Home » News » Feature » Orang Manado Masih Enggan Bekerja Di Luar Daerah
Rental Mobil Murah di Manado

Orang Manado Masih Enggan Bekerja Di Luar Daerah

Foto: Suasana wawancara langsung di Manado Career Expo - CP/seputarsulut.com
Foto: Suasana wawancara langsung di Manado Career Expo – CP/seputarsulut.com

Orang Manado masih enggan untuk bekerja di luar daerah. Hal tersebut yang kami dapati di acara Job Fair, Manado Career Expo yang dilangsungkan di M-ICon Convention Centre, 30 dan 13 Oktober kemarin. Acara yang mempertemukan antara perusahaan pencari tenaga kerja dan para pencari kerja tersebut diselenggarakan oleh salah satu media online nasional untuk menjembatani akan kebutuhan tersebut.

Ratusan pencari kerja dari berbagai latar belakang pendidikan datang untuk mempresentasikan diri mereka kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga dan keterampilan mereka untuk bisa bergabung dengan perusahaan mereka. Di antara mereka ada Natasia Rumagit (22) seorang fresh graduate yang lulus pada tahun 2012 dari Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi Manado, yang telah memasukan surat lamaran ke lima perusahaan.

Natasia mengaku kalau acara seperti ini sangat membantu dirinya untuk mendapat pekerjaan,  dia berkata “bagus, soalnya dapat membantu orang-orang yang belum bekerja untuk mendapat pekerjaan.” Di sisi lain, pihak pencari kerja menemui kendala pada kebanyakan pelamar yang datang ke Job Fair tersebut.

Widodo, seorang HRD Manager  dari PT. Amerta Indah Otsuka bertutur “sebenarnya banyak potensi yang bisa kita ambil, cuman kendalanya rata-rata tidak bersedia untuk keluar dari Manado.” Menurut beliau “kepada pencari kerja, kalau ingin sukses harus siap keluar dari Manado.”

Pada kesempatan lain, Mukti selaku penanggungjawab Job Fair Manado Career Expo juga sependapat, menurutnya lebih mudah untuk mengirim orang dari Jakarta ke daerah, daripada orang daerah ditawarkan untuk ke Jakarta, dan ini berlaku juga di daerah lain, tidak hanya di Manado.

Acara Manado Career Expo merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh pihak swasta untuk membantu program pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran, khususnya di Kota Manado. Memang menurut Mukti, kegiatan tahun ini belum optimal, karena selama dua hari pelaksanaan, para pencari kerja yang datang belum mencapai angka ribuan, jika dibandingkan dengan kota lain di pulau Jawa.

Tapi ini juga merupakan bagian dari proses edukasi bagi masyarakat di Manado dan Sulawesi Utara pada umumnya. Mukti mengatakan “yang penting dalam hal ini, kita memberikan edukasi kepada teman-teman para pencari kerja di kota Manado, pengenalan ada alternatif dalam proses mencari pekerjaan yaitu dengan cara Job Fair atau Bursa Kerja.” Harapannya untuk tahun-tahun mendatang, akan lebih banyak lagi masyarakat yang mengerti dan akan lebih siap memasuki dunia kerja, terlebih akan berani menerima jika ditawarkan untuk ditempatkan di luar daerah.

Tips dari Mukti  kepada pencari kerja di Manado, jika ingin berhasil dalam acara Job Fair, maka harus lebih memperhatikan cara berkomunikasi dengan baik, dan jangan malu-malu. Banyaklah bertanya untuk mengenali perusahaan yang menjadi target Anda, pepatah lama mengatakan, tak kenal maka tak sayang, supaya Anda akan benar-benar yakin, dan ketika Anda diterima menjadi bagian dari perusahaan itu, Anda akan merasa nyaman bekerja di dalamnya. Simak wawancara kami, klik di sini.

Bagi Anda yang belum berhasil tahun ini, jangan takut, tetap berusaha terus, pantang menyerah, dan gigih. Sedikit motivasi dari orang-orang sukses yang bisa kami bagikan, “lahir di dalam keluarga miskin itu bukan kesalahan kita, tapi mati dalam keadaan miskin itu kesalahan kita sendiri.”  (CP)

banner-natal-pemprov1024

Tentang Seputar Sulut

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Walikota Dukung Peningkatan Status 5 Puskesmas Manado

  MANADO –    Kembali Support Penilaian Tim Akreditasi Kemenkes RI di Manado, Walikota GSVL …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: