Home » News » Headline » Penting !!! 4 Hal Ini Harus Diketahui Masyarakat Soal Lembaga Survey Kredibel
Rental Mobil Murah di Manado

Penting !!! 4 Hal Ini Harus Diketahui Masyarakat Soal Lembaga Survey Kredibel

Ferry Liando

Dalam menghadapi Pilkada Serentak di Sulawesi Utara dimana akan dilaksanakannya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut dan sejumlah Kabupaten/Kota pada medio Desember nanti. Sejumlah lembaga survey mulai bermunculan. Ada yang merupakan pesanan kandidat tertentu sebagai bahan propaganda untuk menaikan popularitas, ada juga yang sifatnya independen. Namun public perlu mengetahui bahwa lembaga survey yang muncul karena momentum seperti Pilkada, dll sifatnya hanya musiman dan dipastikan tidak akan berumur panjang.

Berikut 4 Hal Ini Yang Harus Diketahui Masyarakat Soal Lembaga Survey Kredibel menurut Pengamat Politik DR. Ferry Liando kepada seputar sulut.com Rabu (27/05).

  1. Lembaga Survey yang Kredibel memiliki sertifikat sebagai bukti bahwa lembaga itu professional. Biasanya yang mengeluarkan sertifikat itu adalah asosiasi lembaga survey. Contohnya Persepi (Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia)
  2. Lembaga Survey selalu konsisten mengadakan survey, tidak hanya tampil disaat momentum atau Pilkada serentak seperti sekarang.
  3. Setiap hasil survey harus dibuka ke public mulai dari perencanan survey, pendanaannya seperti apa, siapa informannya, wilayah pengambilan data, teknik analisa data hingga penarikan kesimpulan.
  4. Lembaga survey yang kredibel mempunyai reputasi atau berpengalaman dalam melakukan penelitian dengan tingkat akurasinya mendekati sempurna.

Diluar indikator tersebut menurut Liando lembaga tersebut perlu diragukan sehinga bisa dikatakan lembaga survey abal – abal. Seperti diketahui, ada sejumlah lembaga survey telah mengumumkan hasil penelitiannya seperti di Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Selatan. Pertanyaannya adalah Apakah lembaga survey tersebut kredibel ? masyarakat yang menilainya

banner-natal-pemprov1024

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

KANTOR GO’JEK DITUTUP SEMENTARA.!!! INI KATA NITIZEN

Manado. – Kisruh Supir Angkot (mikro) terhadap kehadiran Taksi Online, yang berujung pada aksi demo …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: