Home » News » Headline » Pelaksanaan World Sight Day Yang Diperingati BKMM Sulut Berjalan Sukses
Rental Mobil Murah di Manado

Pelaksanaan World Sight Day Yang Diperingati BKMM Sulut Berjalan Sukses

20161012_104309-1024x1024
SULUT – Penglihatan merupakan Anugerah Tuhan yang patut disyukuri. Tanpa mata, kehidupan manusia seakan hilang, dikarenakan kita tidak bisa lagi melakukan berbagai aktifitas seperti orang normal pada umumnya. Balai Kesehatan Mata Masyarakat sulut, setiap tanggal 13 Oktober menggelar agenda Peringatan Hari Penglihatan sedunia dengan cara melakukan berbagai kegiatan sosial.
20161012_110155-1024x1024
Seperti yang dikatakan Kepala Balai Kesehatan Mata Masyarakat Sulut, dr Dyana Watani bahwa kegiatan sosial tersebut berupa pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis pada pelajar.

“Kegiatan pemeriksaan mata gratis bagi pelajar di sulut dan pemberian kacamata gratis pada pelajar, serta pemeriksaan gratis bagi penderita Katarak serta mengadakan Operasi Katarak dibeberapa tempat. Hal utama yang menjadi prioritas kami yaitu memberikan Pelayanan yang baik bagi setiap pasien,” ungkap dokter dyana.
20161012_140746-1024x1024
Pelaksanaan World Sight Day di sulut lewat Balai Kesehatan Mata Masyarakat sulut dengan Mengambil Tema  ‘Stronger  Together’  Bersama Kita Kuat dilaksanakan di rumah sakit daerah Amurang desa Tep, dimana yang hadir dalam pelaksanaan Ini mewakili bupati  minahasa selatan dr. Ternie Paruntu sebagai Kepala Dinas Kesehatan  minsel, Direktur  Rumah Sakit Daerah  di minsel dr. Edwin Shcouten, bapak pendeta dan para pasien Katarak serta lainnya.
img-20161012-wa0011-1024x1024
Dalam sambutannya, dr dyana watania mengatakan bahwa penyebab utama gangguan penglihatan adalah kelainan refraksi seperti  mata minus, plus, silinder dan di perkirahkan 19 juta anak mengalami hal ini, sedangkan penyebab utama kebutahan adalah penyakit Katarak,glaucoma dan macula terkait usia dan 65 persen kasus gangguan penglihatan adalah usia 50 tahun keatas.

“Menurut data kesehatan dunia WHO  2011 saat ini hampir 285 juta orang di seluruh dunia hidup dalam penglihatan menurun dan mengalami kebutaan, 39 juta orang buta, 246 juta mengalami gangguan penglihatan sedang dan berat, 90 persen hidup dan tinggal di negara berkembang termasuk di indonesia.
Dengan latar belakang ini, muncul program VISION 2020 yang merupakan  inisiatif bersama organisasi kesehatan dunia dan lembaga internasional untuk pencegahan  kebutaan dengan beranggotaan LSM internasional, Asosiasi Profesi, institusi, dan pihak swasta yang memiliki kepedulian untuk mengurangi jumlah kebutaan karena penyakit mata,” jelas dokter dyana watania saat acara peringatan world sight day tahun 2016.
20161012_104148-1024x1024
BKMM Sulut dalam agenda ini berhasil dan sukses melaksanakan operasi Penyakit Katarak pada pasien yang dari bagi menunggu pelaksanaan operasi tersebut dari berbagai desa yang ada di minahasa selatan yang di pusatkan di rumah sakit daerah di desa tep, sedangkan tenaga dokter ahli yang di persiapkan dalam operasi ini sebayak 8 dokter ahli, dokter umum, perawat dan staf administrasi di balai kesehatan mata sulut dan kepala KTU  bpk Decky Saud yang turut membantu dalam melaksanakan peringatan hari penglihatan sedunia ini.
20161012_113429-1024x1024
Harapan masyarakat, semoga Balai Kesehatan Mata Masyarakat sulut, dapat terus membantu warga sulut yang mengalami kerusakan penglihatan. Pergelaran ini merupakan bukti nyata bahwa pemerintah tidak menutup mata kepada rakyat. (Ardybilly)

banner-natal-pemprov1024

Tentang ardy

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Walikota Manado Ajak Masyarakat Bekerja Sama Bagi Indonesia

MANADO –  Ajak pemerintah dan masyarakat hayati pengorbanan para pahlawan,  Walikota GSVL pimpin toast Kenegaraan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: