Home » News » Press Release » SHS Dianugerahi Penghargaan Pembina PNPM Terbaik
Rental Mobil Murah di Manado

SHS Dianugerahi Penghargaan Pembina PNPM Terbaik

Kembali eksistensi Provinsi Sulawesi Utara memperoleh apresiasi Pemerintah Pusat dimana dalam pengelolaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Gubernur Sulawesi Utara mendapat penghargaan untuk Kategori Pembina Terbaik Tingkat Nasional untuk Pendamping Lokal untuk Lokasi Sulit. Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Presiden RI Prof DR Budiono dalam acara pembukaan Rapat Kerja Nasional Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat

Mandiri Pedesaan Tahun Anggaran 2014 yang mengambil thema Keberlanjutan Pemberdayaan Masyarakat Menuju Desa Yang Maju Mandiri dan Sejahtera Kamis 5 Juni 2014 di Hotel Hotel Grand Sahid Jakarta. Acara ini dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri PU Ir Joko Kirmanto, Menteri Parekraf DR Marry Elka Pangestu serta Para Gubernur, Bupati Walikota Penerima Penghargaan, Para Kepala Badan Pembangunan Masyarakat Desa Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Drs Sanny Parengkuan, MAP bersama DR Recky Toemanduk Ketika menerima penghargaan | Foto: Humas Prov Sulut
Drs Sanny Parengkuan, MAP bersama DR Recky Toemanduk Ketika menerima penghargaan | Foto: Humas Prov Sulut

Dalam kesempatan menerima penghargaan ini Gubernur Sulawesi Utara diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Sulawesi Utara Drs Sanny Parengkuan MAP yang didampingi oleh Kepala Badan PMD Prov Sulut DR Ir Ricky Toemanduk MSi, Sekretaris BPMD Prov Sulut Jouke Kairupan SE dan Kepala Bidang Penguatan Kelembagaan dan Peningkatan Peran Masyarakat BPMD Prov Sulut Anita Lomban S Sos, MSi.

Dalam sambutannya Wakil Presiden menyatakan bahwa Pada dasarnya Program PNPM Mandiri ditujukan untuk kesejahteraan rakyat, dan patut disyukuri bahwa semamgat PNPM yang sangat khas yaitu partisipasi dan pemberdayaan telah berusaha dengan baik dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Selanjutnya agar program PNPM dapat terlaksana dengan baik maka perlu memperhatikan dengan baik kualitas SDM pengelola PNPM, karena sebaik apapun sistim yang dibangun, jika SDM-nya kurang baik akan berakibat pada penyimpangan pelaksanaan program.

Pemberian Penghargaan kepada Gubernur Sulawesi Utara untuk kategori tersebut karena dianggap mampu meningkatkan partisipasi masyarakat pedesaan dalam pembangunan. Hal ini menjadi penting karena sebagian masyarakat Indonesia bertempat tinggal di desa, dan desa memberikan sumbangan besar dalam menciptakan stabiitas nasional. Pembangunan desa adalah bagian dari pembangunan nasional dan pembamhunan nasional merupakan rangkaian upaya pembangunan secara berkesinambungan yang meliputi seluruh aspek kehidupan aspek masyarakat (Humas Prov Sulut)

banner-natal-pemprov1024

Lihat juga

GMNI Sulut- Go Sesalkan Sistem “DP”RS, Korbankan Debora

MANADO – Korda GMNI Sulut-Go: Sistem “Uang Muka” di Rumah Sakit Inprosuderal. Peristiwa kematian Tiara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: