Home » Opini » Artikel » Penyelenggara Pemilu Yang Berkualitas
Rental Mobil Murah di Manado

Penyelenggara Pemilu Yang Berkualitas

heard-panwaslu
Heard Runtuwene

Pemilu yang berkualitas adalah harapan kita bersama dalam proses demokrasi di Negara Kesatuan Repubnlik Indonesia.   Apalagi menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak nantinya.  Selain itu dengan pemilihan legislatif dan presiden yang bersamaan nanti tentunya diperlukan perangkat pendukung yang mumpuni, diantaranya para penyelenggara pemilu.

Sebagai sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat, maka rakyat Indonesia sangat mengharapkan pemilu bisa berlangsung secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Peran penting untuk kualitas Pemilu itu tentunya ada di tangan para penyelenggara Pemilu yang dipilih dan dipercayakan untuk menjalankan amanat itu.  Ada 4 hal penting yang perlu dipunyai jajaran penyelenggara pemilu.

Empat hal penting yang dimaksud adalah penyelenggara pemilu harus memiliki Kompetensi, Integritas, Independen dan fit (sehat).   Ini merupakan ringkasan inti dari berbagai persyaratan yang harus dipenuhi seorang calon penyelenggara pemilu untuk nantinya berkiprah sebagai penyelenggara pemilu.

Kompetensi yang dimaksud adalah bahwa setiap penyelenggara Pemilu baik KPU dan Bawaslu serta jajarannya adalah orang-orang yang memiliki pengetahuan bahkan pengalaman dalam kepemiluan.  Dari administrasi sudah terlihat kualitas penyelenggara. Jadi administrasi bagi tim seleksi haruslah dilihat baik-baik.  Kemudian metode CAT dan wawancara juga akan berkontribusi penting dalam total penilaian layaknya sesorang menjadi penyelenggara pemilu.

Integritas yang dimaksud antara lain adalah pentingnya penyelenggara Pemilu untuk memiliki sifat jujur dan anti KKN.  Masukkan masyarakat dalam uji publik mungkin bisa jadi salah satu parameter dalam penilainnya. Kinerja kerja di berbagai organisasi dan pekerjaan sebelumnya bisa mengambarkan hal ini.

Independen bermaksud bahwa penyelenggara pemilu tidak boleh terafiliasi atau terpengaruh dengan partai politik apapun sehingga setiap keputusan akan bebas intervensi dan kepentingan dari para politisi dan partai politik.  Tak bisa dipungkiri dukungan hitam diatas putih yang masuk bisa mengambarkan kenetralan dari penyelenggara.   Bukan tidak mungkin ada harapan dari kelompok pendukung untuk bisa memepengaruhi ketika menjadi penyelenggara pemilu.

Fit atau sehat bermaksud agar supaya para penyelenggara pemilu, memang benar-benar memiliki ketahanan mental dan jiwa serta tubuh yang kuat dan sehat dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu.  Masalah psikologis dan fisik haruslah juga mendapatkan perhatian penting bagi penilaian bagi penyelenggara pemilu.  Beberapa pengalaman contohnya, ada penyelenggara pemilu yang bisa bekerja dalam tim atau memiliki cacat fisik yang nanti diketahui pada saat menjabat karena uji di tahap ini yang tak berkualitas.

Jadi tidak sekedar proses administrasi saja yang memenuhi syarat, akan tetapi berbagai hal juga penting untuk menunjang dan mempengaruhi seorang penyelenggara pemilu dalam menjalankan tugasnya.  Karena tekanan konflik yang besar akan diperhadapkan para penyelenggara pemilu jika tak profesional dan fokus dengan beban kerja yang ada.  Akhirnya semoga penyelenggara pemilu di semua tingkatan bisa bekerja sesuai aturan dan harapan masyarakat menuju pesta demokrasi yang berdasarkan tujuan Pemilu.

 

 

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Mengetahui Kebenaran Sosial Media

It’s Time for Truth on Social Media. Demikian judul dari sebuah artikel di mashable.com. Emily …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: