Home » Tempat Wisata » Pulau Gangga, Surga Tersembunyi di Likupang Minahasa Utara
Rental Mobil Murah di Manado

Pulau Gangga, Surga Tersembunyi di Likupang Minahasa Utara

Pulau Gangga di Likupang Minahasa Utara
Pulau Gangga di Likupang Barat Minahasa Utara | Foto: bro eser

Pulau Gangga merupakan salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Provinsi Sulawesi Utara yang dianugerahi pemandangan yang begitu indah. Secara administrasi pulau dengan bibir pantai berpasir putih yang begitu halus terletak di Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara. Terdapat dua desa di pulau ini yaitu Desa Gangga Satu dan Desa Gangga Dua. Pulau seluas 14.65 km2 merupakan salah satu primadona wisata bahari yang ada di Provinsi Sulawesi Utara selain Pulau Bunaken, Pulau Siladen yang terletak di Kota Manado dan Lembeh di Kota Bitung.

Informasi mengenai Pulau Gangga di dunia maya memang tidak sebanyak dengan informasi mengenai Pulau Bunaken. Namun anda jangan salah, keindahan bawah laut di Pulau Gangga dan sekitarnya tidak kalah indahnya dengan keindahan Taman Laut Bunaken. Tidak mengherankan jika pulau kecil yang berdekatan dengan Pulau Lihaga menjadi salah satu lokasi diving favorit wisatawan asing yang berkunjung ke Sulawesi Utara (baca: 10 Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Utara).

Pemandangan Pulau Gangga Dari Pulau Lihaga
Foto Pulau Gangga yang diambil dari Pulau Lihaga | Foto: bro eser

Trasnportasi Menuju Pulau Gangga

Untuk mencapai pulau ini, anda harus berkendara sekitar 90 menit dari Kota Manado menuju ke Likupang. Namun, apabila anda menggunakan angkutan umum dari terminal Pall 2 Manado untuk menuju ke Likupang, anda akan menghabiskan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Dari pelabuhan kecil di Likupang, kemudian barulah anda melanjutkan perjalanan menuju ke Pulau Gangga menggunakan taksi perahu (spead boat) yang menghabiskan waktu sekitar 40 menit. Bagi anda yang hendak mengunjungi Pulau Gangga menggunakan perahu taksi, ada baiknya anda mengetahui jadwal keberangkatan karena tidak setiap saat tersedia speed boat yang melakukan penyeberangan ke Pulau Gangga.

Lain halnya apabila anda memiliki dana yang cukup menyewa speed boat untuk dipakai sendiri. Jika anda hendak mencarter speed boat, ada baiknya anda naik speed boat dari Desa Serei ataupun dari Desa Bahoi. Harga carter spead boat dari Desa Serei atau Desa Bahoi menuju ke Pulau Gangga jauh lebih murah dibandingkan harga carter dari pelabuhan Likupang, ditambah jarak tempuh dengan speed boat juga menjadi lebih singkat. Selain itu, di Desa Bahoi anda juga dapat melihat pemandangan alam yang begitu indah di desa yang telah berubah menjadi desa wisata.

Pulau Lihaga dan Pulau Gangga
Pemandangan Pulau Lihaga dan Pulau Gangga | Foto: bro eser

Birunya lautan akan menjadi teman perjalanan anda menuju ke pulau Gangga. Saat anda hendak mendekati Pulau Gangga, anda akan disajikan dengan keindahan dua pulau berpasir putih yakni Pulau Lihaga dan Pulau Gangga. Dan begitu tiba di Pulau Gangga, hamparan pasir putih dengan hijaunya nyiur pohon kelapa yang melambai-lambai tertiup angin seolah-olah menyambut kedatangan setiap pengunjung di pulau yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Kealamian pulau ini masih sangat terjaga karena peran serta masyarakat setempat yang menjaga alam yang ada di pulau ini dan perairan sekitarnya.

Pesona Taman Laut Pulau Gangga

Ada beragam aktifitas yang bisa anda lakukan di pulau ini seperti rekrasi, berjalan menyusuri pantai berpasir putih, memancing, snorkling, hunting foto dan yang pasti wajib untuk anda lakukan adalah diving/menyelam. Tak sempurna memang rasanya mengunjungi Pulau Gangga tanpa menikmati keindahan bawah laut yang eksotis.

Keindahan taman laut di sekitar Pulau Gangga memang sudah sangat dikenal para pencinta diving. Layaknya lokasi menyelam lainnya di Sulawesi Utara, pemandangan bawah laut Pulau Gangga yang dihuni oleh beragam jenis biota laut dan beragam terumbu karang yang berwarna warni menjadikan Pulau Gangga sebuah magnet bagi para penggemar dunia bawah laut. Bahkan mereka yang memiliki hobi fotografi underwater sering menjadikan lokasi ini sebagai salah satu spot fotografi bawah laut di Sulawesi Utara. Saat sore hari ketika matahari hendak kembali keperaduannya, anda akan disajikan pemandangan sunset yang begitu indah. Sangat disayangkan jika anda tidak mengabadikan keindahan sunset di Pulau Gangga.

Resort di Pulau Gangga
Gangga Island Resort & Spa | Foto: ganggaisland.com

Apabila anda ingin menjelajahi keindahan alam bawah laut di Pulau Gangga lebih lama, ada baiknya anda berangkat dari Manado saat pagi hari dan kembali saat sore menjelang malam. Namun, jika anda ingin mengeksplorasi pulau ini lebih jauh lagi, ada baiknya anda bermalam disini. Anda tidak perlu khawatir soal penginapan karena di Pulau Gangga terdapat sebuah resort yang bernama Gangga Island Resort & Spa. Bungalow yang dibangun dengan gaya khas Minahasa yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang akan semakin memanjakan liburan anda di pulau ini.

Jadi, apabila anda berencana mengunjungi berbagai obejek wisata di Manado dan sekitarnya, jangan lupa untuk memasukkan Pulau Gangga sebagai salah satu daerah tujuan wisata anda.

banner-natal-pemprov1024

Tentang eser zone

Hanyalah seorang yang ingin berbagi cerita dan berbagi berita lewat sebuah catatan ringan. I'm not the best, but i will do the best. Anda juga bisa menemukan saya di facebookGoogle+ dan twitter

Lihat juga

Pulutan, Sentra Pengrajin Gerabah di Minahasa

Pulutan, Sentra Pengrajin Gerabah di Minahasa. Selain memiliki beragam destinasi wisata yang menarik, Kabupaten Minahasa juga …

2 Tanggapan

  1. Di Bahoi juga bisa diving dan snorkeling. Pemandangan bawah lautnya ga kalah keren. Trus ada wisata mangrove…. memang alam ciptaan Tuhan di Likupang ini keren2… semoga trus dijaga okeh kita semua. Anyway, thsnk you buat infonya.

  2. Agusti Muhsy Maghribi

    Allahuakbar, indah banget wisata pulau Gangga ini, semoga selalu terjaga keasriannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: