Home » News » Straigh News » Masalah Pembayaran Upah, Pekerja Riau Dan CV. Elite Solution Percayakan Disnakertrans Sulut Selesaikan

Masalah Pembayaran Upah, Pekerja Riau Dan CV. Elite Solution Percayakan Disnakertrans Sulut Selesaikan

SULUT – Terkait dengan adanya laporan dugaan penelantaran 5 pekerja asal Riau oleh CV. Elite Solution, maka dari itu Disnakertrans Provinsi Sulut langsung action melakukan pertemuan dengan para pekerja riau dan pihak perusahaan guna mencari tahu sekaligus mencari titik temu permasalahan tersebut, Kamis (9/1/2020) di Kantor CV. Elite Solution, Kolongan Minut.

Diketahui, 5 pekerja asal Riau itu melaporkan masalah ini di Disnakertrans Sulut dimana menurut mereka, CV. Elite Solution telah mengambil hak pekerja secara sepihak.

Para pekerja juga membeberkan sejumlah persoalan terkait target pekerjaan sebesar 15 ribu item, namun yang dibayar oleh perusahaan hanya 1300 item.

“Memang tidak ada kontrak kerja dengan perusahaan, tapi perlakuan pihak management CV. Elite Solution telah menghilangkan hak kami sebagai pekerja secara sepihak dan melanggar keadilan,” papar koordinator pekerja Benny Setiawan.

Pekerja konstruksi baja ringan di Resort Siladen melalui pihak ke-3 CV. Elite Solution memberikan Upah tidak sesuai dengan standar umum atau tidak sesuai dengan yang dijanjikan oleh perusahaan.

“Pihak perusahaan menjanjikan kepada kami bahwa akan bekerja selama 6 bulan ( volume 15 ribu meter) tetapi pekerjaan hanya selesai selama 15 hari ( jumlah volume 1344 meter) dan setelah pekerjaan ditelantarkan” ucap setiawan.

Menanggapi hal tersebut, Mediator dari Disnakertrans pun melakukan meninjauan bukti-bukti guna mencari letak permasalahan diantara kedua belah pihak.

“Pada intinya, pertama Kami akan menghitung kembali upah yang akan diterima oleh para pekerja selama 15 hari, dan itu harus dibayar oleh pihak perusahaan. Tapi jika ada pembicaraan secara kekeluargaan dari kedua belah pihak maka kami sudah tidak akan lagi ikut campur dan hanya mengeluarkan berita acara saja. Dan yang kedua terkait permasalahan tidak adanya kontrak kerja tertulis dan lainnya, Disnakertrans pasti akan melakukan evaluasi lagi,” jelasnya.

Mendengar itu, Para pekerja asal Riau melempar masalah upah ke Disnakertrans Sulut.

“Kami (Pekerja) meminta masalah ini di selesaikan melalui disnaker saja,” singkat setiawan.

General Manager (GM) CV. Elit Solution Arie Haryanto pun mengatakan bahwa hanya mengikuti apa yang menjadi jalan terbaik guna menyelesaikan masalah ini dengan damai.

” Kami (Pihak perusahaan) menghormati dan mempercayakan kepada Disnakertrans Sulut terkait masalah ini. Nantinya, apa yang menjadi keputusan dari Dinas pasti Kami akan ikuti untuk direalisasikan,” ucapnya.

(Ardybilly)

Promo Daihatsu Manado 2018

Tentang ardy

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Bawaslu Manado Dikunjungi Tim Bawaslu RI

  MANADO – Mochammad Afifufdin Pimpinan Bawaslu RI bersama tim mengadakan supervisi di sekretariat Bawaslu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: