Home » Sulawesi Utara » Kota Tomohon » Profil Kota Tomohon
Rental Mobil Murah di Manado

Profil Kota Tomohon

Taman Kota Tomohon
Kota Tomohon | Foto: tomohonkota.go.id

Kota Tomohon merupakan sebuah kota kecil di Provinsi Sulawesi Utara yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Minahasa dan berjarak sekitar 23 km dari Kota Manado. Meskipun terhitung kota kecil, akan tetapi Tomohon menyimpan potensi yang luar biasa terlebih dibidang pariwisata dan pertanian.

Sejarah Kota Tomohon

Di kutip dari situs resmi pemerintah Kota Tomohon tomohonkota.go.id sejak dahulu Tomohon telah dituliskan dalam beberapa catatan sejarah. Salah satunya terdapat dalam karya etnografis Pendeta N. Graafland yang ketika pada tanggal 14 Januari 1864 di atas kapal Queen Elisabeth, ia menuliskan tentang suatu negeri yang bernama Tomohon yang dikunjunginya pada sekitar tahun 1850.

Perkembangan peradaban dan dinamika penyelenggaraan pembangunan dan kemasyarakatan dari tahun ke tahun menjadikan Tomohon sebagai salah satu ibukota kecamatan di Kabupaten Minahasa.

Dekade awal tahun 2000-an masyarakat di beberapa bagian wilayah kabupaten Minahasa melahirkan inspirasi dan aspirasi kecenderungan lingkungan strategis baik internal maupun eksternal untuk melakukan pemekaran daerah. Berhembusnya angin reformasi dan diimplementasikannya kebijakan otonomi daerah, semakin mempercepat proses akomodasi aspirasi masyarakat untuk pemekaran daerah dimaksud. Melalui proses yang panjang secara yuridis dan pertimbangan yang matang dalam rangka akselerasi pembangunan bangsa bagi kesejahteraan masyarakat secara luas, maka Pemerintah Kabupaten Minahasa beserta Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Minahasa merekomendasikan aspirasi masyarakat untuk pembentukan Kabupaten Minahasa Selatan, Kota Tomohon, dan Kabupaten Minahasa Utara; yang didukung oleh Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara. Pembentukan Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Tomohon ditetapkan Pemerintah Pusat dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2003, dan pembentukan Kabupaten Minahasa Utara melalui Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2003.

Terbentuknya lembaga legislatif Kota Tomohon hasil Pemilihan Umum Tahun 2004, menghasilkan Peraturan Daerah Kota Tomohon Nomor 22 Tahun 2005 tentang Lambang Daerah dan Peraturan Daerah Kota Tomohon Nomor 29 Tahun 2005 tentang Hari Jadi Kota Tomohon.

Kota Tomohon diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Harry Sabarno atas nama Presiden Republik Indonesia pada tanggal 4 Agustus 2003.

Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota hasil Pemilihan Kepala Daerah langsung, Jefferson S. M. Rumajar, SE dan Linneke S. Watoelangkow pada tanggal 4 Agustus 2005 oleh Pejabat Gubernur Sulut Ir. Lucky Korah, M.Si berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri No. 131.51-494 Tahun 2005, tanggal 13 Juli 2005 (Walikota) dan No. 131.51-495 tanggal 13 Juli 2005 (Wakil Walikota)

Kondisi Geografis Kota Tomohon

Berdasarkan data yang didapat dari badan pusat statistik, Kota Tomohon memiliki luas 147, 21 km2  dan terletak pada 01º 18′ 51″ Lintang Utara dan 124º 49′ 40″ bujur timur dan berbatasan dengan:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Minahasa
  • Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Minahasa
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Minahasa
  • Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Minahasa

Walikota Tomohon Dari Masa ke Masa

Semenjak dimekarkan dari Kabupaten Minahasa Kota Tomohon telah mengalami beberapa pergantian pimpinan. Adapun beberapa pemimpin yang pernah memimpin Kota Tomohon seperti:

  1. Drs. Boy S Tangkawarouw MSc Pejabat 4 Agustus 2003
  2. Jeffry Korengkeng, SH, MSi Pelaksana Tugas Pejabat 8 Maret 2005
  3. Nico Pelealu, SH, MSi Penjabat 16 Mei 2005
  4. Jefferson SM Rumajar, SE Definitif 4 Agustus 2005
  5. Fentje Goni, SH Pelaksana Harian (Plh) 4 Agustus 2010
  6. Drs. Gerson Mamuaja Penjabat 15 Agustus 2010
  7. Jefferson SM Rumajar, SE Definitif 7 Januari 2011
  8. Jimmy F Eman, SE Ak Pelaksana Tugas (Plt) 10 Januari 2011

Tempat Wisata di Kota Tomohon

Meskipun hanya memiliki luas sekitar 147, 21 km2 namun Tomohon memiliki beberapa tempat wisata menarik yang sudah dikenal hingga ke luar negeri. Berkunjung ke Manado, Sulawesi Utara tidak akan lengkap rasanya jika tidak menikmati keindahan alam pegunungan di Kota Tomohon. Adapun beberapa tempat wisata menarik di Kota Tomohon seperti: Danau Linauw atau yang lebih dikenal dengan Danau Linow, Bukit Doa Tomohon, Air Terjun Pinaras, Gunung Mahawu, Hutan Pinus, Vihara Ekayana, eko wisata desa Rurukan, hamparan kebun bunga, dan tentunya pasar Tomohon, pasar ekstrim di Sulawesi Utara.

Bagi anda yang gemar dengan dunia fotografi, Kota Tomohon merupakan spot wajib yang harus anda datangi apabila anda ingin mengabadikan keindahan alam di Sulawesi Utara. Hamparan kebun bunga berlatar belakang gunung lokon, sunrise yang indah dari puncak mahawu merupakan moment yang sulit untuk tidak diabadikan lewat rekaman lensa kamera. Selain itu, ada beberapa event menarik yang dilaksanakan di Kota Tomohon dan menyedot perhatian para wisatawan seperti  Tomohon International Flower Festival dan Pawai 17-an.

Selain itu, Kota Tomohon juga dikenal sebagai pusat industri rumah panggung yang terletak di desa Woloan. Rumah dengan bahan utama kayu yang berada di desa Woloan sudah terkenal hingga keluar negeri. Menariknya pembuatan rumah dengan bahan utama kayu, masih dikerjakan dengan cara manual dan dirancang agar supaya bisa dibongkar pasang sehingga begitu mudah untuk dipindahkan ke tempat lain yang diinginkan oleh pembeli.

Itulah profil singkat Kota Tomohon, kota yang terkenal dengan beberapa sebutan seperti kota religi, kota bunga dan kota marching band.

banner-natal-pemprov1024

Tentang Seputar Sulut

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Satu Komentar

  1. Prima AdiRasa

    Kota yg sangat menarik untuk dikunjungi…. suatu saat harus ke kota tomohon….
    Untuk yg membutuhkan bumbu perasa unt snack spt chiki, tela tela … silahkan kunjungi website kami primaadirasa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: