Home » News » Headline » Sinyo Harry Sarundajang Bagikan Pengalaman Selesaikan Konflik Maluku
Rental Mobil Murah di Manado

Sinyo Harry Sarundajang Bagikan Pengalaman Selesaikan Konflik Maluku

sinyo harry sarundajang
Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang berbicara tentang solusi menyelesaikan konflik Maluku. (foto: humas)

Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang dalam setiap kesempatan, terus membagi pengalamannya saat menyelesaikan konflik Maluku dan Maluku utara, saat dipercayakan menjadi Pejabat Gubernur di dua daerah yang pernah mengalami fonflik kemanusiaan itu. Kali ini pengalaman SHS tersebut dibeberkan dihadapan peserta Indonesia-Germany Interfaith and Intercultural Dialogue III yang dibuka langsung SHS di ruang Mapalus Kantor Gubernur Selasa (9/4).

“Hal ini berdasarkan pengalaman saya selaku pejabat Gubernur Maluku dan Maluku Utara ketika mereka berada dalam situasi konflik yang sangat serius, dimana bukan hanya melibatkan perang saudara tetapi juga konflik agama. Pada saat itu saya merangkul pihak-pihak yang bertikai dan menyatukan mereka dalam suatu dialog sehingga masing-masing dapat membicarakan mengenai masalah mereka, yang pada akhirnya menghasilkan kedamaian bagi kedua provinsi tersebut”, ujar Gubernur dua periode itu, sembari menyebutkan, pada waktu itu, ini bukanlah suatu tugas yang mudah karena mereka sangat sensitive terhadap pihak luar yang bukan orang mereka untuk mencampuri masalah mereka, tetapi pada akhirnya semua berhasil dengan baik, jelas DR. HC di Bidang Kepemimpinan Masyarakat Majemuk dari UIN Ibrahim Maulana Malik Malang.

Kegiatan tersebut turut dihadiri, Dubes RI di Jerman DR. Eddy Pratomo, Direktur Diplomasi ke-Dubes Jerman di Indonesia merangkap Ketua Delegasi Mr. DR. Heinrich KREFT, Prof. Mark Chalil BODENSTEIN Dari Universitas Frankfurt, Prof Claudia DERICHS dari Universitas Marburg, Hanane EL BOUSSADANI, MA Universitas Munsters, Prof. Albrecht FUESS Universitas Malburg, Dr. Detlef GORRIG perwakilan Gereja Jerman, Dr. Des Tuba ISIK Universitas Paderborn, Prof Dr. Achmad Gunaryo Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Kemenag RI, KH. Dr. Cholil Nafis PB Nahdatul Ulama, Drs Imam Addaruqutni, MA PP. Muhammadyah, Forkopimda Sulut, Pimpinan Agama di Sulut, Bupati/Walikota Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Kepala SKPD Kakanwil Kemenag dan Kandepag Agama se- Sulut, Presidium BKSAUA/FKUB,Pimpinan Ormas, Perwakilan Mahasiswa dan Pimpinan Instansi Vertikal/ BUMN/BUMD se- Sulut. (Kabag humas Jackson Ruaw selaku jubir pemprov).

banner-natal-pemprov1024

Tentang Lexi Mantiri

Wartawan

Lihat juga

DPRD Sulut Gelar Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Ranperda Tentang Perubahan Atas Perda Nomor 3 Tahun 2016 Dalam RPJMD Tahun 2016-2021

SULUT – DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Menggelar rapat paripurna dalam rangka pengambilan keputusan terhadap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: