Home » Tempat Wisata » Ratatotok, Surga Wisata Mengagumkan di Minahasa Tenggara
Rental Mobil Murah di Manado

Ratatotok, Surga Wisata Mengagumkan di Minahasa Tenggara

Ratatotok merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara yang menyimpan potensi wisata apa terlebih wisata bahari yang begitu menakjubkan. Pemandangan alam di daerah yang dahulu dikenal sebagai tempat penambangan emas milik Newmont, begitu memanjakan mata anda. Bagi pecinta dunia fotografi, Ratatotok merupakan salah satu tempat pemotretan terbaik di Sulawesi Utara. Untuk mencapai tempat ini anda harus menempuh perjalanan sekitar 3,5 jam dari Manado dengan biaya Rp. 50.000/orang.

Bagi kebanyakan masyarakat Sulawesi Utara, apabila ditanyakan mengenai tempat wisata di Ratatoktok Minahasa Tenggara, pastilah langsung menyebutkan Pantai Lakban. Ya, tak bisa dipungkiri keindahan pantai lakban memang menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Minahasa Tenggara apa terlebih ke Ratatotok. Akan tetapi tahukah anda bahwa Pantai Lakban hanya merupakan salah satu dari beberapa tempat wisata menarik di Ratatotok?

Pemandangan dari atas pulau Naga
Pemandangan dari atas pulau Naga

Ada berbagai cara menikmati keindahan alam di Ratatotok, bukan hanya mengunjungi pantai Lakban. Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menikmati keindahan alam di Ratatotok, Minahasa Tenggara.

1. Diving dan Snorkling

Ratatotok merupakan salah satu tempat diving dan snorkling terbaik yang ada di Sulawesi Utara. Memang, bicara mengenai wisata bawah laut,  Taman Laut Bunaken yang berada di Kota Manado merupakan tempat yang paling banyak direkomendasikan. Namun, keindahan bawah laut di Ratatotok sebenarnya tidaklah kalah dengan Taman Laut Bunaken. Disini terdapat lebih dari 24 titik diving dan snorkling, berbagai bentuk terumbu karang yang didominasi oleh Acropora, Montipora, Soft Coral, Hard Coral berbagai jenis ikan (terdapat juga daerah yang disebut Nemo City), serta 3000 reef ball program konservasi laut PT. Newmont Minahasa Raya. Disini anda bisa melihat beberapa Table Coral yang besarnya sekitar 5 x 10 meter pada kedalaman 5-25 meter 9Luas total table sekitar 400 meter)

Kedalaman lokasi diving dan snorkling begitu bervariatif, sekitar 5-40 meter dengan jarak pandang 10-25 meter dan temperatur 26 sd 32 derajat celcius. Bagi yang tidak pandai diving dan snorkling, anda tidak perlu kuatir karena anda masih dapat menikmati keindahan bawah laut Ratatotok. Hal ini dikarenakan di beberapa tempat snorkling, dengan kedalaman tidak sampai 1 meter anda sudah dapat menikmati pemandangan bawah laut yang indah. Oh ya, setiap perahu yang mengantar para wisatawan di Ratatotok sudah dilengkapi dengan pelampung yang bisa juga anda gunakan saat snorkling.  Jadi, keamanan selama anda berwisata sangat akan terjaga. Untuk sewa alat snorkling anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 50.000,0 (tidak termasuk fin)

2. Menikmati Kawasan Terintegrasi di Pantai Lakban

Pantai Lakban terletak di desa Ratatotok Timur yang memanjang sekitar 1,5 km dari dermaga Lakban. Dengan tiket masuk sebesar Rp. 2.000 untuk setiap wisatawan anda sudah bisa menikmati keindahan pantai lakban (diluar biaya sewa perahu wisata jika anda ingin menjelajah keindahan alam lainnya di Ratatotok).

Pantai lakban, foto diambil dari bukit pengharapan
Pemandangan pantai lakban dari bukit pengharapan
Ratatotok, Tempat Wisata Mengagumkan di Minahasa Tenggara
Pemandangan pantai teluk buyat dari bukit harapan

Jika anda berkunjung ke pantai lakban, sempatkan juga mengunjungi tempat-tempat lain disekitar pantai lakban seperti Jembatan Putus Cinta sepanjang 400m, berkeliling hutan mangrove seluas 150 hektar (biaya sewa perahu 150.000), dan jangan lupa untuk mendaki bukit harapan. 289 anak tangga harus anda lewati sebelum mencapai puncak bukit harapan. Akan tetapi rasa lelah anda sekejap berganti dengan rasa senang begitu melihat pemandangan yang tersaji didepan mata. Jadi, jangan lupa untuk membawa kamera saat mendaki bukit harapan, sehingga anda bisa mengabadikan pemandangan yang begitu indah.

Oh ya, sebelum memasuki kawasan pantai Lakban, anda akan menemui 2 bangunan yaitu Gedung Gereja dan Mesjid yang dibangun disatu lokasi secara berdampingan. Dipuncak bukit harapan juga dibangun menara mesjid dan salib sebagai simbol kerukunan umat bergama di Sulawesi Utara terlebih khusus di Ratatotok.

3. Wisata Perahu Bagan

Ingin merasakan sensasi berbeda saat berwisata di Ratatotok? Cobalah menikmati wisata perahu bagan. Perahu bagan merupakan tempat bagi para nelayan teluk Ratatotok melakukan aktifitas menangkap ikan teri, dimana pada bagian atas bagan terdapat pondok kecil sebagai tempat berteduh dan meletakkan lampu dan melepas jala. Anda juga dapat menikmati serunya menangkap ikan teri dan cumi-cumi, bakar ikan segar di atas perahu bagan.

Selain itu anda akan merasakan sensasi lain dengan tidur diatas perahu bagan dimana anda akan merasakan sensasi terombang ambing akibat gelombang laut.  Beberapa perahu bagan bahkan telah dilengkapi dengan fasilitas full music dan genset. Saat sunset atau sunrise hampir tiba, nikmatilah pemandangan alam yang begitu indah. Hal ini dikarenakan bagan biasanya di tempatkan di depan Pulau Racun, Napo Ratatotok, Pulau Babi, Teluk Totok dan Tanjung Ratatotok. Untuk menikmati wisata perahu bagan, anda cukup mengeluarkan Rp. 100.000/orang /malam.

4. Keliling Pulau-pulau Indah

Di teluk buyat dan totok terdapat beberapa pulau kecil yang indah dan dikelilingi pasir putih. Saat berada di pulau ini (apa terlebih dipuncak pulau) anda akan melihat pemandangan alam yang begitu memanjakan mata sambil merasakan dinginnya hembusan angin yang menerpa tubuh. Untuk menikmati keindahan pulau-pulau ini anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp. 600.000 – Rp. 750.000 untuk menyewa perahu wisata (bisa menampung sekitar 15 orang).

Beberapa pulau kecil nan indah di yang dapat anda kunjungi dengan perahu wisata seperti Pulau Batu Tiga, Pulau Mutiara, Pulau Racun, Pulau Dako Kayu, Pulau Hogow, Pulau Putus-putus, dan Pulau Naga. Bagi pecinta dunia fotografi, uang sebesar Rp. 750.000 yang anda keluarkan akan mendapatkan ganjaran setimpal dengan pemandangan alam yang begitu indah. Yang senang dengan fotografi underwater disekitar pulau kecil ini anda bisa mengabadikan keindahan bawah laut yang tidak kalah cantik dengan Taman Laut Bunaken di Kota Manado.

Pulau Naga - Ratatotok Minahasa Tenggara
Pulau Naga
Pemandangan dari pulau naga
Pemandangan dari pulau naga yang berpasir putih

Oh ya, setiap perahu wisata telah dilengkapi dengan life jacket sehingga anda tidak perlu kuatir selama dalam perjalanan. Salah satu kelebihan lain perahu wisata di Ratatotok yaitu telah dilengkapi dengan hiburan full music. Jadi selama dalam perjalanan anda bisa mendengarkan alunan music sambil mata anda menyaksikan berbagai pulau-pulau kecil nan indah termasuk hamparan padang savana.

5. Wisata Hutan Mangrove

Wisata dengan menyusuri hutan mangrove seluas 150 hektar, merupakan salah satu pilahan menikmati keindahan alam di Ratatotok. Dengan tarif Rp 150.000 (kapaistas 3 orang) anda bisa menyewa perahu yang akan mengantar anda mengelilingi hutan mangrove. Anda bisa mengenal lebih dekat keanekaragaman hayati dan berbagai jenis pohon mangrove, dan memancing ikan kerapu. Menarik bukan?

Sulawesi Utara bukan hanya Bunaken, masih banyak tempat wisata menarik lainnya yang bisa anda jelajahi. Apabila anda berkunjung ke berbagai tempat wisata di Manado, tidak ada salahnya anda menyisihkan waktu untuk mengunjungi Ratatotok (minimal 2 hari) karena Ratatotok merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Sulawesi UtaraSilahkan hubungi kami jika anda ingin berkunjung Sulawesi Utara, kami akan dengan senang hati membantu anda menjelajahi berbagai objek wisata di Sulawesi Utara.

Note: Video by Yoan, foto berbagai tempat wisata di Ratatotok by seputarsulut.com

banner-natal-pemprov1024

Tentang eser zone

Hanyalah seorang yang ingin berbagi cerita dan berbagi berita lewat sebuah catatan ringan. I'm not the best, but i will do the best. Anda juga bisa menemukan saya di facebookGoogle+ dan twitter

Lihat juga

Pemandangan Pulau Gangga Dari Pulau Lihaga

Pulau Gangga, Surga Tersembunyi di Likupang Minahasa Utara

Pulau Gangga merupakan salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Provinsi Sulawesi Utara yang …

17 Tanggapan

  1. Semoga bisa segera liburan disini n backpackeran ke Sulut… hehehe :D

    • seputar sulut

      Ditunggu bro,,,,… pasti saya temani kalau datang ke Manado… Jangan cuma keliling Asean, keliling Indonesia juga bro…

  2. Ada trevel yg kesini ga? Biar ga nyari2 gitu

  3. mau Tanya apa memungkinkan wisata ke ratatotok membawa anak kecil 3th?
    many tx

    • seputar sulut

      Ngga masalah sih kalau bawa balita,,,,.. tapi sebaiknya perlengkapan si kecil sudah disiapkan sebelum Ratatotok. Kalau mau keliling pulau2 di Ratatotok, jangan lupa juga menyiapkan jaket buat si kecil biar nda masuk angin diperjalanan, soalnya kapal yang dipakai buat keliling pulau adalah kapal terbuka

  4. untuk penginapan disana ada no yg bisa dihub gak biar pesan dulu apa gimana penginapan disana nantinya? thanks

  5. elwan mamonto

    Bisa pasang lowongan pekerjaan???

  6. sumpah.. keren sekali… 4 tahun saya dimanado baru tau infonya sekarang.. maklum cuma mikirin kerjaan saja.. #pengen refreshing sama keluarga.. thanks bro admin atas infonya.. salam

  7. Jika ada yg mau ke ratatotok bisa hubungi saya, di no ini 081340200112 , pin:261E574C
    Saya juga orang ratatotok asli :)

    • Lama qt hidup di ratatotok
      Setahun kurang lebihnya
      Sungguh indah dan damai tinggal disana
      Lakban sudah seperti rumah q sendiri karna hampir tiap sore q singgahi
      Keramahan orang2 disana bikin q betah
      Keluarga Wangki sudah seperti orang tua q
      Keluarga Sanang seperti saudara q
      Keluarga Malik Katili sudah seperti abang buat q
      Kapan q bs kesana lagi q pun tak tau tp pasti q kan kembali

    • Titip salam buat qt pe cinta
      Rossa Wangki Abraham
      You’ll always in my heart
      And i will always love you no matter you are

  8. Climb Mount Rinjani

    Nice places.
    Terima kasih untuk informasi wisatanya yang sangat menarik.
    Salam kenal

  9. Kangen pengen ke ratatotok lagi pengen main main air di pantai lakban lagi, terakhir sampe tahun 2002 aku tinggal disana karna ikut ortu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: