Home » Tempat Wisata » Pulutan, Sentra Pengrajin Gerabah di Minahasa
Rental Mobil Murah di Manado

Pulutan, Sentra Pengrajin Gerabah di Minahasa

Kerajinan Gerabah Pulutan | Foto: eser
Kerajinan Gerabah Pulutan | Foto: eser

Pulutan, Sentra Pengrajin Gerabah di Minahasa. Selain memiliki beragam destinasi wisata yang menarik, Kabupaten Minahasa juga memiliki beberapa desa penghasil kerajinan tangan yang tidak hanya ramai dikunjungi oleh para pelaku bisnis, namun juga ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Salah satu desa penghasil kerajinan tangan yang telah menjadi tujuan wisata di Minahasa adalah Desa Pulutan.

Desa Pulutan terletak di Kecamatan Remboken, Kabupaten Minahasa dan berjarak sekitar 5 km dari destinasi wisata menarik di Tondano yaitu danau Tondano dan dapat ditempuh sekitar 90 menit dengan berkendara dari Kota ManadoUntuk mencapai desa yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai pengrajin gerabah, anda dapat melewati 3 jalur darat yakni melalui Tondano, Kawangkoan dan desa Leilem.

Apabila anda berencana mengunjungi desa Pulutan sambil menikmati pemandangan danau Tondano, maka anda dapat memilih jalur Tondano. Jika anda ingin berencana mengunjungi desa Pulutan setelah menikmati keindahan Danau Linow Tomohon, maka jalur tercepat adalah melalui desa Leilem. Namun apabila anda ingin mengunjungi desa Pulutan sambil menikmati Kopi + Biapong (Ba Pao) dan kacang khas Kawangkoan, maka jalur terbaik tentunya adalah melalui Kawangkoan. Jika anda ingin mengunjungi desa Pulutan, anda bisa menggunakan jasa Rental Mobil Agape yang bisa membawa anda mengunjungi desa ini, termasuk mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di sekitarnya seperti Danau Tondano, Sumaru Endo, Danau Linow, berbagai tempat wisata menarik di Tomohon, hingga belanja oleh-oleh kacang goyang dan kacang tore khas Tondano.

Desa Pulutan sendiri memiliki luas kurang lebih 247 hektar, dengan masyarakat yang umumnya berprofesi sebagai pengrajin gerabah. Saat hendak memasuki desa Pulutan, tidak tampak bahwa desa ini merupakan pusat pengrajin gerabah di Minahasa. Hal ini dikarenakan disekitar desa, yang kelihatan hanyalah hamparan perkebunan yang menghijau layaknya berbagai desa pada umumnya di tanah Minahasa.

Kerajinan Gerabah Desa Pulutan | Foto: eser
Berbagai Hasil Kerajinan Gerabah Masyarakat Desa Pulutan | Foto: eser

Namun ketika anda sudah berada di perkampungan desa Pulutan, maka pemandangan yang tersaji hanyalah berbagai kerajinan yang diolah secara tradisional di rumah-rumah warga. Menurut beberapa warga yang sempat saya wawancarai, keahlian masyarakat dalam membuat berbagai macam kerajinan yang sudah dipasarkan hingga keluar daerah, didapatkan secara turun temurun dari nenek moyang.

Berbagai kerajinan gerabah yang dihasilkan para pengrajin di desa Pulatan seperti porno (sebutan warga Minahasa untuk tungku), belanga, vas bunga dengan berbagai macam corak dan ukuran, maupun berbagai macam kerajinan yang bisa menjadi hiasan rumah. Adapun bahan yang digunakan masyarakat untuk kerajinan gerabah di desa Pulutan mayoritas adalah tanah liat (sekitar 75%), dan sisanya dari kaolin, pelfar dan talk. Sedangkan untuk harga yang ditawarkan para pengrajin sangat berfariatif, tergantung dengan jenis kerajinan dan ukuran.

Apabila anda sedang berada di desa ini, anda tidak hanya dapat melihat berbagai hasil kerajinan yang telah jadi, akan tetapi anda dapat juga melihat proses pembuatan gerabah mulai dari pencampuran berbagai bahan yang digunakan, pengolahan bahan menjadi bentuk yang diinginkan, hingga proses pembakaran. Selain itu, disini anda juga bisa memesan berbagai hasil kerajinan gerabah sesuai desain anda sendiri. Apabila anda ingin melihat proses pembuatan gerabah, ada baiknya anda mengunjungi desa ini bukan pada hari Minggu atau hari libur keagamaan umat Kristiani karena pada umumnya masyarakat didaerah ini masih menjunjung kearifan lokal masyarakat Minahasa dimana mereka tidak bekerja disaat hari ibadah atau saat ada kedukaan di desa tersebut.

Melihat potensi yang dimiliki, pemerintah Kabupaten Minahasa maupun pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui instansi terkait memberikan bimbingan dan pelatihan kepada para pengrajin termasuk membangun pusat pelatihan di desa Pulutan dengan mengenalkan berbagai teknologi untuk meningkatkan kualitas hasil kerajinan gerabah. Jika anda bermaksud mengunjungi berbagai tempat wisata di Minahasa dan Tomohon, tidak ada salahnya anda berkunjung ke desa Pulutan, Kec. Remboken, Kab. Minahasa untuk melihat kerajinan gerabah, sekaligus juga berbelanja oleh-oleh buat sahabat maupun saudara dirumah.

banner-natal-pemprov1024

Tentang eser zone

Hanyalah seorang yang ingin berbagi cerita dan berbagi berita lewat sebuah catatan ringan. I'm not the best, but i will do the best. Anda juga bisa menemukan saya di facebookGoogle+ dan twitter

Lihat juga

Pemandangan Pulau Gangga Dari Pulau Lihaga

Pulau Gangga, Surga Tersembunyi di Likupang Minahasa Utara

Pulau Gangga merupakan salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Provinsi Sulawesi Utara yang …

Satu Komentar

  1. Indonesia memang begitu kaya dengan beragam karya kerajinan tangan nya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: