Home » Direktori » Fasilitas Pendidikan » Sekolah Tinggi » Sekolah Tinggi Agama Kristen Apollos Manado
Rental Mobil Murah di Manado

Sekolah Tinggi Agama Kristen Apollos Manado

Logo Sekolah Tinggi Agama Kristen Apollos ManadoSekolah Tinggi Agama Kristen Apollos Manado (STAK Apollos Manado), merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi Teologi di Indonesia. Nama Apollos sendiri diambil dari 1 Korintus 3:6 dimana Apollos merupakan rekan kerja Paulus dalam menjalankan misi Tuhan dan dikenal memiliki pengetahuan Firman yang luas sehingga menolong gereja dalam mengembangkan pelayanannya. Demikian juga nantinya, diharapkan setiap orang yang masuk dalam lembaga ini diberikan pengenalan yang benar akan inti berita Alkitab sehingga pelayanan dan kesaksiannya di tengah dunia dan masyarakat dapat memberikan pencerahan dan perubahan ke arah yang lebih baik.

Visi dan Misi Sekolah Tinggi Agama Kristen Apollos Manado

Visi :

“Menjadi Lembaga Perguruan Tinggi Teologi Agama Kristen yang unggul dan terdepan dalam bidang pendidikan, sehingga menghasilkan Teolog, Pendidik, dan Misionaris yang dipenuhi Roh Kudus, handal, dan terampil dalam melaksanakan Amanat Agung.”

Misi:

  • Mengembangkan pendidikan, pengajaran dan pelatihan di bidang teologi, pendidikan agama kristen, dan misiologi yang dapat bermanfaat bagi gereja dan masyarakat.
  • Menyiapkan tenaga akademik dan/atau profesional yang bermutu, bertanggung jawab dan positif di bidang teologi, pendidikan agama kristen dan misiologi guna menghadapi berbagai tantangan di masa depan.
  • Mengembangkan penelitian di bidang teologi, pendidikan agama kristen dan Misi yang menghasilkan inovasi baru yang bermutu.
  • Mengembangkan berbagai bentuk pengabdian kepada gereja dan masyarakat yang berdaya guna dan berhasil guna dengan dedikasi dan komitmen yang tinggi.
  • Menciptakan budaya akademik yang kondusif bagi pemberdayaan semua potensi pendidikan dan pelayanan yang optimal dan terintegrasi secara berkesinam-bungan.

Sejarah Berdirinya Sekolah Tinggi Agama Kristen Apollos Manado

Berawal dari visi yang didapat oleh Pdt. R.J. Lumenta, S.Th. MBA. M.Th. M.Mis., Pdt. Albert J. Lantang, M,Th. (alm), Ev. Alex Lumingkewas, BBA., Bpk. Bambang Irawan (alm) dan Pdt. Fenti Tumangkeng (alm) pada tahun 1986, untuk mendirikan sebuah yayasan yang kemudian disebut Yayasan Apollos yang bercirikan interdenominasi dengan nuansa Misi. Sebagai orang – orang yang telah menerima anugerah keselamatan dari Tuhan, Pdt. R.J. Lumenta dan rekan-rekan sebagai Founder merasa bahwa tantangan pekerjaan pelayanan penginjilan, pemuridan dan penggembalaan semakin besar. Anggota gereja yang terus bertambah tentunya membutuhkan dasar iman Kristen yang kuat sehingga tidak termakan arus duniawi, membuat arah dan tujuan Gereja menjadi lebih jelas.

Disisi lain, di Indonesia masih banyak suku-suku yang belum terjangkau dan membutuhkan sentuhan kasih Tuhan. Perubahan-perubahan yang cepat dalam segala bidang baik itu IPTEK, ekonomi, kehidupan masyarakat dan ilmu teologi, menuntut gereja untuk menyediakan tenaga-tenaga ahli dan profesional agar hamba Tuhan yang melayani menjadi lebih baik. Kemudian dengan dukungan GPI yang terdiri dari GMIM, GPIB, GPI Papua, dst, maka pada tahun 1991 didirikanlah Sekolah Tinggi Teologi Yayasan Apollos (SATYA).

Selanjutnya pada tahun 1992 berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Teologi Apollos dan dalam perkembangannya telah menyelenggarakan program-program peningkatan mutu pelayanan bagi para hamba Tuhan, pelayan-pelayan Gereja, para pemimpin-pemimpin Kristen mulai dari program Stratum Satu (S1), Magister (S2), dan program Doktoral (S3) yang bernuansa Misiologi.

Kebutuhan akan Pendidikan Tinggi Teologi yang cukup besar yang bukan hanya di kota Jakarta namun juga daerah-daerah, membuat Yayasan Apollos mengembangkan pelayanannya dengan mendirikan Sekolah Tinggi Teologi Apollos Manado pada tahun 2006. Setelah dimandirikan lewat visitasi dari Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama R.I. pada tahun 2009 untuk mendapat Ijin Penyelenggaraan Program Stratum Satunya, STT Apollos Manado kemudian berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Kristen Apollos Manado (STAK Apollos Manado).

Ijin Penyelenggaraan & Akreditasi

Sekolah Tinggi Agama Kristen Apollos Manado telah mendapat pengakuan pemerintah dengan status:

  • Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan berdasarkan SK DIRJEN Bimas Kristen Kementerian Agama RI, No.: DJ.III/Kep/HK.00.5/877/2011 untuk Program Stratum Satu (S1) Program studi Pendidikan Agama Kristen (S.Pd.K.)
  • Ijin Penyelenggaraan S1 Teologi, SK Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama R.I., No.: DJ.III/Kep/HK.00.5/297/2012
  • Ijin Penyelenggaraan S2 Pendidikan Agama Kristen, SK Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama R.I., No.: DJ.III/Kep/HK.00.5/298/2012
  • Ijin Penyelenggaran S2 Teologi, SK Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama R.I., No.: DJ.III/Kep/HK.00.5/872/2012
  • Ijin Penyelenggaran S3 Program Doktor, SK Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama R.I., No.: DJ.III/Kep/HK.00.5/109/2013
  • Akreditasi BAN PT untuk program Stratum Satu Program Studi Pendidikan Agama Kristen

Alamat dan Nomor Telepon Sekolah Tinggi Agama Kristen Apollos Manado (STAK Apollos Manado)

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Sekolah Tinggi Agama Kristen Apollos Manado (STAK Apollos Manado), silahkan mengunjungi website resmi yang beralamat di www.stakapollosmanado.net atau datang langsung ke kampus yang beralamat di Jl. Raya Manado -Tomohon No.3 Winangun, Manado Sulawesi Utara, Telp. 0431-824477; HP. 082347056305; Fax. 0431-826889 atau bisa juga menghubungi lewat email ke E-mail: stakam@ymail.com

banner-natal-pemprov1024

Tentang Seputar Sulut

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

wisuda STIE PETRA Bitung

STIE Petra Bitung

STIE PETRA Bitung yang berlokasi di depan Terminal Induk Tangkoko, Kecamatan Matuari kota Bitung didirikan tanggal 10 september 1998, Telpon 0438-37525