Home » News » Straigh News » Sangian: Pertama, Sekitar 24 Waruga Yang Akan Direlokasi
Rental Mobil Murah di Manado

Sangian: Pertama, Sekitar 24 Waruga Yang Akan Direlokasi

fb_img_1478281495989

SULUT – Cagar Budaya Waruga yang berada di desa Kawangkoan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara akhir-akhir ini menjadi sorotan dari publik. Bagaimana tidak, tempat yang dijaga, dilestarikan dan menjadi situs purbakala ini telah masuk dalam lokasi pembangunan waduk Kuwil-Kawangkoan.

Kamis (03/11) lalu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Balai Arkeologi, Tokoh-tokoh adat dan  lembaga adat tonsea melaksanakan rapat di Balai Desa Kawangkoan guna mencari jalan keluar untuk perlindungan dan pelestarian Waruga-waruga tersebut.

Saat ditemui oleh awak media, Jumat (04/11/2016) Kabid Disbudpar Sulut, Ferry Sangian mengatakan bahwa pihak Balai Sungai akan merelokasi waruga berkoordinasi dengan tim 9 yang telah terbentuk .

“Untuk Nama-nama yang tergabung di Tim 9 , akan disampaikan nanti oleh Disbudpar Kabupaten Minut.” ujarnya sebelum Rapat Paripurna DPRD Sulut dalam rangka mendengarkan penjelasan Gubernur OLLY  DONDOKAMBEY SE, Terhadap KUA dan PPAS PROV. Sulut  T.A  2017.
20161031_123646
Tambah Sangian, di tahap pertama, sekitar 24 Waruga yang akan di relokasi. Tempat pemindahan Waruga ini tidak jauh dari lokasi yang lama dengan memakai upacara adat.

“Karena sesuai Undang-undang tidak boleh di pindahkan jauh dari wilayah yang lama atau harus didesa itu. Dan nantinya, di dua tempat tersebut akan dijadikan destinasi wisata dan bendungan.” pungkasnya. (Ardybilly)

banner-natal-pemprov1024

Tentang ardy

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Walikota Temui Mendagri, Manado Fiesta 2017 Diapresiasi

MANADO –  Laporkan Pelaksanaan Manado Fiesta 2017 Walikota GSVL Temui Mendagri di Jakarta.  Demi suksesnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: