Home » Tempat Wisata » Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara
Rental Mobil Murah di Manado

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara

museum_provinsi_sulawesi_utara

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara merupakan media informasi tentang sejarah alam, manusia dan budaya Sulawesi Utara. Museum ini terpilih sebagai salah satu museum yang mendapatkan program ‘Revitalisasi Museum’ pada tahun 2011 dari pemerintah pusat. Museum Sulawesi Utara dibangun untuk mengdokumentasikan segala hal yang berkaitan dengan sejarah alam, manusia dan kebudayaan di wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

Maka tak heran, cakupan peragaan museum ini cukup lengkap yakni 10 jenis koleksi di antaranya geologika, biologika, arkeologika, historika, etnografika, filologika, seni rupa, dan teknologika. Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara yang berstatus negeri ini diresmikan pada 9 Januari 1991 dan hingga kini telah mengumpulkan sekitar 2.810 koleksi.

Dari total koleksi di atas, sekitar 500-an koleksi dipamerkan di gedung pameran tetap dan dapat dinikmati setiap hari kerja. Koleksi tersebut diperoleh dari daerah-daerah kabupaten atau kotamadya yang ada di Sulawesi Utara, seperti Manado, Minahasa Selatan, Sangihe, Talaud, Sitaro, Bolaang Mongondow dan lain sebagainya.

Lokasi museum yang berada di pusat kota Manado mempermudah akses bagi Anda untuk mengunjunginya. Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara terletak di Jl. WR Supratman nomor 72, karena letaknya yang strategis, Anda bisa mengaksesnya dengan naik angkutan umum (oto mikrolet) atau taksi, Anda bisa turun di depan SMP Negeri 1 Manado yang berada persis di depannya.

Jika Anda akan menggunakan angkutan umum, Anda bisa ke pusat kota Manado (depan Plasa Telkom) Anda mencari angkutan umum dengan jalur/trayek ‘Teling’ dan nanti katakan ke sopirnya untuk ke SMPN 1, atau di mesjid raya A. Yani. Biasanya sopir akan menurunkan Anda di depan mesjid raya A. Yani, karena di situ tempatnya agak lebar untuk memutar balik mobil angkutan umum, makanya sopir biasanya hanya berhenti di situ, dan nanti Anda akan sedikit jalan kaki  sekitar kurang dari 100 meter ke Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara.

Museum buka dari Senin-Kamis dengan jam buka mulai pukul 08:30 – 16:00 WITA, Jumat pukul 07:30 – 11 WITA, Sabtu pukul 09:00 – 14:00 WITA, untuk hari Minggu dan hari libur nasional, museum tutup.  

 

banner-natal-pemprov1024

Tentang Garadus Franklin

Menjadi Narablog atau Blogger sejak 2004 memberikan ruang untuk saya berkarya melalui tulisan di media internet. Saya Tidak jago menulis, tapi saya terus belajar untuk menjadi seorang penulis yang lebih baik lagi.

Lihat juga

Pulutan, Sentra Pengrajin Gerabah di Minahasa

Pulutan, Sentra Pengrajin Gerabah di Minahasa. Selain memiliki beragam destinasi wisata yang menarik, Kabupaten Minahasa juga …

2 Tanggapan

  1. kapan ya bisa pelesir ke Sumut, hmmm …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: