universitas De La Salle Manado, Universitas Klabat (Unklab) Minut. (hms)

banner-natal-pemprov1024

Lihat juga

Walikota Manado, “Revitalisasi Pasar Pinasungkulan Karombasan Dimulai”

MANADO –  Peletakan batu pertama revitalisasi Pasar Pinasungkulan Karombasan, Walikota GSVL Ingatkan kontraktor agar bekerja …

Satu Komentar

  1. Ekonomi merupakan ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi. Dengan meningkatnya produksi dalam ekonomi maka mempengaruhi perkembangan pasar modal..
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pasar modal yang bisa anda kunjungi di pasarmodal.blog.gunadarma.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: