Home » Tempat Wisata » Pulau Siladen, Objek Wisata Menarik di Kota Manado
Rental Mobil Murah di Manado

Pulau Siladen, Objek Wisata Menarik di Kota Manado

pantai pasir putih di siladen
Pantai berpasir putih di pulau Siladen | Foto: Leonard Seran

Pulau Siladen terletak di sebelah timur laut pulau Bunaken Kecamatan Bunaken, berjarak sekitar 8 mil dari pusat Kota Manado dan dapat ditempuh selama 45 menit menggunakan kapal motor. Pulau Siladen memiliki luas sekitar 31,25 hektar yang dikelilingi oleh hamparan pasir putih dengan beragam pepohonan disepanjang bibir pantainya.

Pulau Siladen sendiri terletak tidak jauh dari pulau Manado Tua yang merupakan salah satu tempat terbaik di Kota Manado untuk berlibur. Dikelilingi dengan pantai berpasir putih dan laut yang terdapat terumbu karang dengan berbagai biota laut yang beraneka ragam dengan berbagai macam bentuk dan warna sehingga membentuk taman laut yang sangat indah.

Pesona Pulau Siladen

Keindahan taman laut di Pulau Siladen dapat terlihat pada lokasi yang disebut Siladen 1 dan Siladen 2. Hamparan pasir putih begitu mendominasi pulau kecil ini. Selain merupakan tempat diving yang banyak digemari oleh para penyelam profesional, Pulau ini juga merupakan salah satu tempat snorkling yang nyaman bagi siapa saja yang datang berkunjung ke tempat ini.

Selain itu, pulau eksotis ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih sedangkan kondisi dalam airnya tidak terlalu banyak terumbu karang dan didominasi pasir sehingga sangat cocok untuk berenang.

Di pulau kecil yang begitu indah ini, banyak sekali berdiri resort-resort mewah yang begitu terjaga dengan rapi, sehingga bila Taman Nasional Bunaken begitu dikenal dengan keindahan bawah lautnya, Pulau Siladen lebih menonjolkan keindahan hamparan pantainya. Pantai pasir putih di Pulau Siladen lebih menonjolkan keindahan hamparan pantainya sehingga pantai pasir putih Siladen sangat potensial untuk dijadikan sebagai pusat tempat olahraga pantai.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di Pulau Siladen seperti menikmati taman laut dengan cara mengelilingi dengan menggunakan perahu berkaca (Katamaran), snorkling, diving, fotografi bawah laut, serta berjemur di bawah terik matahari. Untuk dapat berkunjung ketempat ini ada dua alternatif yang dapat anda gunakan, pertama dengan perahu transportasi umum dan kedua dengan menggunakan perahu speed boat yang dapat anda sewa secara khusus.

Cara Menuju ke Pulau Siladen

Apabila anda memilih untuk menggunakan perahu transportasi umum, maka anda hanya bisa berangkat menuju ketempat ini pada waktu tertentu yakni pada pukul 13.00 s/d 15.00 tergantung pasang surut air dan hanya bisa kembali pada keesokan harinya karena perahu ini baru akan kembali ke Manado keesokan harinya sekitar pukul 07.00 pagi. Sedangkan untuk ongkos perjalanan menggunakan perahu transportasi umum sekitar 25.000 sampai 50.000 per orang.

Cara kedua untuk bisa mengunjungi Pulau Siladen adalah dengan menggunakan perahu speed boat yang dapat dicarter. Dengan cara ini anda dapat berangkat menuju ke Pulau Siladen kapan saja dan kembali ke Kota Manado kapan saja sesuai dengan keinginan anda. Untuk harga sewa perahu berkisar antara Rp. 350.000 – Rp. 500.000 untuk sekali jalan, atau sekitar Rp. 700.000 sampai Rp. 900.000 untuk sewa satu hari pulang pergi pada hari yang sama (tergantung jenis perahu dan seberapa hebat anda melakukan negosiasi dengan sang pengemudi).

Jadi, bagi anda yang sedang mencari objek wisata di Kota Manado, Pulau Siladen bisa menjadi salah satu pilihan anda selain Taman Laut Bunaken.

banner-natal-pemprov1024

Tentang eser zone

Hanyalah seorang yang ingin berbagi cerita dan berbagi berita lewat sebuah catatan ringan. I'm not the best, but i will do the best. Anda juga bisa menemukan saya di facebookGoogle+ dan twitter

Lihat juga

Pulutan, Sentra Pengrajin Gerabah di Minahasa

Pulutan, Sentra Pengrajin Gerabah di Minahasa. Selain memiliki beragam destinasi wisata yang menarik, Kabupaten Minahasa juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: