Home » News » Headline » Paripurna DPRD Saksikan WTP ke 5 Sulut
Rental Mobil Murah di Manado

Paripurna DPRD Saksikan WTP ke 5 Sulut

Pimpinan DPRD, Wagub Sulut Dan BPK

SULUT – DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Prov Sulut) menggelar Rapat Paripurna Istimewa, Kamis (16/06/2016) dalam rangka Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK-RI atas laporan keuangan Pemerintah Daerah Prov Sulut Tahun Anggaran 2015 kepada DPRD Prov Sulut.

 

Pergelaran ini bertempat di ruang sidang paripurna DPRD Sulut yang dipimpin oleh Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Sulut Wenny Lumentut serta Marthen Manoppo dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Prov Sulut Steven Kandouw dan Anggota VI BPK-RI Prof. Dr. Bahrullah Akbar.

Pimpinan DPRD, DPD RI, BPK dan Wagub Sulut
Pimpinan DPRD, DPD RI, BPK dan Wagub Sulut

 

Dalam sambutannya, Bahrullah Akbar mengatakan pemeriksaan ini ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan Pemprov Sulut Tahun 2015, dengan memperhatikan kesesuaian Standar Akutansi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektifitas sistem pengendalian intern.

 

“Laporan keuangan tahun 2015 tersebut telah disusun berdasarkan standar akutansi pemerintah berbasis akrual, dimana laporan keuangan yang disajikan berubah dari 3 laporan menjadi 7 laporan, yaitu Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas dan Laporan Perubahan Ekuitas serta Catatan atas Laporan Keuangan,” jelas Akbar.

Pimpinan terima Cendera Mata dari BPK

 

Akbar juga menambahkan berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan BPK sesuai dengan UU. No 15 Tahun 2004 pasal 16 dapat disimpulkan bahwa penyusunan laporan keuangan Pemprov Sulut tahun 2015 telah sesuai dengan SAP berbasis akrual, telah diungkapkan secara memadai, dan tidak terdapat ketidakpatuhan yang berpengaruh langsung dan material, serta telah menyusun dan merancang unsur-unsur SPI.

adv2

 

“Pemeriksaan BPK telah dilakukan sesuai dengan SPKN, maka BPK-RI  menyimpulkan bahwa opini atas laporan keuangan Pemprov Sulut tahun 2015 adalah WAJAR TANPA PENGECUALIAN (WTP),” tuturnya.

adv3

 

Pencapaian opini WTP ini sendiri sudah yang kelima kalinya untuk Pemprov Sulut,  akan tetapi BPK masih menemukan permasalahan yang harus menjadi perhatian Pemprov Sulut diantaranya, Pengelolaan dan penatausahaan aset tetap Pemprov Sulut belum memadai.

adv

 

Sementara itu, Wakil Gubernur, Steven Kandouw menyatakan, ia menyampaikan terima kasih kepada DPRD dan seluruh SKPD yang telah bekerja keras selama kurang lebih 2 bulan.

 

” WTP yang kelima diterima oleh pemerintah provinsi jangan membuat kita semua puas diri. Tetapi lebih memacuh semangat untuk bekerja lebih keras lagi. Dan sebagai Wakil Gubernur akan saya awasi dan plototi terus,” tegas Kandouw.

adv4

 

Yang turut hadir dalam rapat ini, anggota DPD RI bidang Keuangan  Ir.Marhanny Pua, Forkopimda, kepala perwakilan BPK, Sekretaris Daerah Sulut, Kepala Perwakilan BPKP, BI, OJK, Kepala Zona Maritim tengah bakamla, pejabat eselon II dan III, jajaran Pemprov Sulut, serta Insan Pers. (ArdyBilly)

banner-natal-pemprov1024

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Wawali Manado Lepas Tim Manado Ke PORProv Sulut

MANADO –  Wakili Walikota GSVL Lepas Kontingen PORPROV Manado,  Wawali Mor, ” Menang Kalah Biasa, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: