Home » News » Headline » Sahhh !!!…Prof. Paula Terpilih Rektor Unima
Rental Mobil Murah di Manado

Sahhh !!!…Prof. Paula Terpilih Rektor Unima

pilrek calon
Plh Rektor Unima Jamal Wiwoho dan Ketua Panitia Prof Senduk Sebelum Pemilihan Berfoto Denga 3 Carek.

TONDANO – Prof. Dr.Julyeta Paula Runtuwene, Msi, DEA akhirnya meraik suara terbanyak, lebih dari setengah suara sah dari hasil Pemlihan Rektor Unima, siang tadi (4/8) di Kampus Tondano.

Istri Wali Kota Manado, Vicky Lumentut ini mengungguli dua kandidat lainnya, Prof Joulanda Rawis dan Dr Rymond Rumampuk.

Sidang senat dipimpin oleh Plh Rektor Unima, Jamal Wiwoho. Diawali pembacaan SK dari Menristek Dikti yang kemudian dilanjutkan pengesahan agenda sidang.

Tiga calon melakukan pemaparan visi dan misi bergiliran. Saat satu calon melakukan pemaparan, dua calon lainnya menunggu di luar. Masing-masing diberikan waktu 15 menit.

Dimulai Prof Runtuwene, sementara Prof Rawis dan Dr Rumampuk menunggu di luar. Semua data yang didapat dipaparkan para calon disinkronkan dengan visi dan misi yang akan mereka lakukan untuk Unima ke depan. Untuk meraih simpati dari anggota senat.

Usai memaparkan, setiap calon langsung diberondong oleh pertanyaan oleh anggota senat, diberikan kesempatan lima menit. Usai memaparkan visi dan misi serta meladeni pertanyaan dari anggota senat, tiga calon kembali ke dalam ruangan dan dilanjutkan dengan pemilihan.

Proses pemilihan diserahkan kepada Ketua Panitia Pilrek Prof AG Senduk. Terlebih dahulu dilakukan cek terhadap kotak suara untuk memasikan benar kosong.

Juga dilakukan penghitungan kertas suara sebelum pemilihan. Pada pemilihan kali ini sebanyak 68 anggota senat hadir sementara suara menteri nanti berjumlah 36,6 persen.
Sehingga total suara ada 104,6 suara, menggunakan 105 kertas suara.

pilrek hasil
Hasil Pemilihan Pilrek Unima

“Untuk proses pemilihan diserahkan kepada Ketua Panitia,” kata Plh Rektor Unima.
Suara menteri didelegasikan kepada Prof John Henry dari Kemenristek Dikti, yang saat itu diberikan 37 kertas suara, juga yang paling banyak menerima kertas suara.

Kemudian 68 anggota senat memberikan surat suara secara bergilir. Ketegangan terjadi  saat penghitungan suara.

Diawali penghitungan kembali surat suara usai dilakukan pemilihan, disaksikan oleh senator tertua dan senator termuda. Setelah dihitung ternyata jumlahnya sama, yaitu 105 surat suara. Kemudian dilanjutkan penghitungan surat suara.

Setelah melakukan perhitungan surat suara, akhirnya didapatkan hasil Prof Runtuwene meraih 59 suara, Prof Rawis meraih 19 suara, dan Dr Rumampuk meraih 26,6 suara.

Hasil pilrek kemudian disahkan melalui SK yang ditandatangani Plh Rektor, Panitia Pilrek, dan para saksi.

Hasil Pilrek ini menurut Plh Rektor akan dibawa ke menteri dan selanjutnya menunggu SK Presiden, sehingga secepatnya Rektor baru Unima akan  dilantik.

pilrek 2
Prof Paula Dampingi Plh Rektor Jamal Wiwoho, Setelah pemilihan
banner-natal-pemprov1024

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

DPRD Sulut Gelar Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Ranperda Tentang Perubahan Atas Perda Nomor 3 Tahun 2016 Dalam RPJMD Tahun 2016-2021

SULUT – DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Menggelar rapat paripurna dalam rangka pengambilan keputusan terhadap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: