Home » Lifestyle » Pekerjaan Yang Tidak Memerlukan Ijazah Sarjana
Rental Mobil Murah di Manado

Pekerjaan Yang Tidak Memerlukan Ijazah Sarjana

Sarjana
Ilustrasi wisuda di Sulawesi Utara, foto by eser

Pekerjaan Yang Tidak Memerlukan Ijazah Sarjana. Akhir-akhir ini kita sering mendengar tentang cerita carut marut pelaksanaan ujian nasional (UN). Buruknya pelaksanaan UN tahun ini membuat banyak pihak angkat suara bahkan beberapa tokoh (salah satunya Jokowi) mempertanyakan tentang efektifitas pelaksanaan ujian nasional.

Memang ujian nasional menjadi momok menakutkan bagi para siswa-siswi, karena perjuangan keras mereka selama menuntut ilmu hanya diukur dari 3-4 hari pelaksanaan UN. Tak heran berbagai upaya ditempuh agar supaya bisa lolos mengikuti ujian nasional untuk memperoleh selembar ijazah.

Setelah lolos ujian nasional, para siswa-siswi mulai berpikir untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu ke bangku kuliah. Kantor pemerintah maupun swasta yang mulai mematok latar belakang pendidikan minimal S1 bagi mereka yang ingin bekerja, mau tak mau membuat para lulusan seolah-olah dipaksa untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi.

Namun bagaimana dengan mereka yang tidak mempunyai keuangan yang cukup? Sudah bukan rahasia lagi betapa mahalnya harga pendidikan di negara kita ini! Bagi anda yang tidak bisa mengecap pendidikan di perguruan tinggi anda tidak perlu khawatir karena beberapa pekerjaan justru tidak memerlukan ijazah sarjana. Anda juga tidak perlu berkecil hati jika ijazah yang anda genggam hanya setara SMA. Bukankah beberapa tokoh dunia justru bisa sukses tanpa menyandang gelar kesarjanaan? Siapa yang tidak kenal pendiri microsoft Bill Gates, Michael Dell atau alm Steve Jobs?

Anda tentunya bisa mengikuti jejak mereka dengan mendirikan sebuah usaha kemudian belajar bagaimana mengembangkan usaha tersebut. Berbagai tutorial dari segala macam ilmu pengetahuan beredar dengan bebas didunia maya yang bisa anda konsumsi secara gratis. Akan tetapi apabila anda ingin bekerja pada perusahaan atau orang lain, berikut ini beberapa pekerjaan yang bisa anda raih tanpa perlu gelar sarjana seperti dikutip dari situs yahoo.com

10 Pekerjaan Yang Tidak Memerlukan Ijazah Sarjana

1. Jurnalis
Media massa biasanya mensyaratkan ijazah perguruan tinggi bagi semua pelamarnya. Namun jika Anda memulai sejak dini terjun sebagai wartawan di majalah sekolah, buletin kampus, atau surat kabar lokal di kota anda, biasanya perusahaan akan memperhitungkan pengalaman anda. Kemudian, jurnalis baru biasanya akan mendapat pelatihan di tempat kerjanya.

2. Sales/marketing
Banyak perusahaan mempekerjakan kandidat sales dengan melihat pengalaman kerja dan tidak mempertimbangkan gelar.

3. Pengembang web 
Prospek kerja dan potensi penghasilan bagi para pengembang web (termasuk pengembang aplikasi) diperkirakan akan tumbuh lebih cepat dibandingkan pekerjaan lain.

4. Sekretaris
Sekretaris ataupun petugas administrasi melakukan tugas seperti penyusunan pesan, penjadwalan rapat, dan memberikan dukungan untuk staf kantor lainnya.

5. Asisten paralegal
Paralegal dan asisten hukum melakukan berbagai pekerjaan untuk mendukung pengacara, termasuk memelihara dan mengatur file, melakukan penelitian hukum, dan penyusunan dokumen. Gelar sarjana atau sertifikat dalam studi paralegal biasanya diperlukan untuk calon entry level.

6. Desainer 
Untuk menjadi desainer, baik itu desainer mode ataupun atau desainer artistik di media, baik web maupun media cetak, yang dibutuhkan adalah keahlian dan portofolio karya. Cukup kursus agar mengerti lebih baik tentang teknis yang lebih rumit. Dan yang lebih diutamakan: bakat.

7. Teknisi
Dalam hal ini, mekanik atau teknisi bekerja mengontrol kualitas dari sistem permesinan yang tak rumit. Misalnya, sistem pendinginan di berbagai gedung, atau mekanik pada sistem perbengkelan kendaraan.

8. Tenaga survei
Tenaga survei bekerja untuk membuat pengukuran yang tepat, melakukan survei dan pemetaan, serta mengumpulkan data.

9. Asisten eksekutif 
Asisten Eksekutif memberikan dukungan administrasi termasuk melakukan penelitian, pembuatan laporan, penanganan permintaan informasi, dan juga dapat mengatur panggilan rapat serta acara perusahaan.

10. Agen asuransi
Agen asuransi menjual produk perlindungan kesehatan, properti, otomotif. Menjadi agen asuransi menjanjikan penghasilan yang baik dan memungkinkan pengembangan karir.

Itulah 10 pekerjaan yang tidak memerlukan ijazah sarjana. Kreatifitas dan ketekunan anda akan menjadi kunci sukses saat anda melangkah kedepan. Apakah anda mempunyai tambahan pekerjaan yang tidak memerlukan ijazah sarjana? Bagi anda yang sedang mencari lowongan kerja di Manado, bisa KLIK DISINI

banner-natal-pemprov1024

Tentang Seputar Sulut

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Cara Mengajarkan Anak Sikat Gigi

Cara Mudah Mengajarkan Anak Sikat Gigi

Tidak sulit mengajarkan anak sikat gigi. Asal orangtua rutin memberi contoh maka anak akan mengikuti. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: