Home » News » Headline » Media Online di Sulut Tumbuh Subur, Website Pemerintah Justru Berguguran
Rental Mobil Murah di Manado

Media Online di Sulut Tumbuh Subur, Website Pemerintah Justru Berguguran

Di zaman teknologi informasi seperti sekarang ini penyebaran informasi begitu cepat. Semakin mudahnya pembuatan sebuah website apalagi dibantu oleh berbagai content management system (CMS) yang tersedia seperti joomla, wordpress, drupal, dan berbagai CMS lainnya mengakibatkan tumbuhnya media online dengan begitu cepat. Di Sulawesi Utara sendiri puluhan situs berita/media online berlomba-lomba menyajikan informasi terkini tentang Sulawesi Utara meskipun lambat laut mulai kelihatan mana yang eksis dan mana yang sekedar iko rame orang Manado bilang (ikut-ikutan)…

Hal ini tentu saja merupakan sebuah hal yang baik karena sekarang masyarakat bisa mendapatkan informasi dengan lebih mudah dan yang terpenting lebih up to date. Bandingkan dengan keadaan beberapa tahun yang lalu (sekitar tahun 2000an). Saya masih ingat waktu itu ketika masih kuliah, saya hanya bisa menikmati berita lokal Sulawesi Utara melalui harian komentar dan manadopost.

Namun sekarang ini dengan perkembangan terkenologi yang begitu cepat secepatnya menipisnya lapisan ozon, ketika hendak mencari berita terbaru tentang Sulawesi Utara masyarakat langsung mencari gadget (HP atau tablet) yang harganya semakin murah sembari membuka website berita lokal yang menyajikan berita seputar Sulawesi Utara. Ditambah lagi semakin mudah dan murahnya akses internet, membuat masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi terkini.

Apalagi ditunjang dengan keberadaan situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter, maka informasi kini semakin mudah didapatkan dan disebarluaskan. Masyarakat tidak hanya mudah mendapatkan informasi, namun kini masyarakat bisa dengan leluasa menyebarkan informasi (citizen jurnalism). Bahkan umumnya website ternama di Indonesia membuka diri bagi para pembacanya yang ingin terlibat untuk menyebarkan informasi/membuat berita.

Hal ini juga berlaku di www.seputarsulut.com Anda yang ingin terlibat/ingin mempublikasikan usaha anda ataupun menjadi jurnalisme warga (jadi penulis di seputarsulut.com) bisa terlibat secara langsung. Silahkan menghubungi kami lewat contact form atau email ke info@seputarsulut.com

Bagaimana dengan pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota yang ada di Sulawesi Utara, apakah mereka juga berperan aktif mempermudah penyebaran informasi kepada masyarakat? Jawabannya TIDAK. Pertumbuhan media online di Sulut yang begitu cepat bak jamur dimuzim penghujan, website pemerintah justru berguguran satu demi satu. Hanya beberapa pemerintah kabupaten kota saja yang eksis menyebarkan informasi tentang program kerja pemerintah lewat website resmi pemkot/pemkab.

Silahkan anda berkunjung ke website resmi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang beralamat di http://sulutprov.go.id Perhatikan pada sidebar sebelah kiri (kolom sebelah kiri) website tersebut dan anda telusuri satu persatu website pemerintah kabupaten kota yang ada di Sulawesi Utara. Beberapa hal yang akan anda temui ketika menelusuri website pemkab/pemkot adalah:

  1. Pada umumnya website milik pemkot/pemkab tersebut tidak menyajikan informasi yang up to date kepada masyarakat. Bahkan ada beberapa website yang tidak pernah di update beritanya sejak beberapa bulan
  2. Under construction/sedang dalam perbaikan (tidak disebutkan kapan bisa diakses)
  3. Nama domain melanggar aturan tidak mengacu pada peraturan pemerintah bahkan ada pemkab yang memiliki 2 situs resmi (bolmongkab.go.id dan bolmong.go.id). Selain bisa membingungkan masyarakat hal ini juga bisa menjadi sinyalemen buruk ditengah masyarakat.

Website Pemkot Manado

Ditengah berguguranya situs pemerintah baik di provinsi hingga kabupaten kota, apresiasi juga patut kita sampaikan kepada pemerintah Kota Manado dan Kota Bitung yang terus berbenah sehingga berusaha menyampaikan informasi/agenda pemerintah yang lebih cepat kepada masyarakat. Bahkan kini Pemkot Manado dan Pemkot Bitung berupaya agar setiap SKPD didaerahnya memiliki website sendiri yang menampilkan informasi yang lebih up to date.

Semoga ini bukan hanya keunggulan sesaat Pemkot Manado dan Pemkot Bitung. Kabupaten Kota lain juga sebaiknya mencontohi apa yang dilakukan Pemkot Manado dan Pemkot Bitung sehingga masyarakat di Sulut bisa mendapatkan informasi lebih cepat dari sumber yang lebih dipercaya yaitu pemerintah, selain itu mereka juga memberikan contoh bagaimana seharusnya penamaan website yang baik menurut peraturan pemerintah mulai dari website pemkot hingga website SKPD.

Website Pemkot BitungApapun engine yang digunakan untuk membuat website pemerintah, selayaknya pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Utara memperhatikan kecepatan penyebaran informasi kepada masyarakat. Adalah hal yang tidak lazim jika ingin mencari informasi mengenai kegiatan pemerintah entah pemprov maupun pemkab/pemkot masyarakat harus mencari terlebih dahulu lewat media online bukan melalui website resmi pemerintah.

Diera keterbukaan informasi sekarang ini, apalagi ditengah gencar-gencarnya pemerintah pusat menggalakkan program internet masuk desa untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi, selayaknya mendapat dukungan mulai dari pemerintah provinsi hingga pemerintah kabupaten/kota. Sangat diharapkan juga agar supaya penamaan nama domain bisa mengacu sesuai dengan keputusan pemerintah yang telah diedarkan agar supaya pemerintah bisa menjadi contoh penggunaan teknologi informasi yang tepat.

Tak ada salahnya juga jika pemerintah entah itu pemprov, pemkab/pemkot maupun setiap SKPD mempunyai akun jejaring sosial seperti facebook dan twitter sehingga bisa lebih mempermudah penyebaran informasi kepada masyarakat seperti yang ditunjukkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika. Bukankah pemerintah mulai dari pemprov Sulut hingga pemkab/pemkot memiliki humasnya masing-masing? Mari bersama kita majukan dunia teknologi informasi di Sulawesi Utara.

banner-natal-pemprov1024

Tentang Seputar Sulut

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

KANTOR GO’JEK DITUTUP SEMENTARA.!!! INI KATA NITIZEN

Manado. – Kisruh Supir Angkot (mikro) terhadap kehadiran Taksi Online, yang berujung pada aksi demo …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: