Home » News » Politik & Pemerintahan » Perjuangan Komisi IV Berbuah Baik, Kemendikbud Berikan Keringanan UKT Mahasiswa

Perjuangan Komisi IV Berbuah Baik, Kemendikbud Berikan Keringanan UKT Mahasiswa

Komisi IV DPRD Sulut saat melakukan Kunker Ke Kemendikbud pada pekan lalu

SULUT – Konsultasi sekaligus desakan Komisi IV DPRD Sulut di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada pekan lalu terkait permintaan keringanan uang kuliah bagi mahasiswa PPDS Universitas Sam Ratulangi Manado berbuah baik.

Dimana, hanya sekitar seminggu pasca pertemuan, Kemendikbud menjawab permintaan Komisi IV DPRD Sulut dengan mengeluarkan kebijakan- kebijakan, salah satunya memberikan keringanan biaya pendidikan untuk setiap residen berupa pembebasan uang kuliah atau pengurangan uang kuliah paling sedikit 25% (dua puluh lima persen).

Ketua Komisi IV, Braien Waworuntu

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi IV DPRD Sulut Braien Waworuntu pun mengucapkan trima kasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemendikbud.

“Puji Tuhan, Kami (Komisi IV) mampu mengawal aspirasi rakyat. Untuk Mahasiswa PPDS UNSRAT, agar kiranya lebih berkontribusi dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat sulut. Kami Komisi IV selalu meminta support kepada masyarakat sulut terkait tugas tugas DPRD kedepan, konsisten adalah langkah awal menuju kesejahteraan Rakyat Sulut,” Jelas BW, rabu (12/8).

RDP Komisi IV dengan Mahasiswa Residen dan Rektor UNSRAT bersama Jajaran membahas permintaan keringanan UKT Mahasiswa di tengah Pandemi Covid-19, Waktu lalu.

Diketahui, tertanggal 12 Agustus 2020 Kemendikbud mengeluarkan Surat edaran resmi yang ditandatangi oleh Mendikbud Nadiem Makarim, dengan Nomor: 69868/MPK.E/KU/2020, Hal: Kebijakan penyelenggaraan program dokter spesialis-subspesialis di tatanan kenormalan baru.

Yth. Rektor Perguruan Tinggi Negeri Penyelenggara Program Dokter Spesialis-Subspesialis

Berdasarkan hasil pertemuan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama para rektor dan dekan fakultas penyelenggara program dokter spesialis-subspesialis (residen) pada Rabu, 5 Agustus 2020 membahas penyelenggaraan program dokter spesialis-subspesialis di tatanan kenormalan baru, maka untuk kelancaran penyelenggaraan program dokter spesialis-subspesialis di tatanan kenormalan baru dan mengatasi berbagai permasalahan mahasiswa program dokter spesialis-subspesialis (residen) yang menangani Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan (RSP), dengan hormat disampaikan hal berikut.

1. Rektor memberikan keringanan biaya pendidikan untuk setiap residen berupa pembebasan uang kuliah atau pengurangan uang kuliah paling sedikit 25% (dua puluh lima persen).

2. Rektor dapat memberikan perpanjangan masa studi untuk menjamin capaian kompetensi residen sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Kedokteran.

3. Rektor bersama Direktur RS harus memberikan jaminan kesehatan dan keselamatan bagi residen yang menangani Covid-19 sesuai dengan protokol kesehatan untuk tenaga keschatan, paling sedikit berupa:

a. pemenuhan alat pelindung diri sesuai standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan,

b. pengaturan waktu kerja dan istirahat dilaksanakan sesuai dengan rekomendasi Komite Bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Kesehatan, yaitu jam kerja residen yang melakukan tugas jaga dibatasi selama 72 jam hingga 88 jam per minggu, dengan waktu istirahat dalam bekerja paling sedikit setengah jam, setelah bekerja selama 4 jam secara terus menerus.

c. pelaksanaan tés polymerase chain reaction (PCR) secara berkala;

d. pendampingan dari psikolog untuk mengantisipasi dan menangani kelelahan (burn out) atau depresi yang dialami oleh residen.

4. Rektor dapat berkoordinasi dengan Direktur RSP untuk mengupayakan pemberian insentif untuk residen sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/392/2020 tentang Pemberian Insentif dan Santunan Kematian bagi Tenaga Kesehatan yang menangani Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Berdasarkan hal tersebut diatas, rektor dapat menetapkan pedoman akademik penyelenggaraan program dokter spesialis-subspesialis di tatanan kenormalan baru.

Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami sampaikan terima kasih.

(Ardybilly)

Promo Daihatsu Manado 2018

Tentang ardy

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Ini Harapan Mohammad Wongso di HUT Ke-56 Provinsi Sulut

SULUT – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 Provinsi Sulut tahun 2020 ini memiliki makna …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: