Home » News » Politik & Pemerintahan » Retribusi Sampah bakal berbayar Online
Rental Mobil Murah di Manado

Retribusi Sampah bakal berbayar Online


Manado. Pemerintah Kota Manado melalui berencana menerapkan pembayaran retribusi sampah secara online ke masyarakat.

Manado. Pembayaran retribusi sampah di kota manado bakal dilakukan secara online,” ujar Kepala Bapelitbangda Kota Manado, Liny Tambajong saat ditemui awak media.

Ia mengatakan sistem pembayaran retribusi secara online ini sedang dikaji dan rencananya akan diuji coba terlebih dahulu di beberapa kelurahan.” Ujarnya sebelumnya akan di ujicobakan di beberepa tempat kelurahan

Jelasnya lagi sistem ini akan dijalankan dan Kepala Lingkungan (Pala) di Kota Manado akan diberi bimbingan teknis untuk pelaksanaannya. Bila nanti diterapkan, mekanisme dari pembayaran retribusi sampah online, maka ada beberapa tahapan yang dilakukan untuk melakukan pembayaran.

Pertama adalah registrasi. Registrasi ini dilakukan masyarakat kepada kepala lingkungan di daerahnya tinggal, dengan syarat memiliki nomor handphone aktif dan NOP (Nomor Objek Pajak). Apabila tidak memiliki NOP, silahkan mengecek langsung ke Studio BIG Data Bapelitbangda Kota Manado.

Langkah kedua pembayaran retribusi sampah. Transaksi pembayaran retribusi sampah dilakukan antara masyarakat dengan kepala lingkungan daerah setempat dengan membayar nominal yang ditetapkan oleh pemerintah untuk setiap bulannya.
Ketiga Input. Setelah melakukan pembayaran kepada kepala lingkungan, selanjutnyakepala lingkungan menginput menggunakan aplikasi Retribusi Sampan untuk langsung dikirim ke server pajak untuk didata.

Keempat Konfirmasi. Setelah kepala lingkungan melakukan input data ke server pajak, selanjutnya akan terdata dan dari server data memberikan data ke server SMS untuk memberikan konfirmasi kepada masyarakat yang membayar retribusi sampah.

Kelima Konfirmasi SMS. Setelah sistem selesai melakukan proses, eslanjutnya akan dikirim SMS konfirmasi kepada masyarakat yang telah membayar retribusi.

Tentang Reby

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Pesta Adat Tulude, Dishub Manado siapkan Rekayasa jalan

Manado.- Dalam mengatasi lonjakan pengunjung pada perayaan pesta adat Tulude Pemerintah Kota Manado yang akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: