Home » Opini » Pentingnya Penataan Kota dan Pelestarian Alam
Rental Mobil Murah di Manado

Pentingnya Penataan Kota dan Pelestarian Alam

Indonesia adalah Negara kepulauan yang memiliki potensi sumber daya alam yang kaya dan sejak dulu dipuja-puja bangsa lain. Salah satu daya pikat Indonesia dimata internasional adalah Negara kita memiliki keanekaragaman budaya dan adat-istiadat yang beragam serta unik. Ini sebuah daya tarik dimata dunia dan kebanggaan rakyat Indonesia yang harus kita pertahankan turun-temurun. Bila kita ingin bepergian ke suatu Negara, tentu akan menjadi cerita yang sangat berkesan ketika kita melihat dan merasakan suatu hal yang berbeda dan tidak bisa kita temukan di negara kita.

Inilah yang disebut dengan keunikan yang membedakan satu hal dengan hal lainnya. Indonesia adalah Negara yang unik dan keunikan itu terjadi oleh karena keberagaman adat dan budaya yang kita miliki. Inilah kebanggan Indonesia serta keunikan republik kita yang tidak dimiliki negera lain. Alangkah sedihnya bila kita gagal menjaga kelestarian asset Negara yang sangat mahal nilainya ini.

Sebagai seorang arsitek yang sering berpindah-pindah dari satu kota ke kota lain, saya banyak mengamati dan mempelajari fenomena ini. Saya sering terkesan melihat sebuah kota yang sangat kental dengan budayanya, dan sangat merasa nyaman berada didalam kota itu. Ketika kembali kedaerah asal, selalu teringat akan berbagai kesan yang tetap membekas dihati sehingga ingin datang lagi kemudian hari. Saya percaya, orang lain akan menikmati pengalaman dan perasaaan seperti yang saya rasakan dan dapat kita bayangkan para wisatawan luar yang datang dan menceritakan kesan ini ke negaranya, tentu ini sangat positif. Seperti itulah sampai hari ini beberapa kota seperti yang diungkapkan diatas tetap menjadi primadona dimata dunia. Sebuah keunikan yang tidak bisa dilihat dan dirasakan ditempat lain. Ini sebuah kekayaan Indonesia yang harus dipertahankan.

Dengan menyadari potensi yang kita miliki serta upaya pemerintah untuk lebih mengangkat nilai-nilai budaya dan mempertahankan keberadaannya maka Indonesia akan memiliki jati diri yang jelas sebagai Negara yang berbudaya serta menjadi karakter yang sifatnya permanen sehingga akan selalu diingat oleh seluruh rakyat bahkan pelancong yang mampir di negeri seribu pulau ini.

BUAH KARYA JOKOWI UNTUK MENATA KOTA SOLO DAN JAKARTA

Sebagai arsitek yang peduli terhadap tata kota dan lingkungan hidup saya memberi apresiasi terhadap komitmen seorang Jokowi membangun setiap kota yang pernah dipimpinnya. Beberapa hal yang luar biasa yang dia lakukan menyangkut penataan kota dan lingkungan hidup dapat diurai sebagai berikut :

  1. Relokasi Pedagang Kaki Lima ke Sebuah Pasar Modern

Setiap kota pasti akan kita jumpai yang namanya pedagang kaki lima. Tempat-tempat yang seharusnya difungsikan sebagai fasilitas umum dalam sebuah kota sering menjadi tempat strategis bagi para pedagang kaki lima untuk menjajahkan dagangannya. Tentunya ini memberi pemandangan buruk terhadap image sebuah kota. Keberadaan meraka merusak estetika kota dan merusak fungsi-fungsi space kota karena terjadi alih fungsi ruang dalam kota. Jokowi dianggap berhasil membersihkan pemandangan jelek di di Solo

  1. Memelihara Kota Tua di Solo

Kemajuan jaman tidak dapat kita hindari yang ditandai dengan bertumbuhnya bangunan-bangunan baru yang modern. Hal ini tidak ada salahnya namun mempertahankan corak daerah dalam arsitektur kota memberikan nilai yang berbeda terhadap sebuah image kota, apalagi yang menyangkut dengan bangunan bersejarah didalam kota. Jokowi berhasil mempertahankan nilai-nilai kedaerahan dengan mempertahankan kota tua di Solo. Ini sebuah prestasi luar biasa dari seorang kepala daerah. Salah satu keuntungan adanya kota tua yaitu pertama untuk mempertahankan jatidiri kota dan peninggalan sejarah dan kedua akan menjadi daya tarik bagi wisatawan karena bila kita ingin melihat kota modern mungkin kota-kota didaerah tidak akan menjadi pilihan, tetapi kota-kota didaerah yang memiliki karakter yang kental dengan budaya dan istiadat yang dikandung didalamnya, maka kota itu akan menjadi tujuan perjalanan wisatawan.

  1. Program free car day di Solo dan Jakarta

Jokowi membebaskan satu hari dalam seminggu sebagai hari bebas kendaraan bermotor. Ini dilakukannya di Solo dan Jakarta. Free car day ini merupakan moment yang penting bagi masyarakat untuk menikmati ruang kota dengan kegiatan sesuka hati. Berinteraksi dengan sesama dan melakukan kegiatan sosial lainnya. Lingkungan terasa lebih nyaman karena tidak ada polusi dari kendaraan bermotor.

  1. Normalisasi Waduk dan Pemukiman Kumuh

Salah satu masalah penyebab banjir Jakarta adalah berkurangnya daerah resapan air dalam kota. Kondisi waduk-waduk yang tidak lagi berfungsi dengan baik juga menjadi pemicu. Dalam waktu 2 tahun Jokowi mampu melakukan normalisasi waduk yang sebagian juga dijadikan taman bermain yang asri. Kehadiran taman sangat bermanfaat bagi aktifitas sosial masyarakat sekitar dan sekaligus menjadi sumber oksigen bagi masyarakat. Merelokasi beberapa pemukiman kumuh di Jakarta menunjukkan komitmen yang sungguh dari Jokowi untuk memperhatikan lingkungan hidup dan kesehatan  masyarakat. Normalisasi waduk dan menata kembali pemukiman kumuh juga dilakukan Jokowi semenjak di Solo.

  1. Bukan Sekedar Program tapi Memberi Panutan

Jokowi tidak hanya pinter menggagas program peduli lingkungan hidup namun dia memberi contoh. Dalam berbagai kesempatan, Jokowi senang tanpa kendaraan bermotor. Sebut saja program PNS menggunakan sepeda sebagai transportasi menuju dan pulang kerja, bersepeda saat mendaftarkan diri sebagai calon presiden dan menggunakan kereta kuda seusai pelantikan di gedung MPR untuk menuju istana. Ini beberapa sikap presiden Jokowi untuk memberi panutan kepada masyarakat agar lebih mencintai alam sekitar tanpa membuang racun kendaraan bermotor didalam kota.

  1. Respek Terhadap Kebudayaan Indonesia

Presiden terpilih Joko Widodo adalah seorang yang peduli terhadap budaya di Indonesia. Salah satu bukti dia mewajibkan PNS menggunakan pakaian adat Betawi dilingkungan Pemprov DKI Jakarta dihari tertentu. Ini juga dilakukannya sejak menjabat walikota Solo. Salah satu bukti nyata Jokowi peduli terhadap budaya yaitu pelaksanaan kirab budaya seusai pengangkatan sumpah dirinya sebagai presiden Republik Indonesia periode 2014-2019.

PEMIMPIN DAERAH HARUS BELAJAR DARI SANG PRESIDEN

Cirikhas daerah-daerah Indonesia dapat dilihat dari kota-kota besar yang menjadi ikon setiap daerah. Salah satu aspek penting yang menjadi barometer keberhasilan seorang pemimpin didaerah dalam memimpin sebuah kota adalah kemampuan sang pemimpin untuk menata kota. Kota yang tertib dalam hal tata ruang dan estetika akan menjadi kota yang nyaman bagi kelangsungan hidup masyarakat yang beraktifitas didalamnya. Selain itu, kota akan menjadi daya tarik bagi investor untuk berinvestasi. Banyak hal yang akan diperoleh bila kota ditata dengan baik, sebagai contoh kita akan merasa nyaman tinggal disebuah rumah yang tertata. Bicara tata kota sangat identik dengan Lingkungan Hidup. Alam hijau dalam suatu kota mutlak harus dipelihara karena memiliki manfaat yang sangat besar terhadap kota itu sendiri.

Salah satu upaya pelestarian lingkungan hidup di kota antara lain ketersediaan ruang hijau seperti hutan kota, taman kota dan zona hijau lain akan berfungsi sebagai penyeimbang iklim dan pengatur suhu kota. Itulah sebabnya kehadiran taman atau hutan kota sering diistilahkan sebagai paru-paru kota, karena fungsinya yang sangat vital sebagai pusat oksigen untuk kebutuhan hidup penduduk kota. Regulasi pemerintah sangat jelas dengan mengatur ketersediaan ruang hijau minimal 30 persen, sesungguhnya untuk maksud dan tujuan diatas.

Dapat kita bayangkan bila suatu kota berdiri bangunan-bangunan beton tanpa menyediakan space untuk ruang hijau, tentu akan memberi rasa yang tidak nyaman dan mengancam kelangsungan hidup makluk ciptaan Tuhan didalamnya termasuk manusia. Melestarikan budaya daerah juga sangat penting diperhatikan. Setiap daerah tentu memiliki budaya yang beragam dan berbeda antara daerah satu dengan lainnya. Aplikasi pelestarian budaya dalam arsitektur kota bisa diterapkan dengan gaya bangunan, ornament dan symbol-simbol kota dan aspek lain seperti pergelaran & pementasan seni secara berkala.

Beberapa kota di Indonesia dianggap berhasil melestarikan budaya yang menjadi warisan nenek moyang kita. Seperti Bali, Jogjakarta, Solo dan beberapa kota lainnya yang menjadi sangat terkenal sampai di negeri luar karena tetap menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya yang unik dan menjadi daya tarik. Konsep kota modern memang tidak bisa kita hindari sebagai akibat dari perkembangan jaman dan tuntutan gaya hidup masyarakat yang semakin canggih, namun pelestarian budaya dalam sebuah kota harus tetap dipertahankan. Sebagian kota menyiasati dengan membagi teritori kota menjadi dua konsep yakni konsep kota tua dan konsep kota modern.

Pada intinya membangun daerah jangan hanya mengejar modernitas semata, namun pentingnya memperhatikan budaya daerah yang diaplikasikan dalam arsitektur kota disetiap daerah sehingga mampu mencerminkan jatidiri dan karakter Indonesia sebagai Negara kepulauan yang masing-masing memiliki budaya dan jatidirinya.

Apa yang telah dilakukan presiden Jokowi perlu ditiru oleh seluruh kepala daerah yang ada di Indonesia. Memang ada beberapa kepala daerah di Indonesia yang memiliki program-program untuk melestarikan alam namun apa yang dilakukan Jokowi harus menjadi role model setiap kepala daerah membangun daerahnya. Lingkungan hidup yang lestari akan memberi dampak positif terhadap kelangsungan hidup masyarakat, termasuk untuk mencegah terjadinya bencana alam. Mari kita lestarikan alam kita, kota harus dibangun dengan konsep kota hijau, kota yang bersahabat dengan alam. Jangan hanya mengejar modernitas dengan membiarkan kota ditumbuhi dengan hutan beton yang lebat, tapi perlu juga diimbangi dengan raung hijau yang memadai untuk keseimbangan alam.

banner-natal-pemprov1024

Tentang henry somba

Pemerhati Tata Kota dan Lingkungan, Arsitek Sekaligus Putra Daerah Kota Bitung

Lihat juga

hari bumi

Hari Bumi, Memontum Menuju Pelestarian Aset Daerah

Kejadian amukan massa di Ratatotok, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara dimana menyerang Kantor Polsek setempat dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: